Sabtu, Juni 15, 2024
Lainnya
    BeritaSejarah Mitsubishi Pajero, Mobil yang Kerap Dicap Arogan

    Sejarah Mitsubishi Pajero, Mobil yang Kerap Dicap Arogan

    Siapa yang nggak kenal dengan SUV legendaris Mitsubishi Pajero, ternyata begini sejarah dan perjalanannya hingga sekarang.

    News.OLX – Sejarah Mitsubishi Pajero selalu menarik untuk dikulik. Karena SUV legendaris Jepang ini adalah model paling ikonik dari Mitsubishi Motors Corporation, dan telah menjadi salah satu yang favorit di pasar global.

    Sesuai namanya, Pajero berasal dari bahasa Spanyol yang berarti “pejalan kaki” atau “pengembara,”. Dalam pengembangannya Mitsubishi Pajero juga memiliki turunan, yakni Pajero Sport dimana keduanya menempati segmentasi yang berbeda.

    Jika Mitsubishi Pajero adalah sebuah Big SUV yang setara dengan Toyota Land Cruiser dan Nissan Patrol, maka Pajero Sport adalah SUV yang lebih kecil setara dengan Toyota Fortuner dan Mitsubishi MU-X.

    Baca juga: Review Mobil Mitsubishi Pajero Sport, SUV Bongsor yang Tampil Makin Tangguh

    Mengutip laman resmi Mitsubishi Indonesia 12 September 2023, Mitsubishi Pajero sendiri telah melalui empat generasi.

    Mitsubishi Pajero generasi pertama hingga ke-4 (1982-2006)

    Sejarah Mitsubishi Pajero

    Generasi pertama muncul pada tahun 1982 dengan penggerak 4WD, transmisi otomatis, dan mesin bensin V6. Setelah itu di tahun 1988 muncul versi diesel turbo intercooler 

    Pada tahun 1991, Mitsubishi memperkenalkan generasi kedua Pajero. Mobil ini dilengkapi dengan mesin 3.0L V6 dan 2.5L intercooled diesel turbo, serta fitur Super Select 4WD yang memungkinkan pemilihan mode 2WD dan 4WD di bawah 100 km/jam.

    Generasi ketiga, yang tiba pada tahun 1999, konstruksi rangka dan bodi menjadi monokok. Mesin varian 3.5L V6 GDI dan 3.2L Di-D diesel direct-injection diperkenalkan. Sistem Super Select 4WD berevolusi menjadi SS4-II dengan drive mode selector elektrik.

    Baca juga: Larisnya Mitsubishi Pajero Sport di Indonesia, Ini Keunggulannya

    Generasi keempat, yang muncul pada tahun 2006, mengadopsi teknologi reli Dakar. Pajero generasi keempat mempertahankan suspensi independen dan Super Select 4WD-II (SS4-II) driveline.

    Teknologi baru seperti Active Stability & Traction Control (ASTC) dan differential lock belakang diperkenalkan untuk meningkatkan daya tahan dan keandalan.

    Mitsubishi Pajero Sport generasi pertama hingga ke-3 (2009-2021)

    Sejarah Mitsubishi Pajero

    Sedangkan sejarah Pajero Sport, khususnya di Indonesia dimulai pada tahun 2009. Awalnya model ini dilengkapi dengan mesin berkonfigurasi empat silinder segaris (4D56) 2.5L DOHC Common Rail Turbocharged and Intercooled. 

    Tenaga yang dihasilkan mencapai 136 PS dengan torsi 324 Nm. Dua tahun kemudian, pada 2011, Mitsubishi menambahkan Variable Geometry Turbo (VGT) pada mesin 2.5-liter DI-D Common Rail agar lebih bertenaga tapi tetap hemat bahan bakar. 

    Dengan VGT, tenaga Pajero Sport terdongkrak menjadi 178 PS dengan torsi 350 Nm. Pada tahun 2013, Pajero Sport mendapatkan pembaharuan dari sisi eksterior dan interior agar terlihat sporty dan gahar. 

    Selain itu, pada tahun 2014, MMKSI mengeluarkan varian Pajero Sport V6 dengan mesin MIVEC 3.0 L berbahan bakar bensin. 

    Baca juga: Sejarah Mobil Pertama di Dunia dan Penemunya

    Sejarah Mitsubishi Pajero berlanjut di tahun 2016, Mitsubishi meluncurkan model baru untuk SUV andalannya tersebut dengan tampilan yang lebih fresh dan modern. Masih dalam rentang waktu yang sama, Mitsubishi melengkapi Pajero Sport dengan mesin baru 4N15 2.4L MIVEC.

    Dengan transmisi otomatis delapan percepatan, mesin ini bisa menyemburkan tenaga hingga 181 Pferdestarke (PS) dan torsi maksimal 430 Nm. Ini adalah era baru bagi Pajero Sport.

    Pada tahun 2017, sejarah Pajero Sport di Indonesia semakin berkembang dengan dirakitnya Pajero Sport di Indonesia.

    Baca juga: Mengenal Sejarah Honda City, dari Model Sedan hingga Hatchback

    Sejarah Pajero Sport generasi ketiga di Indonesia berlanjut di tahun 2021 dengan kemunculan versi facelift. Meskipun mesinnya tetap sama, Pajero Sport mendapatkan pembaruan signifikan dalam hal tampilan dan fitur.

    Lampu depan yang lebih modern, teknologi canggih seperti Mitsubishi Remote Control, dan berbagai fitur keselamatan yang canggih adalah beberapa hal yang ditawarkan dalam versi terbaru ini. 

    Dari semua generasi dan model Mitsubishi Pajero, mana nih yang paling kamu incar? Apapun pilihan kamu, pastikan belinya di platform terpercaya seperti OLX, ya!

    Kamu bisa mendapatkan informasi menarik lainnya seputar otomotif di OLX. Selain itu, kamu juga cari mobil bekas impianmu dengan mengakses OLX melalui aplikasi dengan mengunduhnya di Play Store atau App Store.

    GIIAS 2023
    Populer
    Fadli Arfi
    Fadli Arfi
    Penikmat dan penggiat otomotif baik roda dua, empat, enam, delapan bahkan yang bersayap
    Berita Terkait