Jumat, Mei 24, 2024
Lainnya
    Tips & TrikFlush Toilet Macet, Ternyata Ini Penyebabnya

    Flush Toilet Macet, Ternyata Ini Penyebabnya

    Toilet dengan flush yang macet memang mengganggu aktivitas. Cari tahu penyebab dan solusinya di sini!

    News.OLX – Salah satu alasan banyak orang beralih ke toilet duduk adalah karena penggunaannya yang lebih praktis. Namun, kalau flush toilet di rumah macet, jelas ini tidak praktis sama sekali.

    Aktivitas di kamar mandi jelas jadi terhambat, praktis ini juga membuat kamu jadi tidak nyaman. Untuk mengatasinya, kamu bisa cari tahu penyebab flush toilet macet dalam artikel ini!

    1. Permukaan air rendah

    Penyebab flush toilet macet yang paling umum terjadi adalah karena permukaan air dalam tangki penampung yang terlalu rendah.

    Air yang berada di dalam tangki penampungan seharusnya bisa mencapai pipa untuk mengalirkan air secara otomatis ke lubang. Namun, kalau air yang tersedia terlalu rendah, tentu ini akan membuat air tidak bisa mengalir ke lubang.

    Ada berbagai penyebab yang bisa membuat hal ini terjadi. Bisa jadi, keran yang tersalur ke toilet tertutup atau bermasalah. Selain itu, ini juga bisa terjadi karena pipa yang tersumbat.

    toilet (1)

    2. Tombol flush toilet rusak

    Bila tidak ada masalah pada keran air, kemungkinan tombol flush-nya yang memang sudah rusak. Bisa jadi, rantai penghubung antara tombol dan pipa terputus atau longgar. Sehingga, flush tidak dapat bekerja dengan baik.

    Kalau tidak terlalu parah, kamu bisa coba kencangkan sendiri bagian yang longgar. Namun, kalau sudah terputus, sebaiknya kamu mengganti tombol atau tuas flush dengan yang baru, ya.

    3. Bagian flapper rusak

    Dalam toilet duduk, ada komponen yang bernama flapper. Fungsinya ini berkaitan dengan tombol atau tuas flush, yaitu untuk membuka tangki penampungan air.

    Nah, bila bagian ini rusak, tentu tangki penampungan air tidak bisa terbuka yang berujung pada air yang tidak keluar. Ini bisa saja terjadi karena karet yang longgar atau terjadi kebocoran.

    Namun, sayangnya, ini tidak bisa kamu akali sama sekali. Satu-satunya cara mengatasi flush toilet macet adalah dengan menggantinya.

    4. Rim jet pada flush tersumbat

    Penyebab tombol flush yang macet tidak melulu karena komponen di dalamnya yang rusak. Bisa jadi, ada bagian yang tersumbat seperti rim jet.

    Lubang kecil yang berada di bawah ini merupakan jalur untuk masuknya air ke lubang. Sehingga, kalau tersumbat sudah pasti air tidak akan keluar meski kamu sudah menekan flush berkali-kali.

    Biasanya, ini terjadi karena ada kotoran yang menyumbat. Untuk mengatasinya, kamu cukup gunakan cuka, garam atau baking soda untuk meluruhkan kotoran.

    5. Katup air rusak

    Penyebab terakhir adalah karena katup air yang mengalami kerusakan. Posisi katup ini berada di samping tangki penampungan air.

    Tugasnya sendiri untuk menyalurkan air masuk ke tangki penampungan. Untuk itu, bila komponen ini rusak, tidak ada air yang masuk ke penampungan. Nah, inilah yang akhirnya juga membuat air di penampungan terlalu rendah dan berujung flush tidak dapat mengalirkan air.

    Hal ini sebetulnya umum terjadi pada toilet dengan penggunaan yang cukup lama. Penyebabnya pun bisa karena katup yang sudah berkarat. Kalau ini sebabnya, kamu bisa atasi dengan memberikan cairan untuk meluruhkan karat tersebut. Dengan begitu, katup bisa kembali bersih dan mengalirkan air dengan baik ke lubang.

    Nah, poin-poin di atas ini merupakan beberapa penyebab macetnya flush toilet yang paling umum terjadi. Seperti permukaan air yang rendah, tombol yang rusak dan sebagainya.

    Beberapa penyebab memang masih bisa kamu atasi sendiri. Tetapi, ada beberapa yang memang mengharuskan kamu untuk mengganti komponen.

    Nah, kalau kamu mencari komponen penggantinya, kamu bisa temukan di OLX, lho. Yuk, segera instal aplikasi OLX di Google Play Store dan App Store sekarang!

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait