Senin, Mei 27, 2024
Lainnya
    LainnyaCiri-Ciri Gearbox Bermasalah dan Cara Merawatnya Agar Tidak Rusak

    Ciri-Ciri Gearbox Bermasalah dan Cara Merawatnya Agar Tidak Rusak

    Gearbox mobil menjadi komponen penting mobil dalam memacu mesin untuk mengubah jadi putaran yang bisa hasilkan pergerakan. Gearbox sangat penting karena dengan adanya gearbox mobil bisa bergerak sesuai kendali pengemudi.

    Namun gearbox bisa jadi bermasalah apabila dipakai terus-terusan tanpa adanya cek kondisi secara berkala. Gearbox yang bermasalah akan membuat mobil turun performa. Ketidaknyamanan pun akan dirasakan oleh pengemudi jika gearbox alami masalah. Salah satu contoh masalahnya yakni akan susah pindah gigi.

    Baca juga: Fungsi Gearbox Mobil, Cara Kerja dan Jenis-Jenisnya

    Tak hanya itu, ada beberapa ciri-ciri gearbox bermasalah lainnya yang akan dijelaskan secara mendetail di bawah ini. Berikut dirangkum tentang ciri-ciri gearbox bermasalah dan cara merawatnya agar tidak rusak.

    Ciri-ciri Gearbox Mobil Bermasalah

    • Alami susah pindah gigi

    Ciri-ciri gearbox mobil manual alami kerusakan atau bermasalah yakni akan terasa susah dalam memindahkan gigi. Contohnya, saat ingin pindahkan dari posisi netral ke gigi satu akan terasa lebih berat dibanding biasanya. 

    Apabila terjadi masalah pada gearbox biasanya disebabkan oleh penghubung tuas dengan garpu kopling yang bertugas memindahkan gigi bermasalah. 

    • Kopling menjadi seret

    Ciri-ciri gearbox mobil rusak kedua adalah kopling terasa seret. Penyebab dari kopling seret yakni gagal terlepasnya plat kopling dari flywheel saat menginjak pedal kopling. 

    Keadaan itu mengakibatkan pengemudi tidak dapat memindahkan gigi karena kopling masih terlibat dalam perputaran mesin. Apabila Anda memaksakan untuk terus memakai, maka akan terdengar suara berisik dan kasar. 

    • Terdengar Suara mendengung 

    Tanda gearbox bukan dalam keadaan prima yakni adanya suara dengungan. Apabila suara dengungan pada gearbox mulai berisik dan keras maka bisa jadi itu pertanda gearbox dalam masalah. 

    Tak hanya itu, laju mobil yang lambat bisa menambah yakin adanya kerusakan pada gearbox. Suara dengungan gearbox ini bisa terjadi karena ada kebocoran oli maupun kualitas oli yang tak layak pakai.

    • Tercium bau oli terbakar

    Apabila Anda mencium bau oli yang terbakar maka bisa dipastikan itu ada kerusakan pada gearbox. Biasanya hal itu disebabkan karena kualitas oli yang kurang bagus. 

    Adapun fungsi pelumas atau oli pada dasarnya tak hanya membantu melancarkan pergerakkan komponen, tetapi juga untuk menjaga stabilitas dari suhu komponen. 

    Penyebab yang menimbulkan bau terbakar seperti oli menjadi pertanda transmisi alami fase overheat atau panas berlebihan. Penyebab dari bau oli terbakar yakni, berkurangnya volume pelumas transmisi karena bocor atau pelumas kurang bersih.

    • Mobil terasa bergetar

    Ciri-ciri gearbox mobil bermasalah kelima yakni mobil terasa bergetar saat berada dalam posisi melepas kopling. Hal ini disebabkan oleh komponen plat kopling, matahari atau roda gila yang tidak rata. Efeknya, bisa mengakibatkan penyaluran tenaga dari mesin ke transmisi tidak berlangsung mulus.

    • Suara berisik di posisi netral

    Apabila mobil Anda posisi gigi netral dan berbunyi berisik maka bisa jadi itu indikasi transmisi atau gearbox alami masalah. Cobalah cek secara berkala ke bengkel untuk tahu letak masalahnya. Jangan anggap remeh karena bisa jadi bearing-bearing yang sudah aus terutama input shaft.

