Senin, Mei 27, 2024
Lainnya
    Tips & TrikAda 8 Cara Merawat Rem Cakram Mobil, Cek Detailnya!

    Ada 8 Cara Merawat Rem Cakram Mobil, Cek Detailnya!

    Lakuin ini untuk merawat rem cakram mobil kamu!

    News.OLX – Disc brake atau yang dikenal dengan rem cakram adalah salah satu sistem pengereman mobil yang konsep kerjanya memanfaatkan komponen tambahan berupa piringan yang akan dijepitkan oleh dua buah kanvas rem, agar bisa memperlambat putaran ban.

    Ketahanan waktu dari rem dinilai dari gaya mengemudi si pemilik mobil. Jika pengemudi memiliki gaya di jalan yang agresif dengan akselerasi yang tinggi dan sering melakukan pengereman maka akan mengurangi manfaat dari rem cakram ini.

    Karena rem cakram memiliki batas maksimal untuk kinerjanya. Bagian depan rem cakram adalah sekitar 30.000-40.000 km, sedangkan yang belakang adalah 40.000-50.000 km. 

    Baca juga: Awas Kegocek, Ini Cara Mudah Membedakan Velg Mobil Asli dan Replika

    Merawat rem cakram mobil adalah hal yang sangat penting untuk keselamatan berkendara kamu. Dibawah ini adalah 8 cara merawat rem cakram mobil agar bisa selalu optimal saat dikendarai

    1. Menguras minyak rem

    Fungsi minyak rem adalah memberikan pelumas untuk komponen logam di bagian cakram dan juga kampas agar tidak terjadi kerusakan saat bergesekan.

    Minyak rem mobil harus diganti setiap 1 tahun atau sekitar 20.000 km, tergantung kondisi mana yang terlebih dahulu terpenuhi.

    cakram (2)

    2. Memeriksa ketebalan pad rem

    Saat memeriksa ketebalan pad rem, jangan lupa untuk mengukur ketebalan sepatu rem menggunakan penggaris apakah seimbang ukuran luar dan dalam atau tidak.

    Kamu juga bisa memeriksanya secara visual, dengan memastikan bahwa tidak ada perbedaan yang sangat mencolok antara sepatu rem yang luar dan dalam. Lalu cek keausan kanvas rem dan pastikan merata.

    Jika kanvas rem sudah aus, terlihat perbedaan yang signifikan dan melebih limit maka segera ganti dengan kanvas rem yang baru

    3. Mengecek keausan dan kerusakan piringan rem

    Untuk mengecek keausan dan kerusakan pada piringan rem, perhatikan apakah keausan pada piringan rem dari segi fisik, misalnya ada yang terbakar dengan ciri permukaan piringan rem yang menjadi lebih hitam. 

    4. Memeriksa kaliper rem

    Saat memeriksa bagian kaliper rem, cobalah untuk melihat dengan detail apakah ada kebocoran minyak rem di piston silinder rem. Pastikan juga bahwa sliding pin dan piston rem tidak macet.

    5. Membersihkan piringan rem

    Untuk membersihkan bagian permukaan piringan rem bisa menggunakan kain bersih. Atau kamu juga harus mengukur ketebalan rotor disc dengan outside micrometer.

    6. Memeriksa baling pada piringan rem

    Cara memeriksa baling di piringan rem cukup mudah yaitu ikat piringan rem menggunakan mur pada bagian bautnya untuk sementara waktu. Lalu cek freeplay bearing hub roda depan untuk mengetahui apakah masih masuk dalam spesifikasi atau tidak.

    Baca juga: Sejarah Toyota Innova, Belasan Tahun Jadi Mobil Favorit Keluarga Indonesia

    Ukur dengan dial gauge kemudian putar piringan dengan perlahan. Jika dirasa baling pada piringan rem tidak masuk spesifikasi, sebaiknya kamu langsung konsultasi ke teknisi langganan kamu

    7. Mengganti pad kit rem depan

    Langkah perawatan dan perbaikan rem cakram mobil yang selanjutnya adalah dengan mengganti pad kit rem depan. Lepaskan brake pad kemudian lepaskan juga kaliper rem depan. Setelah itu lepas kedua pad kit beserta squeal shims

    Yang perlu diperhatikan pada saat penggantian pad kit rem depan adalah tidak melepas atau membuka selang flexible dari kaliper rem.

    8. Memasang pad rem yang baru

    Langkah perawatan dan perbaikan rem cakram mobil yang terakhir adalah memasang pad rem yang baru dengan cara mendorong piston rem supaya masuk ke silinder rem menggunakan gagang palu. Pastikan agar melakukannya dengan hati-hati.

    Baca juga: Fungsi Dashcam dan Tips Memilih Produk Dashcam yang Tepat Sesuai Kebutuhan

    Agar minyak rem tidak tumpah dari reservoir, sebaiknya piston rem ditekan lalu kendorkan bleeder plug.

    Kamu bisa mendapatkan informasi menarik lainnya seputar otomotif di OLX. Selain itu, kamu juga cari mobil dan motor bekas impianmu dengan mengakses OLX melalui aplikasi dengan mengunduhnya di Play Store dan App Store.

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait