Jumat, Mei 24, 2024
Lainnya
    Tips & TrikKalau Menemukan Kondisi Ini, Tandanya Ban Mobil Harus Segera Ganti

    Kalau Menemukan Kondisi Ini, Tandanya Ban Mobil Harus Segera Ganti

    Perjalanan lebih aman dan nyaman kalau ban mobil terawat.

    News.OLX – Menjaga kualitas ban mobil merupakan salah satu perawatan yang penting dilakukan bagi kamu pemilik mobil. Hal itu dikarenakan jika ban mobil yang kamu gunakan tidak optimal, maka akan mempengaruhi kinerja komponen lain saat berkendara.

    Ban mobil memiliki masa pemakaian sendiri dan batas jarak tempuh maksimal juga. Rata-rata usia pemakaian ban mobil yang ideal adalah 3 tahun dan jarak tempuh sekitar 40.000 km – 50.000 km.

    Jika yang mendahului adalah jarak tempuh dibandingkan usia pemakaian, maka ban mobil sebaiknya diganti saat itu juga untuk menjaga keamanan dan kinerja dari kendaraan kamu.

    Baca juga: Jangan Panik! Ini Cara Mengatasi Kopling Mobil Selip Saat dalam Perjalanan

    Selain kedua hal tersebut, ada beberapa ciri-ciri yang menunjukkan bahwa ban mobil harus segera diganti. Berikut adalah beberapa di antaranya:

    1. Kedalaman alur ban mobil terlalu tipis

    Kedalaman alur ban harus sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh pabrikan. Ketika alur ban sudah terlalu tipis, ban akan kehilangan daya cengkram saat di jalan basah dan dapat meningkatkan risiko tergelincir.

    2. Kerusakan fisik pada ban mobil

    Inspeksi visual pada ban adalah langkah penting sebelum kamu berkendara. Cek apakah ada retakan, belahan, atau tonjolan pada permukaan ban. Kerusakan fisik seperti ini dapat mengakibatkan kebocoran udara atau bahkan pecahnya ban.

    3. Ban mobil usang

    Ban memiliki umur pakai terbatas dan akan usang seiring berjalannya waktu. Ban yang sudah terlalu tua atau melewati batas umur pakainya harus diganti, bahkan jika kondisinya masih terlihat baik.

    4. Ban mobil mengalami aus yang tidak merata

    Jika bagian-bagian ban mengalami aus lebih cepat daripada yang lain, ini dapat mengindikasikan masalah dengan keseimbangan ban, poros, atau sistem suspensi mobil. Hal ini dapat mengakibatkan ketidakstabilan saat mengemudi.

    5. Mobil bergetar atau goyang saat dikendarai

    Jika kamu merasakan getaran yang tidak biasa atau perubahan dalam posisi berkendara, ban mungkin menjadi penyebabnya.

    Baca juga: Shockbreaker Mobil ‘Berdecit’, Begini Cara Mengatasinya

    Ban yang tidak seimbang atau bengkok dapat menyebabkan getaran saat mobil bergerak.

    ban mobil
    ban mobil kempes

    6. Tekanan udara ban mobil yang tidak konsisten

    Cek tekanan udara ban secara teratur. Jika ban selalu kehilangan tekanan udara, ini bisa menjadi tanda adanya kebocoran atau kerusakan yang perlu segera diatasi. Jika kerusakannya parah, sebaiknya ban diganti secepatnya.

    7. Performa ban memburuk saat berkendara

    Jika mobil kamu sulit untuk dikendalikan saat hujan atau meluncur dari daratan tinggi saat mengemudi di jalan, ini bisa menjadi tanda bahwa ban kamu kehilangan daya cengkram dan perlu diganti secepatnya.

    8. Bunyi aneh saat berkendara

    Jika ban kamu mengeluarkan bunyi berdecit, bergerak, atau berdengung yang mengganggu bisa menjadi tanda masalah pada ban atau sistem roda.

    Baca juga: Ini Efek Mobil Yang Sering Hantam Lubang, Hati-Hati!

    Jika kamu sering melewati medan yang berbahaya, seperti jalan yang basah, permukaan jalan yang kasar atau berbatu, jalan berlubang atau sering menghadapi jalan yang tinggi, maka sangat wajib bagi kamu untuk mengecek ban secara berkala.

    Karena ban juga memiliki daya tahan maksimal pada kelenturan dan kekuatan pada ban. Sehingga penting untuk selalu memeriksa kondisi ban secara rutin dan melakukan perawatan yang diperlukan.

    Kondisi ban yang baik sangat penting untuk keselamatan berkendara kamu Jika kamu melihat salah satu dari ciri-ciri di atas, segera gantilah ban kamu atau periksakan ke bengkel untuk konsultasi lebih lanjut.

    Cari mobil bekas berkualitas impianmu dengan mengakses OLX melalui aplikasi dengan mengunduhnya di Play Store dan App Store.

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait