Rabu, Mei 29, 2024
Lainnya
    Tips & TrikFungsi Ball Joint dan Ciri Kerusakannya

    Fungsi Ball Joint dan Ciri Kerusakannya

    Ball joint punya peran penting pada mobil. Lantas, bagaimana jika rusak?

    News.OLX – Ball joint adalah salah satu komponen penting dalam mobil. Meskipun terkesan asing saat didengar, namun ibarat sebuah “sendi” yang menghubungkan bagian atas dan bagian bawah mobil.

    Komponen ini berada di antara steering knuckle dan yang menghubungkan roda dengan lower dan upper arm pada suspensi yang berperan dalam mengontrol pergerakan saat mengemudikan mobil.

    Tidak hanya itu saja fungsinya, ball joint juga menjadi penerima beban saat lateral atau vertikal, menjadi sumbu roda saat mobil berbelok dan poin utama saat bermanuver di jalan karena meringankan setir mobil.

    Penyebab dari kerusakan ball joint

    Karena ball joint sangat penting peranannya pada mobil, mari pahami juga ciri-ciri kerusakannya yang perlu diperhatikan agar kamu bisa menanganinya secepatnya.

    1. Bunyi yang tidak wajar

    Hal pertama yang sering menjadi tanda bahwa ball joint kamu bermasalah adalah terdapat bunyi yang keras atau berisik saat kamu berbelok.

    Hal tersebut disebabkan oleh gesekan minor akibat kelonggaran saat roda mobil didorong ke dalam dan ditarik keluar. Sehingga jika kamu mengalami hal tersebut, hindari melakukan manuver yang terlalu keras.

    2. Setir terasa berat saat berbelok

    Ball joint yang rusak juga terasa mengganggu juga pada sistem kemudi. Saat berbelok, mobil terasa seperti terdorong sehingga saat kamu mengemudi rasanya setir kamu berat atau tidak bisa dikontrol.

    Jika kamu merasakan hal tersebut, itu adalah pertanda bahwa adanya kerusakan pada ball joint. Sebab jika komponen ini rusak dapat menyebabkan roda tidak dapat bergerak dengan leluasa, dan mengganggu kemampuan mobil dalam mengubah arah dengan lancar.

    3. Sulit mengatur setir

    Selain berat saat dibelokkan, sistem kemudi juga akan sulit dikendalikan jika ball joint sedang dalam kondisi rusak sehingga setir menjadi kaku dan tidak bisa diatur sama sekali. 

    Kualitas ball joint yang hilang dapat mempengaruhi kemampuan mobil dalam menghadapi tikungan dan juga tidak bisa seimbang ketika berada di jalan yang tidak rata.

    4. Ban cepat aus

    Terkesan sepele, namun jika ban mobil kamu aus secara tidak merata, khususnya pada bagian tepi ban, hal ini dapat menandakan adanya masalah pada suspensi. 

    Kerusakan pada ball joint juga dapat mempengaruhi kualitas ban dan menyebabkan perubahan geometri suspensi, yang pada akhirnya menambah keausan pada ban.

    ball joint (2)

    Cara mencegah kerusakan pada ball joint

    Untuk mencegah kerusakan pada ball joint, berikut ini adalah beberapa langkah yang dapat kamu lakukan:

    1. Hindari menghantam jalan yang rusak atau banjir

    Jangan paksakan mobil untuk melewati jalan yang berlubang, berbatu, bahkan nekat untuk melewati banjir yang parah. Hal tersebut dapat mengurangi kualitas ball joint dan mempengaruhi kinerja komponen lain juga.

    2. Jangan sembarangan melakukan spooring

    Ketika kamu menemukan ball joint pada mobil kamu rusak, jangan melakukan spooring sembarangan jika bukan rekomendasi dari teknisi yang terpercaya.

    Hal tersebut dapat mengganggu keseimbangan ball joint dan menyebabkan kerusakan pada komponen ini. Pastikan kamu melakukan spooring dengan benar dan disetujui oleh teknisi profesional di bengkel terpercaya.

    3. Tidak membawa beban terlalu berlebihan

    Beban bawaan mobil yang melebihi kapasitas dapat memberikan tekanan berlebih pada ball joint dan sistem suspensi lainnya. Pastikan kamu memahami batas beban maksimum mobilmu dan mengelola beban bawaan dengan bijak.

    4. Rutin melakukan perawatan pada ball joint

    Yang paling penting adalah rutin membuat jadwal perawatan juga untuk mobil kamu terutama untuk mengecek ball joint. Karena komponen ball joint terdiri dari beberapa bagian penting.

    Ada stud yang menghubungkan ball joint dengan steering knuckle. Lalu, ada boot yang berfungsi melindungi ball joint dari kotoran dan terdapat housing juga, yang menampung ball joint dan seats untuk membantu menjaga posisi komponen agar tetap stabil.

    Terakhir, ada springs yang memberikan tegangan pada ball joint sehingga tetap terjaga kekakuan dan kelonggarannya sesuai kebutuhan. Jadi jangan lupa untuk mengecek ball joint secara keseluruhan.

    Jika kamu mencurigai adanya kerusakan pada ball joint, segera lakukan pemeriksaan dan konsultasikan dengan teknisi terpercaya. Ingat, ball joint yang berfungsi dengan baik akan memberikan kenyamanan dan keamanan dalam setiap perjalananmu.

    Kamu bisa mendapatkan informasi menarik lainnya seputar otomotif di OLX. Selain itu, kamu juga cari mobil dan motor bekas impianmu dengan mengakses OLX melalui aplikasi dengan mengunduhnya di Play Store dan App Store.

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait