Minggu, Mei 26, 2024
Lainnya
    Tak BerkategoriCara Deteksi Kerusakan pada Kaki-kaki Mobil

    Cara Deteksi Kerusakan pada Kaki-kaki Mobil

    Tanda-tanda bushing atau kaki kaki mobil rusak meliputi getaran yang lebih kuat terasa di dalam kendaraan.

    News.OLX – Kaki-kaki mobil merupakan komponen penting yang perlu dirawat secara rutin. Jika tidak, tentunya akan membuat keamanan dan kenyamanan berkendara berkurang.

    Pada kaki-kaki mobil sendiri terdapat banyak komponen yang saling berhubungan. Nah, komponen-komponen tersebut memiliki usia pakai yang berbeda-beda, selain itu juga rentan mengalami kerusakan sewaktu-waktu.

    Untuk itu penting sekali untuk kamu memahami cara mendeteksi kerusakan pada kaki-kaki mobil. Berikut adalah bagian-bagian yang wajib kamu cek.

    Link stabilizer

    Jika kamu menemukan suara ‘kruk-kruk’ yang berasal dari kaki-kaki mobil, besar kemungkinan itu dari link stabilizer yang bermasalah.

    Komponen ini menghubungkan stabilizer dengan lengan ayun atau coilover shock. Kerusakannya terlihat melalui suara ‘kruk-kruk’ saat melewati jalan yang tidak rata atau berlubang.

    Bushing

    Jika setelah melakukan belokan, kemudi tidak kembali ke posisi semula secara otomatis, ada baiknya melakukan pemeriksaan pada bushing mobil.

    Bushing berperan penting dalam mengatur pengendalian roda melalui kemudi. Selain itu, tanda lainnya adalah adanya suara dan getaran yang dapat dirasakan melalui kemudi. Meskipun suara yang dihasilkan hanya sedikit dan tidak terlalu mencolok.

    Tanda-tanda bushing mobil rusak meliputi getaran yang lebih kuat terasa di dalam kendaraan, suara berderak atau berdecit saat melewati jalan yang tidak rata, kemudi yang terasa tidak responsif, serta adanya perubahan dalam stabilitas dan handling mobil saat bermanuver.

    kaki Mobil (1)

    Shockbreaker

    Seperti namanya, shockbreaker berfungsi untuk meredam guncangan pada kendaraan. Bila shockbreaker sudah mulai terasa ambles terutama saat melewati jalan bergelombang, berarti fungsinya sudah mulai melemah.

    Tanda-tanda shockbreaker rusak meliputi getaran yang kuat dan tidak wajar saat berkendara di jalan tidak rata, mobil terasa lebih sulit dikendalikan terutama pada kecepatan tinggi, tubuh mobil terayun lebih keras saat melewati gundukan atau lubang, serta munculnya bunyi berdecit atau berderak saat suspensi bekerja.

    Ketika tie rod dan ball joint mengalami kerusakan, efeknya akan membuat setir mobil terasa ringan dan tidak berpengaruh pada arah kendaraan meskipun telah diputar oleh pengemudi.

    Jika komponen ini rusak, maka pengendalian mobil dapat menjadi sulit dan tidak stabil, terutama saat berada dalam kecepatan tinggi. Bunyi yang timbul akibat kerusakan tie rod mirip dengan bunyi kerusakan link stabilizer.

    Jika kamu menemukan tanda-tanda tersebut, segera lakukan servis kaki-kaki mobil di bengkel terpercaya.

    Boot axle

    Untuk kamu yang memiliki mobil dengan penggerak roda depan (FWD), kamu perlu memerhatikan komponen boot axle, karena komponen ini cukup rentan menimbulkan bunyi ‘kletek-kletek’ pada kaki-kaki mobil.

    Boot axle sendiri adalah komponen yang terbuat dari karet, yang bertugas menutup joint di bagian axle shaft. Fungsi lainnya juga dapat menjaga pelumas agar tidak bocor.

    Karena dibekali dengan bahan karet, komponen ini sangat rentan mengalami sobek. Alhasil axle joint menjadi kering, sehingga menimbulkan bunyi kletek-kletek.

    Nah, sekarang sudah paham kan bagaimana cara mengecek kaki-kaki mobil? Sebaiknya lakukan secara rutin guna mencegah kerusakan yang lebih parah.

    Selain informasi ini, kamu bisa mendapatkan informasi menarik lainnya seputar otomotif di OLX Member of ASTRA. Kamu juga cari mobil bekas impianmu dengan mengakses OLX melalui aplikasi dengan mengunduhnya di Play Store atau App Store.

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait