Selasa, Mei 28, 2024
Lainnya
    Tips & TrikBiaya Coating Mobil dan Jenis-jenisnya

    Biaya Coating Mobil dan Jenis-jenisnya

    Coating mobil telah menjadi salah satu langkah penting dalam merawat dan melindungi kendaraan, khususnya mobil. Sebab, coating digadang-gadang dapat menjaga tampilan mobil tetap prima dan melindungi cat dari berbagai kerusakan.

    Namun coating mobil ternyata banyak jenisnya, lho. Lantas, seperti apa saja jenis dan harganya?

    Untuk mengetahuinya, kita akan membahas berbagai jenis coating mobil yang umum di Indonesia dan berapa biaya yang perlu kamu siapkan untuk mendapatkan perlindungan tersebut.

     

    1. Nano Coating

    Nano Coating adalah jenis coating mobil yang menggunakan bahan dasar silikon dioksida. Keunggulan utama Nano Coating adalah kemampuannya untuk mengisi pori-pori cat mobil yang berukuran nano dan memberikan perlindungan yang lebih baik.

    Perlindungan yang diberikan oleh Nano Coating sangat efektif dalam menjaga tampilan mobil tetap mengkilap dan melindungi dari goresan ringan. Proses pengerjaannya melibatkan pengolesan lapisan tipis Nano Coating pada permukaan mobil.

    Biaya untuk Nano Coating berkisar antara 2 juta hingga 5 juta rupiah, tergantung pada jenis mobil dan tempat yang digunakan untuk melakukan proses ini.

    2. Ceramic Coating

    Ceramic Coating juga menggunakan bahan dasar silikon dioksida dan dikenal lebih tahan lama dari Nano Coating. Keuntungan utama dari Ceramic Coating adalah perlindungan yang tahan lama, bahkan lebih lama dibandingkan teknik pengecatan mobil lainnya.

    Proses aplikasinya mirip dengan Nano Coating, yaitu dengan mengoleskan lapisan tipis Ceramic Coating pada permukaan mobil.

    Jika kamu menginginkan perlindungan ekstra yang dapat bertahan lama, Ceramic Coating adalah pilihan yang baik. Biaya untuk Ceramic Coating berkisar antara 3 juta hingga 7 juta rupiah, tergantung pada jenis mobil dan tempat yang kamu pilih.

     

    3. Waxing

    Waxing adalah jenis coating mobil yang menggunakan bahan dasar lilin. Namun, perlindungan yang diberikan oleh Waxing tidak sekuat Nano Coating atau Ceramic Coating. Waxing hanya mampu bertahan selama kurang lebih 3 sampai 6 bulan. Proses aplikasinya melibatkan pengolesan lapisan tipis wax pada permukaan mobil.

    Meskipun tidak sekuat jenis coating lainnya, Waxing masih memberikan perlindungan yang cukup baik untuk menjaga cat mobil dari kerusakan ringan. Biaya untuk Waxing lebih terjangkau, berkisar antara 500 ribu hingga 1 juta rupiah.

     

    4. Sealant

    Sealant adalah jenis coating mobil yang menggunakan bahan dasar sintetis. Seperti Waxing, Sealant juga hanya bertahan selama kurang lebih 3 sampai 6 bulan. Proses aplikasinya mirip dengan Waxing, yaitu dengan mengoleskan lapisan tipis sealant pada permukaan mobil.

    Sealant memberikan perlindungan yang cukup baik, tetapi tidak sekuat Nano Coating atau Ceramic Coating. Biaya untuk Sealant juga terjangkau, berkisar antara 500 ribu hingga 1 juta rupiah.

     

    5. Powder Coating

    Powder Coating adalah teknik pelapisan yang diaplikasikan dengan cara menyemprotkan serbuk kering pada permukaan yang akan dilapisi. Serbuk kering yang digunakan pada Powder Coating dapat berupa polimer termoplastik atau termoset.

    Powder Coating diaplikasikan secara elektrostatik dan kemudian dipanaskan atau dijemur dengan sinar ultraviolet untuk mengeringkan dan mengeraskan lapisan serbuk.

    Hasil akhir dari Powder Coating adalah lapisan yang keras dan tahan lama, yang lebih tahan terhadap goresan dan korosi dibandingkan dengan cat konvensional.

    Meskipun biayanya lebih tinggi, berkisar antara 3 juta hingga 7 juta rupiah, Powder Coating memberikan perlindungan yang sangat baik dan tahan lama untuk mobil kamu.

    Sebagai pemilik mobil, sangat penting untuk memilih jenis coating mobil yang sesuai dengan kebutuhan. Biaya coating mobil dapat bervariasi tergantung pada jenis mobil dan lokasi pengerjaan.

    Pastikan untuk memilih jenis coating yang memberikan perlindungan optimal sesuai dengan anggaran kamu. Dengan perlindungan yang tepat, kamu dapat mempertahankan tampilan mobil kesayangan kamu dalam kondisi prima.

    GIIAS 2023
    Populer
    Fadli Arfi
    Fadli Arfi
    Penikmat dan penggiat otomotif baik roda dua, empat, enam, delapan bahkan yang bersayap
    Berita Terkait