    Baca juga: Mengenal Transmisi Mobil, Fungsi, Komponen, dan Jenis-jenisnya

    Cara Ketahui Masa Pakai Gearbox Mobil

    Ilustrasi gear (freepik)

    Gearbox mobil juga memiliki ujung umurnya. Ada masa pakai gearbox dan tidak bisa dipakai terus menerus. Ada kalanya gearbox bermasalah dan tidak bisa dipertahankan sehingga harus ganti yang baru. 

    Seperti komponen mobil yang lain, komponen ini juga memiliki usia atau masa pakai. Jika gearbox mobil sudah mencapai usia atau masa pakai, maka tentu harus segera diperbaiki atau diganti dengan yang baru. Berikut beberapa cara mengetahui masa pakainya. 

    • Hitung Usia Berdasarkan Hitungan KM

    Tidak ada acara akurat untuk menentukan masa pakai gearbox secara mutlak. Meski begitu, ada cara pendekatan yang bisa dipakai untuk ketahui masa pakai. Salah satu cara hitung masa pakai gearbox yakni dari hitungan KM nya. 

    Rata-rata dari usia gearbox yaitu apabila hitungan km pada kendaraan mobil sudah mencapai 100.000-250.000 km. Apabila mobil ANda sudah mencapai angka tersebut, maka sebaiknya mengganti dengan gearbox baru. 

    • Hitung Berdasarkan Jumlah Tahun Pemakaian

    Tak hanya jumlah KM, Anda bisa mengira-ngira betapa usangnya gearbox mobil yang dipakai dengan jumlah tahun pemakaian. Hal ini menjadi cara mendasar untuk mengetahui masa pakai gearbox. 

    Gearbox yang sudah pemakaian 5 tahun biasanya mulai muncul banyak masalah. Cek gearbox secara berkala agar tahu titik letak masalahnya. Apabila ditemukan, cepat ganti gearbox Anda terutama apabila sudah digunakan selama 5 tahun.

    Baca juga: 10 Gejala Transmisi Mobil Mengalami Kerusakan

    Cara Merawat Gearbox Mobil

    Gearbox yang sudah melewati 250.000 km dan lebih dari 5 tahun pakai disarankan untuk diganti. Namun ada kondisi tertentu yang bisa perpanjang umur gearbox. Adapun cara merawat transmisi manual ini yakni:

    • Ganti oli secara teratur

    Disarankan ganti setiap setiap 3.000 Km sampai 5.000 Km. Dengan mengganti oli atau pelumas secara teratur maka cairan yang mendukung kinerja transmisi bisa bekerja dengan optimal. 

    • Setel kopling sesuai dengan anjuran pabrik 

    Setelan kopling yang standar sesuai anjuran pabrik sudah ditentukan dengan berbagai riset, supaya jarak antar kopling dan transmisi bisa cocok sesuai dengan pakemnya. 

    • Gunakan komponen berkualitas

    Ketika melakukan perbaikan transmisi manual agar mobil juga tetap terjaga karena pakai gearbox yang mumpuni. 

    • Oper gigi yang tepat dan benar

    Cara ini menjadi cara paling mudah, Anda cuma perlu memastikan perpindahan gigi sudah tepat atau belum dengan adanya suara ‘klek’ halus yang terdengar saat mengoper perpindahan gigi. 

    Nah itulah penjelasan mengenai ciri-ciri gearbox mobil bermasalah, setelah menyimak penjelasan di atas, sedikit banyak pasti sudah menambah referensi Anda. Kalau untuk membeli mobil bekas, pastikan untuk memilih di dealer terpercaya yang dapat memberikan penawaran terbaik serta garansi pada unit yang Anda beli seperti OLX Autos.

    Pilih mobil bekas berkualitas terbaik, dan harga yang paling reasonable di OLX Autos. Ada ribuan unit mobil bekas berkualitas yang bisa dipilih. Kami menjamin semua unit mobil berkondisi prima, dan bergaransi karena telah melalui inspeksi detail dari petugas berpengalaman. Dengan harga dan biaya perawatan yang rendah, kebutuhanmu bisa terpenuhi!

    GIIAS 2023
    Populer
    Berita Terkait