Rabu, Juli 24, 2024
Lainnya
    ReviewFacebook Genap 20 Tahun, Begini Perjalanannya Sejak Awal Didirikan

    Facebook Genap 20 Tahun, Begini Perjalanannya Sejak Awal Didirikan

    Facebook yang kini jadi bagian dari Meta telah genap berusia 20 tahun. Berikut ini perjalanannya sejak awal didirikan.

    News.OLX – Sejak Mark Zuckerberg menciptakan Facebook pada 4 Februari 2004, platform media sosial ini telah mengubah cara dunia berkomunikasi dan berinteraksi secara daring.

    Berdirinya platform bermula dari kamar asrama di Universitas Harvard, bukan hanya sekadar situs hiburan, melainkan fenomena global yang menyatukan miliaran orang di seluruh dunia.

    Merujuk pada laporan Al Jazeera, Facebook, yang sekarang menjadi bagian dari Meta, berhasil mengumpulkan tiga miliar pengguna selama dua dekade berjalannya. Mari kita telusuri kronologi kelahiran dan perkembangan luar biasa platform ini sejak awal didirikan.

    Perkembangan Awal: Harvard dan Ekspansi Pertama

    Saat pertama kali peluncurannya, platform thefacebook.com awalnya hanya dapat diakses oleh mahasiswa Harvard, menciptakan wadah virtual untuk berbagi informasi dan interaksi antar sesama mahasiswa. Fitur perbandingan dua mahasiswa berdasarkan foto menjadi poin utama, menciptakan sensasi di lingkungan kampus. 

    Perubahan signifikan terjadi pada musim panas 2004 ketika Sean Parker bergabung sebagai presiden. Transformasi ini menandai pergeseran dari status proyek kampus menjadi perusahaan penuh waktu yang ambisius. 

    Pada Juni 2004, basis operasional dipindahkan ke Palo Alto, California, dan identitas domain diubah menjadi facebook.com, sebuah indikator nyata bahwa platform ini telah memasuki panggung dunia.

    Walaupun awalnya dibatasi untuk mahasiswa Harvard, platform ini memperluas jangkauannya dengan cepat. Keanggotaannya mencakup hampir semua universitas di Kanada dan Amerika Serikat. Ini menjadi fondasi global untuk pertumbuhan pesat di seluruh dunia.

    Facebook dengan cepat meluas ke sekolah Ivy League dan universitas di Kanada, menandai awal dari dominasinya yang akan mencapai skala global.

    facebook (1)

    Dari Media Sosial ke Mesin Penghasil Uang

    Pada fase awalnya, Facebook tidak dirancang dengan tujuan untuk menjadi mesin penghasil uang. Platform ini hanya populer di kalangan mahasiswa dan dianggap sebagai alat keterhubungan yang memfasilitasi interaksi antara sesama mahasiswa. 

    Namun, seiring berjalannya waktu, platform ini mengalami perkembangan yang tidak terduga, menjadikannya salah satu situs jejaring sosial paling sukses di seluruh dunia. 

    Facebook mulai mengembangkan model bisnis yang lebih tangguh. Keuntungan pertama berhasil dicapai pada tahun 2009, menandai titik penting dalam transformasi platform ini dari proyek kampus menjadi perusahaan dengan dampak global. 

    Pada tahun sebelumnya, pendapatan kotor mencapai hampir US$ 8 miliar. Ini mencerminkan perkembangan yang luar biasa dari platform yang awalnya hanya berfokus pada interaksi antar-mahasiswa.

    Saat merayakan ulang tahun ke-10, Mark Zuckerberg merenung tentang perjalanan luar biasa yang telah dijalaninya bersama platform ini. Dia mengakui bahwa pengguna platform ini tidak hanya membangun komunitas virtual, tetapi juga saling membantu secara bersama-sama. 

    Zuckerberg sangat terkesan melihat cara orang menggunakan Facebook sebagai alat untuk membangun koneksi, berbagi pengalaman, dan memberikan dukungan satu sama lain.

    Dalam ungkapannya, Mark Zuckerberg menyatakan rasa syukurnya atas dampak positif yang telah diciptakan oleh platform ini dalam membantu orang-orang terhubung di seluruh dunia. Dia menegaskan tanggung jawab Facebook untuk terus berperan dalam memfasilitasi keterhubungan yang optimal di antara individu dan komunitas. 

    Facebook di Usia 20 Tahun

    Dua dekade setelah kelahirannya, Facebook terus menjadi pemimpin dalam ranah media sosial. Dengan inovasi dan adaptasi yang terus-menerus, platform ini terus menyentuh hati miliaran pengguna di seluruh dunia. 

    Jika kamu ingin terus mengikuti perkembangan terbaru dan bergabung dalam komunitas digital yang luas, kunjungi situs OLX sekarang juga. Kamu dapat melakukan jual beli dengan mudah di OLX. Download aplikasi OLX sekarang di Google Play Store  atau  App Store untuk pengalaman terbaik!

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait