Rabu, Mei 29, 2024
Lainnya
    Tak BerkategoriDaftar Mobil Listrik Honda, Ada Jenis Kei Car Hingga SUV

    Daftar Mobil Listrik Honda, Ada Jenis Kei Car Hingga SUV

    Pabrikan otomotif dari Negeri Sakura, tentu tidak ketinggalan dalam mengembangkan mobil ramah lingkungan, yaitu mobil listrik. Diketahui bahwa saat ini Honda memiliki beberapa mobil listrik mulai dari kei car hingga mobil berjenis SUV.

    Namun penjualan mobil ramah lingkungan dari Honda ini memang lebih dulu memasarkan mobil hybridnya. Untuk mobil listriknya sendiri, masih belum merata pada setiap negara yang menjadi pasar dari pabrikan otomotif dari Jepang tersebut.

    Tidak dapat dipungkiri bahwa di pasar otomotif Indonesia, pabrikan otomotif Asia yang sudah memasarkan mobil listriknya adalah Hyundai dan Toyota. Untuk Honda sendiri masih bertahap dan menjual mobil hybrid.

    Sampai saat ini sudah ada beberapa mobil listrik yang dirilis oleh Honda. Dari mobil listrik ini memiliki rentang harga yang masih ekonomis. Bisa dibilang belum mencapai angka milyaran.

    Harga tersebut, tentu masih bisa menjadi pertimbangan untuk beralih ke mobil listrik yang lebih ramah lingkungan serta irit energi dibandingkan dengan mobil bermesin konvensional.

    Baca juga: Daftar Lengkap 15 Mobil Listrik Yang Dijual di Indonesia dan Harganya!

    Berikut daftar mobil listrik Honda dari kei car hingga SUV:

    Honda Prologue

    Honda Prologue
    Honda Prologue (Honda)

    Honda Prolog adalah mobil listrik dengan desain SUV crossover berukuran sedang. Dalam pengembangan mobil ini, Honda bekerja sama dengan General Motors untuk dipasarkan di Amerika Utara. 

    Diperkenalkan pada Oktober 2022 dengan rencana penjualan pada 2024, mobil listrik ini akan menjadi kendaraan listrik baterai pertama yang dijual Honda di Amerika Utara, selain Honda EV Plus eksperimental pada tahun 90-an.

    Didesain oleh oleh Honda Design Studio di Los Angeles, mobil ini dibuat berdasarkan platform dari Ultium dan BEV3 yang dikembangkan oleh General Motors. 

    Hadir sebagai SUV, tampilan wajah mobil ini terlihat tegas dengan konsep desain bernama “neo-rugged”. Desainnya memang mencerminkan karakteristik Honda.

    Untuk spesifikasinya, hingga saat ini belum diungkapkan. Apalagi mobil ini baru akan dijual pada tahun 2024 mendatang.

    Clarity Electric

    Honda Clarity
    Honda Clarity (wikipedia)

    Honda Clarity Electric adalah mobil sedan listrik dari Honda yang diluncurkan pada 2017 lalu di Amerika Serikat. Namun dalam perkembangannya mobil ini tidak berumur panjang.

    Mobil jenis sedan ini dihentikan produksinya pada tahun 2019. Sebagai mobil sedan dengan lima penumpang, penjualan dari Honda Clarity tidak terlalu mengesankan. Permintaan untuk mobil di pasar Amerika sendiri menurun.

    Spesifikasi dan kapasitas baterai

    Honda Clarity Electric merupakan mobil listrik yang ditenagai menggunakan baterai listrik lithium-ion 25,5 kWh. Daya jelajah dari mobil ini mencapai 143 Km.

    Mobil ini menggunakan motor listrik yang menghasilkan tenaga  161 hp dan torsi puncak 300 Nm. Kecepatan maksimum Honda Clarity Electric adalah sekitar 145 km/jam.

    Mobil listrik ini dibekali dengan tiga mode berkendara yaitu Normal, Econ, dan Sport yang dapat dipilih sesuai kebutuhan pengemudi. Dalam pengujian independen, Honda Clarity Electric mampu mencapai akselerasi 0-60 mph dalam waktu sekitar 8,1 detik.

    Kelebihan:

    1. Ramah lingkungan karena merupakan mobil listrik.
    2. Hemat biaya operasional karena tidak menggunakan bahan bakar fosil
    3. Kabin yang luas, Honda Clarity Electric menampung hingga lima penumpang dengan kabin yang nyaman.

    Kekurangan:

    1. Jangkauan terbatas karena hanya 143 km per pengisian penuh, yang lebih dekat dibandingkan dengan mobil listrik lainnya di pasar saat ini.
    2. Infrastruktur pengisian yang terbatas.
    3. Harga yang relatif mahal dibandingkan dengan mobil konvensional dengan mesin pembakaran internal

    Harga

    Saat masih dipasarkan, harga mobil Listrik Honda ini dibanderol Rp475 jutaan.

    Honda e: NP1

    Honda e:NP1
    Honda e:NP1 (wikipedia)

    Mobil listrik Honda e: NP1 merupakan generasi ketiga dari Honda HR-V yang dikembangkan di China. Mobil ini diproduksi oleh Dongfeng Honda dan Guangqi Honda. 

    Keduanya didasarkan pada platform e:N Architecture F untuk kendaraan listrik baterai penggerak roda depan yang lebih kecil. Penampilannya yang gagah sebagai mobil SUV menjadi nilai tersendiri bagi mobil ini.

    Spesifikasi dan kapasitas baterai

    e: NP1 ini dibekali dengan motor listrik yang dapat mengeluarkan tenaga maksimum hingga 180–201 hp. Menggunakan powertrain berupa baterai motor elektrik yang mampu digunakan untuk berkendara sejauh 510 km berdasarkan standar dari China China Light-Duty Vehicle Test Cycle (CLTC).

    Sudah menggunakan CONNECT 3.0,  e: NP1 ini dibekali dengan baterai lithium terner 53,6–68,8 kWh. Mobil ini mampu berakselerasi dari 0-100 km/jam dalam waktu kurang dari 8 detik. Performa ini pun sudah bisa menandingi mobil konvensional.

    Kelebihan:

    1. Daya jelajah mobil listrik yang jauh hingga mencapai 500 km.
    2. Tenaga yang dimiliki sudah besar dan akselerasi cepat.
    3. Disematkan berbagai fitur mumpuni untuk mobil di kelasnya.

    Kekurangan:

    1. Desain dari mobil ini tidak ubahnya seperti HR-V yang bagian depannya berubah tidak memiliki grill.
    2. Perubahan eksterior tidak signifikan untuk menjadi perbedaan dari mobil listrik dan tipe konvensional.

    Harga:

    Sudah beredar di China, mobil ini dibanderol dengan harga Rp480 jutaan.

    Baca juga: Ini Hebatnya Honda, Baru Punya Mobil Listrik, Langsung Jadi Mobil Terbaik di Jerman

    Honda e: NS1

    Honda e:NS1
    Honda e:NS1 (wikipedia)

    Selanjutnya ada mobil listrik Honda e: NS1, yang merupakan generasi ketiga dari Honda HR-V. Sama-sama dikembangakan di China seperti e: NP1 mobil ini pun tidak memiliki banyak perbedaan dari segi eksteriornya. 

    Didasarkan pada platform e:N Architecture F yang dikembangkan di China. Mobil ini diproduksi oleh Dongfeng Honda dan Guangqi Honda. 

    Spesifikasi dan kapasitas baterai

    Honda e: NS1 merupakan mobil yang diluncurkan Honda untuk pasar China ini memiliki dua versi, varian dengan kemampuan jelajah 420 km dan 510 km. Untuk spesifikasinya sendiri memang tidak jauh berbeda dengan e: NP1.

    e: NS1 ditenagai oleh motor listrik berkekuatan 182 PS dan torsi maksimum 310 Nm, dengan baterai lithium-ion 53,6 kWh, sudah menggunakan CONNECT 3.0. Mobil ini mampu berakselerasi dari 0-100 km/jam dalam waktu kurang dari 8 detik. 

    Kelebihan:

    1. Daya jelajah mobil listrik yang jauh hingga mencapai 500 km.
    2. Disematkan berbagai fitur mumpuni untuk mobil di kelasnya.
    3. Tenaga yang dimiliki sudah besar dan akselerasi cepat.

    Kekurangan:

    1. Desain dari mobil ini tidak ubahnya seperti HR-V yang bagian depannya berubah tidak memiliki grill.
    2. Perubahan eksterior tidak signifikan untuk menjadi perbedaan dari mobil listrik dan tipe konvensional.

    Harga:

    Sudah beredar di China, mobil ini dibanderol dengan harga Rp490 jutaan.

    Honda e

    Honda e
    Honda e (wikipedia)

    Honda e, merupakan mobil listrik yang diperkenalkan oleh Honda di pameran otomotif Frankfurt Motor Show 2019. Mobil ini memiliki desain seperti bergaya Urban EV Concept seperti Civic Hatchback yang dirilis tahun 1970-an. 

    Sebagai mobil listrik hatchback, Honda e ini memiliki 5 pintu dan berpenggerak roda belakang. Desain dari Honda e memang tidak dapat dipungkiri menjadi desain mobil listrik mungil yang terbaik. Sehingga mobil ini banyak diminati.

    Spesifikasi dan kapasitas baterai

    Honda e menggunakan motor listrik di bagian belakang yang menghasilkan tenaga 113 kW dan torsi 315 Nm. Mobil ini ditenagai dengan baterai lithium-ion 35,5 kWh diklaim menawarkan jangkauan sekitar 220 km.

    Honda e dilengkapi dengan konektor CCS Combo 2, memungkinkan pengisian daya AC dan pengisian cepat DC. Dengan pengisian cepat DC, mobil dapat diisi hingga kapasitas 80% dalam 30 menit.

    Menurut pengujian Honda, mobil ini dapat berakselerasi dari 0 hingga 100 km/jam dalam 8,3 detik.

    Kelebihan:

    1. Desain yang keren dengan gaya urban yang membuat mobil ini tetap tampil modern dengan kesan retro.
    2. Memiliki fitur yang mumpuni dan kapasitas cukup lega.

    Kekurangan:

    1. Daya jelajah yang masih sangat terbatas.
    2. Kapasitas baterai yang terbatas.

    Harga

    Honda e, saat ini sudah dijual di beberapa negara Eropa mulai dari Jerman hingga Inggris. Untuk saat ini mobil ini dibanderol dengan harga Rp450 jutaan.

    Baca juga: 7 Rekomendasi Mobil Listrik Terbaik Dilengkapi Manfaat dan Cara Perawatannya

    Nah, itulah ulasan mengenai mobil listrik dari Honda. Pasar otomotif dunia saat ini memang sedang populer dengan hadirnya mobil listrik di tengah masyarakat yang menjadi pilihan kendaraan ramah lingkungan.

    Kalau soal membeli mobil bekas, jangan sampai salah pilih. Pastikan untuk mendapatkan penawaran terbaik serta garansi pada unit yang Anda beli di OLX Autos.

    Pilih mobil bekas berkualitas terbaik, dan harga yang paling reasonable di OLX Autos. Ada ribuan unit mobil bekas berkualitas yang bisa dipilih. Kami menjamin semua unit mobil berkondisi prima, dan bergaransi karena telah melalui inspeksi detail dari petugas berpengalaman. Dengan harga dan biaya perawatan yang rendah, kebutuhanmu bisa terpenuhi!

    GIIAS 2023
    Populer
    Berita Terkait