Minggu, Mei 26, 2024
Lainnya
    Tips & TrikDefinisi Bore Up Mobil dan Tips Jika Ingin Melakukannya

    Definisi Bore Up Mobil dan Tips Jika Ingin Melakukannya

    Bore up mobil membutuhkan keahlian khusus dan tidak boleh dilakukan secara sembarangan. 

    News.OLX – Bore up mobil umumnya dilakukan untuk keperluan balap, atau pada mesin-mesin tua yang sudah tidak bertenaga untuk dikembalikan performanya.

    Bore up merupakan istilah dalam dunia modifikasi kendaraan, khususnya sektor mesin, yang bertujuan untuk meningkatkan kapasitas silinder. 

    Jika kamu melakukan bore up mobil, harus melibatkan penggantian piston dengan ukuran lebih besar, supaya volume bahan bakar dan udara yang disemprotkan ke dalam ruang pembakaran jadi meningkat.

    Tapi perlu diingat bahwa modifikasi mesin seperti bore up membutuhkan keahlian khusus dan tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Setiap langkah dalam proses bore up memerlukan perhitungan yang presisi agar mesin tetap berfungsi dengan baik setelah dimodifikasi.

    Baca juga: Mudah, Begini Cara Bawa Mobil Matic Buat yang Baru Belajar Nyetir

    Perlu diingat bahwa mesin yang sudah di-bore up akan sulit untuk dikembalikan ke kondisi semula, bahkan mungkin memerlukan penggantian seluruh komponen mesin.

    Karena dalam proses bore up bagian silinder mesin akan dibubut supaya piston berukuran lebih besar dapat masuk dan meningkatkan kompresi mesin. Proses ini juga bisa melibatkan penyesuaian permukaan kepala piston untuk mencapai kompresi yang optimal. 

    Oleh karena itu, pemahaman akan risiko yang terkait dengan bore up mesin sangat penting sebelum memutuskan untuk melakukannya.

    Sebelum bore up mobil perhatikan hal-hal Ini! Sebelum melakukan bore up mesin, ada beberapa hal penting yang perlu dipertimbangkan untuk menghindari kesalahan yang dapat merugikan. Berikut adalah poin-poin yang perlu kamu perhatikan:

    bore up mobil (1)

    Biaya 

    Proses bore up mesin tidak murah, biaya tergantung pada sejauh mana perubahan dilakukan. Semakin besar kapasitas tenaga yang ingin dicapai, semakin besar biaya yang harus dikeluarkan dan risiko kerusakan yang mungkin terjadi. 

    Baca juga: Awas Salah Hitung! Segini Ukuran Untuk Garasi Mobil

    Sebelum memutuskan untuk bore up mesin, tanyakan estimasi biaya kepada bengkel yang profesional.

    Jenis bore up mesin 

    Terdapat dua jenis bore up mesin, yakni bore up untuk kebutuhan harian dan bore up untuk kebutuhan balapan. Bore up untuk kebutuhan harian cenderung memerlukan sedikit modifikasi, dengan kompresi mesin yang tidak naik secara signifikan. 

    Oleh karena itu, spesifikasi bahan bakar dan pelumas sesuai dengan pabrik masih dapat digunakan. 

    Sedangkan bore up untuk kebutuhan balap memerlukan modifikasi lebih lanjut, seperti penggantian noken, busi, ECU (pada mesin injeksi), dan komponen lainnya. 

    Baca juga: Tips Merawat Mobil Bekas Agar Prima dan Berasa Baru

    Komponen yang digunakan juga memiliki material yang lebih kuat karena mesin akan bekerja secara ekstrim, dan biaya yang dikeluarkan juga lebih tinggi.

    Hal-hal yang harus diperhatikan

    Bagaimana? Apakah kamu tertarik untuk melakukan bore up? Pastikan kamu memperhatikan hal-hal berikut ini, ya. 

    Memilih bengkel terpercaya

    Untuk melakukan bore up mobil kamu perlu memilih workshop yang terpercaya dan memiliki pengalaman dalam melakukan modifikasi tersebut pada mobil. Hal ini dapat meminimalisir risiko kerusakan mesin mobil.

    Memilih piston dan ring piston yang berkualitas

    Piston dan ring piston yang berkualitas merupakan kunci dalam bore-up. Pemilihan piston dan ring piston yang berkualitas dapat meningkatkan performa mesin mobil dan meminimalisir risiko kerusakan mesin mobil.

    Perhatikan tingkat kompresi mesin

    Jika kompresi mesin mobil terlalu tinggi, dapat menyebabkan mesin mobil menjadi lebih cepat panas dan merusak komponen mesin mobil. Oleh karena itu, perlu memperhatikan tingkat kompresi mesin mobil saat melakukan bore up mobil.

    Perhatikan penggunaan BBM yang tepat

    Melakukan bore-up pada mobil merupakan modifikasi yang lumayan berat. Dan biasanya merubah internal mesin akan merubah kompresi mesin yang juga membutuhkan mobil untuk mengkonsumsi jenis BBM tertentu yang punya oktan spesifik. 

    Penggunaan bahan bakar dengan oktan yang tidak sesuai dapat menyebabkan mesin mobil tidak dapat bekerja dengan maksimal dan menyebabkan ngelitik dan berpotensi merusak ruang bakar mobil.

    Atur ulang sistem pembakaran dan injeksi

    Hal ini diperlukan agar mesin mobil dapat bekerja dengan optimal setelah dilakukan bore up mobil.

    Dengan memperhatikan hal-hal diatas, dapat meminimalisir risiko kerusakan mesin mobil dan meningkatkan performa mesin mobil. 

    Sebelum melakukan bore up mobil, perlu memilih workshop yang terpercaya dan memiliki pengalaman dalam melakukan modifikasi tersebut. 

    Kamu juga perlu memperhatikan penggunaan bahan bakar dengan oktan sesuai dengan spesifikasi mesin mobil dan melakukan pengaturan ulang pada sistem pembakaran dan injeksi mesin mobil. 

    Baca juga: Ini 10 Perilaku Penyebab Terbesar Terjadinya Kecelakaan Lalu Lintas

    Dengan demikian, mobil dapat bekerja dengan optimal dan performa mesin mobil dapat meningkat. Tidak lupa, yang paling utama selalu perhatikan keselamatan bersama ya!

    Selain informasi di atas, kamu bisa mendapatkan informasi menarik lainnya seputar otomotif di OLX Member of ASTRA. Kamu juga cari mobil bekas impianmu dengan mengakses OLX melalui aplikasi dengan mengunduhnya di Play Store atau App Store. (Rek/Z)

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait