Senin, Juni 24, 2024
Lainnya
    Tips & TrikBiar Tagihan Nggak Meledak, Ini 10 Cara Hemat Listrik

    Biar Tagihan Nggak Meledak, Ini 10 Cara Hemat Listrik

    Listrik yang boros dapat membuat tagihan bulanan jadi bengkak. Cari tahu cara menghemat listrik di sini!

    News.OLX – Penggunaan listrik yang kurang bijak pastilah berujung pada tagihan bulanan yang membengkak. 

    Kalau tidak kamu atasi, lama-kelamaan ini akan membuat kamu pusing karena pengeluaran yang boros. Karena itu, kamu bisa catat dan coba beberapa cara hemat listrik di bawah ini!

    1. Cabut aliran listrik alat elektronik saat tidak digunakan

    Kamu harus tahu bahwa semua alat elektronik akan tetap mengonsumsi daya saat kabelnya masih tercolok ke stop kontak. Termasuk microwave di rumah! 

    Meskipun memang tidak begitu besar. Namun, sebaiknya selalu cabut aliran listriknya saat tidak kamu gunakan agar lebih hemat, ya.

    2. Nyalakan lampu hanya saat malam hari

    Ada satu kebiasaan yang tanpa kamu sadari bisa membuat tagihan bulanan membengkak, yaitu selalu menyalakan lampu bahkan saat hari terang. 

    Sebaiknya, matikan seluruh lampu yang ada di rumah saat hari masih terang, ya. Ketika hari mulai gelap, barulah nyalakan seluruh lampu yang ada.

    3. Matikan AC saat tidak dipakai

    Sama seperti kulkas dan alat elektronik lainnya, daya yang AC konsumsi ini cukup besar. Sekali menyala, AC bisa mengonsumsi 2900-3500W setiap jamnya. 

    Dengan konsumsi daya yang besar, jelas ini akan membuat tagihan kamu juga besar. Namun, ini masih bisa kamu atasi dengan cara mematikan AC saat tidak kamu gunakan. 

    4. Jangan gunakan alat elektronik dengan watt besar bersamaan

    Di dalam rumah, biasanya ada banyak alat elektronik dengan watt yang besar. Misalnya seperti microwave, rice cooker, AC, hairdryer dan sebagainya.

    Kalau kamu ingin menggunakan beberapa alat sekaligus, sebaiknya gunakan secara bergantian supaya penggunaan daya tidak terlalu banyak.

    listrik (1)

    5. Gunakan mesin cuci dengan bijak

    Sama seperti AC, pemakaian daya dari mesin cuci ini cukup besar, bisa sampai 3000W. Untuk mengatasinya, kamu masih bisa hindari penggunaan dryer mesin cuci.

    Terutama yang menggunakan panas. Kalaupun tetap ingin menggunakan dryer, kamu bisa gunakan mode yang paling hemat daya.

    6. Gunakan lampu hemat energi

    Meski menyalakan lampu sepanjang hari dapat membuat penggunaan daya jadi boros, tetap saja ada ruangan yang masuk dalam pengecualian.

    Nah, kalau seperti ini, cara hemat listrik yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengganti lampunya menggunakan yang hemat energi seperti LED. Tujuannya, agar jumlah tagihannya tidak akan sebesar kalau kamu menggunakan lampu bohlam.

    7. Cari AC yang hemat daya

    Selain menggunakan AC secara bijak, kamu juga bisa menggantinya dengan yang lebih hemat energi. Kalau kamu cari di market online, kamu bisa menemukan banyak AC dengan watt yang rendah, kok.

    Ini bisa jadi salah solusi yang dapat kamu coba supaya tagihan bulanan tidak terus membengkak. 

    8. Gunakan alat elektronik yang hemat daya

    Bukan hanya AC, cobalah juga untuk mengganti beberapa alat elektronik kamu lainnya di rumah dengan daya yang lebih rendah. Misalnya hairdryer atau rice cooker

    Dengan begitu, konsumsi daya di rumah juga pasti akan lebih kecil. Ini akan sangat membantu kamu untuk menghemat pengeluaran bulanan, lho.

    9. Selalu ukur penggunaan daya tiap bulan

    Cara hemat listrik selanjutnya yang bisa kamu coba adalah dengan selalu mengukur seberapa besar penggunaan daya setiap bulan.

    Karena terkadang, kalau tidak mengukur dan membandingkan pengeluaran setiap bulannya, kamu cenderung tetap akan menggunakan daya dengan boros. 

    10. Beralih ke listrik token

    Apakah kamu menggunakan tagihan pasca bayar? Kalau iya, cobalah beralih ke listrik token.

    Dengan beralih ke token, kamu bisa membatasi pembelian pulsa setiap bulannya. Sehingga, pengeluaran jadi lebih hemat.

    Nah, itu dia 10 tips yang bisa kamu lakukan untuk menghemat penggunaan listrik dan menekan tagihan bulanan.

    Kalau kamu ingin mencari berbagai alat elektronik daya rendah, bisa temukan di OLX, ya. Segera download aplikasi OLX di Google Play Store dan App Store untuk pengalaman belanja yang lebih nyaman!

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait