Jumat, Mei 24, 2024
Lainnya
    Tips & TrikTips Membangun Carport yang Baik Sesuai Standar

    Tips Membangun Carport yang Baik Sesuai Standar

    Garasi dan carport ternyata nggak sama!

    News.OLX – Jika kamu memiliki mobil atau motor di rumah, sebaiknya untuk menyediakan carport di rumah guna melindungi kendaraan dari segala cuaca. Dengan mempertimbangkan material dan desain yang digunakan untuk carport, bisa menambah nilai estetika rumah kamu lho!

    Dalam membangun carport, memang agak sedikit tricky. Karena kamu harus menyesuaikan dengan lahan sisa di rumah, menyesuaikan ukuran agar bisa memuat semua kendaraan dan biaya untuk pembuatannya nanti.

    Selain menjaga kendaraan kita, membangun carport juga membantu kamu untuk menghindari kejadian tidak mengenakkan dan bertanggung jawab untuk kendaraan sendiri agar tidak menggunakan jalan umum sebagai lahan parkir.

    carport (1)

    Perbedaan garasi dan carport

    Tetapi, tahukah kamu bahwa carport dan garasi memiliki fungsi yang berbeda loh. Fungsi keduanya sebenarnya sama saja yaitu untuk menyimpan kendaraan kesayangan.

    Baca juga: Selain Nggak Dingin, Ini Ciri Kompresor AC Mobil Rusak

    Namun, garasi didefinisikan sebagai tempat menyimpan kendaraan yang menutupi bagian samping, pintu dan atap. Garasi juga bisa digunakan untuk menyimpan perkakas atau peralatan rumah tangga lainnya.

    Sedangkan carport hanya memiliki 2 sisi yang terbuka. Sehingga carport memang hanya fokus untuk tempat memarkirkan kendaraan saja dan tidak bisa digunakan untuk menyimpan keperluan rumah.

    Panduan membangun carport yang ideal

    Untuk membuat carport, berikut beberapa hal yang harus diperhatikan.

    1. Ukuran dan jenis mobil

    Hal yang pertama yang harus dilakukan adalah melihat berapa ukuran mobil dan jenis mobil kamu yang akan diletakkan di carport. Di saat itu kamu akan bisa menghitung luasan yang dibutuhkan untuk membuat carport.

    2. Penggunaan material

    Kemudian aspek yang harus dipertimbangkan adalah penggunaan material carport baik dari rangka yang terbuat dari baja ringan, besi hollow atau kayu. Sedangkan untuk lantainya bisa menggunakan batu alam, semen maupun beton.

    Dan untuk atap menggunakan Polycarbonate, Zincalume, Alderon, dan Onduline. Semua bahan tersebut bagus tergantung selera dan dana yang kamu siapkan untuk membuat carport.

    Baca juga: Komparasi Honda CR-V dan Wuling Almaz, Siapa Pemenangnya?

    Selanjutnya, untuk material lantai carport kamu bisa menyesuaikan dengan desain dan anggaran yang tersedia untuk pembangunannya. Bisa menggunakan keramik, semen plesteran, batu andesit atau grass block.

    Setelah mempertimbangkan ukuran dan material carport yang sesuai, kamu harus memikirkan juga apakah carport ini mampu bertahan dari segala macam kendala dan cuaca yang cukup lama atau tidak.

    Maka yang dilakukan adalah membangun carport dengan menyesuaikan konsep rumah apabila rumah menggunakan konsep minimalis, rancangan dan material carport bisa menyesuaikan dengan konsep rumah kamu.

    Lalu, pembuatan carport mempertimbangkan proporsional antara carport dan fasad rumah. Gunakan material atap yang transparan agar pekarangan rumah lebih terkesan terbuka. sehingga tampilan rumah dan carport sesuai.

    3. Ukuran

    Prioritaskan fungsi carport yang umumnya bisa menyimpan satu mobil dan satu motor dengan luas ideal 3×5 meter. Jika kamu mempunyai lebih dari itu, bisa disesuaikan dengan sejumlah kendaraan beserta luasan lahan yang tersedia.

    Baca juga: Review Wuling Cortez: Lebih Mewah Dari Innova?

    Memang membangun carport terdapat kekurangan dan kelebihannya. Dari segi kelebihan, memang lebih fleksibel dan simpel, bisa mengatur desain sendiri dan untuk membuatnya juga lebih terjangkau dibandingkan garasi.

    Kekurangannya adalah kurang aman karena tidak bebas dari cuaca ekstrem dan jika rumah kamu tidak memiliki pagar, kamu perlu menambahkan CCTV akhirnya untuk memantau kendaraan yang terparkir.

    Sebaiknya untuk kamu pertimbangkan dengan matang ya saat ingin membangun carport. Yang pasti, jangan sampai saat kamu mengganggu lingkungan atau jalan umum ya ketika memarkirkan kendaraan di sekitar rumah.

    Kamu bisa mendapatkan informasi menarik lainnya seputar otomotif di OLX Member of ASTRA. Selain itu, kamu juga cari mobil dan motor bekas impianmu dengan mengakses OLX melalui aplikasi dengan mengunduhnya di Play Store dan App Store.

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait