Jumat, Mei 31, 2024
Lainnya
    Tips & TrikBan Motor Benjol Apa Penyebabnya?

    Ban Motor Benjol Apa Penyebabnya?

    Ban motor benjol bisa menyebabkan bahaya. Apa saja penyebab ban motor benjol?

    News.OLX – Ban motor merupakan salah satu komponen terpenting yang berperan untuk menopang bobot kendaraan dan menjamin traksi di jalan. Sama seperti komponen lainnya, komponen ini juga rentan alami kerusakan yang dapat mempengaruhi kinerja kendaraan dan membahayakan pengemudi. 

    Salah satu jenis kerusakan yang umum terjadi adalah munculnya benjolan pada ban. Lantas, apa penyebab ban motor benjol dan bagaimana cara mencegahnya?

    Penyebab Ban Motor Benjol

    Munculnya benjolan pada ban motor disebabkan oleh adanya kerusakan pada rangka kabel yang merupakan pondasi dari komponen tersebut.  Jika kabelnya rusak, maka tekanan internal dapat menimbulkan benjolan pada bagian permukaannya. 

    Penyebab kerusakan secara umum, adalah sebagai berikut : 

    • Ban motor mengalami benturan keras yang intensitasnya dapat merusak lapisan dalam. Hal ini mengakibatkan bagian menjadi bengkak.
    • Pengereman atau akselerasi mendadak memberikan tekanan ekstra pada bagian tertentu.
    • Roda yang kelebihan beban mengalami tekanan ekstra yang menyebabkan bagian dalamnya lemah.
    • Tingkat tekanan yang tidak memadai membuat komponen rentan menggembung.

    Jika terjadi benturan yang kencang, dinding samping yang kokoh menjadi lemah karena bagian strukturalnya mengalami kerusakan. 

    Kondisi ini akan memisahkan karet dari lapisannya, yang memungkinkan udara keluar. Dan kemudian udara inilah yang akan  membentuk tonjolan.

    Menjalankan kendaraan dengan ban motor yang menggembung sangat berbahaya. Jika kamu melihat ada benjolan tersebut, maka jangan terus menggunakannya. Kenapa begitu? 

    Tonjolan tersebut melemahkan struktur ban, sehingga tidak mampu lagi melindunginya dari ledakan akibat tekanan udara yang menumpuk.

    Semakin cepat kecepatan kamu mengendarai dalam kondisi tersebut, semakin cepat laju akumulasi tekanan. Saat kamu mengalami benturan kecil sekalipun, atau mengerem secara tiba-tiba, ban bisa saja meledak.

    ban motor (2)

    Cara Mencegah Ban Motor Benjol

    Memperbaiki komponen yang menggembung hampir tidak mungkin dilakukan karena struktur dalamnya yang mengalami kerusakan akibat terjadinya benjolan. 

    Bahkan, mekanik sekalipun tidak akan dapat mengatasi masalah tersebut. Maka, satu-satunya pilihan yang kamu miliki adalah mengganti komponen yang rusak

    Setelah kamu tahu penyebab ban motor benjol, kamu harus memahami pula cara mencegahnya. Periksa tekanan ban secara teratur dan pastikan berada dalam kisaran yang disarankan. Gunakan pengukur tekanan untuk menghindari tekanan berlebihan atau rendah. 

    Kemudian, biasakan untuk memeriksa kondisinya apakah ada tanda-tanda keausan. Carilah kerusakan yang mungkin memerlukan penanganan segera. 

    Jika memungkinkan, usahakan untuk menghindari berkendara di medan atau permukaan yang kasar. Sebab hal ini dapat memberikan tekanan berlebihan. Pilihlah jalan atau jalur yang lebih mulus jika memungkinkan.

    Itulah beberapa hal yang perlu kamu ketahui tentang permasalahan ban motor. Jika kamu sudah harus menggantinya, pastikan untuk mendapatkannya pada tempat yang tepat. 

    Salah satunya dengan mengunjungi situs OLX. Kamu akan menemukan beragam produk dengan harga terbaik. Yuk download aplikasi OLX lewat Play Store dan App Store, sekarang juga!

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait