Jumat, Mei 24, 2024
Lainnya
    Tips & TrikCara Lepas Sticker Mobil yang Mudah dan Aman

    Cara Lepas Sticker Mobil yang Mudah dan Aman

    Mudah dilakukan sendiri begini trik melepas sticker mobil dengan aman.

    News.OLX – Sticker mobil seringkali dikatakan sebagai ekspresi identitas pemilik. Sebab, sticker bisa berbentuk tempelan logo instansi, organisasi, gambar, atau hanya sekedar hiasan tambahan untuk mobil peribadi.

    Akan tetapi ada saat-saat ketika pemilik kendaraan perlu melepasnya dari bodi mobil. Misalnya ketika mobil akan dijual yang membuat pemilik mobil harus melepas sticker tersebut untuk meningkatkan harga jual mobil.

    Sayangnya melepas sticker mobil tidak mudah. Tidak pula boleh asal melepasnya. Sebab, hal ini dapat merusak cat mobil hingga terkelupas.

    Tetapi jangan panik. Ada beberapa langkah-langkah yang bisa kamu lakukan agar proses membuka sticker mobil dapat dilakukan dengan mudah dan aman. Berikut penjelasannya.

    sticker mobil (1)

    1. Gunakan hair dryer untuk memanaskan sticker

    Sticker mobil umumnya menggunakan perekat yang kuat. Untuk membuatnya lebih mudah dilepas, kamu dapat menggunakan hair dryer.

    Pemanasan sticker dengan hair dryer pada jarak yang tepat dapat membuat perekatnya menjadi lebih lentur, memudahkan proses pengelupasan.

    2. Gosok dengan Scraper 

    Pilih scraper yang tajam namun tidak terlalu tumpul. Gosok perlahan dari tepi sticker ke arah tengah untuk menghindari risiko kerusakan atau sobekan pada sticker.

    Kelembutan dan ketelitianmu dalam menggunakan scraper akan meminimalkan potensi kerusakan pada cat mobil.

    3. Gunakan minyak tanah atau bensin

    Jika sticker sulit dilepas, kamu dapat menggunakan minyak tanah atau bensin. Oleskan pada sticker menggunakan kain microfiber dan biarkan meresap beberapa menit sebelum digosok dengan scraper. Pastikan untuk membersihkan sisa-sisa minyak dengan hati-hati.

    4. Biarkan sticker terkena sinar matahari

    Jika sticker telah menempel lama, biarkan kendaraanmu terkena panas matahari selama beberapa jam sebelum mencoba melepasnya. Ini akan membantu melembutkan perekat sticker.

    5. Cairan pembersih khusus untuk Sticker

    Jika sisa-sisa lem sticker sulit dibersihkan, kamu dapat menggunakan cairan pembersih khusus untuk sticker. Pastikan untuk membaca instruksi penggunaan dengan teliti. Proses ini, jika dilakukan dengan tepat, dapat menghindari risiko kerusakan pada bodi mobil.

    Melakukan proses pelepasan sticker mobil memang memerlukan ketelitian dan kesabaran. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kamu dapat melepas sticker mobil dengan mudah dan aman tanpa harus khawatir merusak penampilan kendaraanmu.

    Ingatlah untuk selalu menguji area kecil terlebih dahulu dan gunakan peralatan dengan bijak agar bodi mobil tetap terlindungi.

    Kamu bisa mendapatkan informasi menarik lainnya seputar otomotif di OLX. Download aplikasinya di Play Store dan App Store!

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait