Selasa, Mei 28, 2024
Lainnya
    InformasiGoogle Perkenalkan Dua Model AI Baru, Gemma 2B dan Gemma 7B

    Google Perkenalkan Dua Model AI Baru, Gemma 2B dan Gemma 7B

    Dua Model AI Google terbaru meluncur bernama Gemma 2B dan Gemma 7B yang canggih dan gratis untuk umum.

    News.OLX – Heboh! Google mengejutkan pengguna internet dengan hadirnya dua model kecerdasan buatan baru, yaitu Gemma 2B dan Gemma 7B. Perancangannya didasarkan pada arsitektur AI Google: Gemini yang mutakhir.

    Model artificial intelligence ini juga bersifat open source sehingga pengembang maupun peneliti di mana pun keberadaannya bisa menggunakannya untuk membangun software AI yang lebih canggih juga inovatif.

    Keunggulan Gemma

    Kedua model Gemma ini menawarkan beberapa keunggulan dibandingkan dengan model kecerdasan buatan bersifat open-source lainnya. Kelebihan Gemma, yaitu.

    1. Lebih Ringan

    Gemma lebih kecil dan efisien sehingga pengembang bisa menjalankannya di laptop alih-alih komputer kelas server atau workstation. Karena keringannya ini maka jangan heran jika ada pemangkasan dari Google yang menyebabkan Gemma tidak semumpuni Gemini.

    Karena bisa beroperasi di laptop dengan baik, Gemma membuka kesempatan bagi developer yang memiliki anggaran terbatas untuk berkreasi tanpa batas dengan model ini.

    2. Lebih Akurat

    Selain masalah ringan, Gemma juga lebih akurat. Hal ini karena Gemma sudah lolos uji coba dan hasil akurasinya cukup tinggi daripada model open source lain yang memiliki ukuran sama.

    3. Lebih Fleksibel

    Gemma juga bisa digunakan untuk berbagai macam tugas yang berkaitan dengan kecerdasan buatan, seperti:

    • Pemrosesan bahasa alami atau NLP. Contohnya meningkatkan chatbot, asisten virtual, juga sistem terjemahan mesin;
    • Pengenalan gambar. Contohnya memperkuat sistem pengenalan wajah, klasifikasi objek, juga visi komputer.
    • Robotika memungkinkan kontrol robot yang lebih cerdas juga otonom.

    Kekurangan Gemma

    Meski cukup unggul, sayangnya kecerdasan buatan ini hanya melayani prompt dalam bahasa Inggris. Namun, masa mendatang akan tersedia versi terbarukan dari model ini.

    Penggunaan Gemma 2B dan Gemma 7B

    Bagi pengembang, model kecerdasan buatan ini bisa sangat bermanfaat dalam pembangunan aplikasi berbasis artificial intelligence yang lebih maju dan canggih lagi. Contoh chatbot yang lebih cerdas, asisten virtual yang lebih personal, juga sistem pengenalan gambar lebih akurat.

    Sedangkan bagi peneliti, Gemma bisa mereka gunakan untuk bereksperimen dengan algoritma kecerdasan buatan baru. Juga untuk pengembangan solusi artificial intelligence baru dalam memecah berbagai macam masalah.

    Gemma sudah dilengkapi dengan dokumentasi lengkap juga tutorial untuk membantu pengguna dalam mengaplikasikan Gemma. Juga ada toolkit kecerdasan buatan yang memiliki kemampuan untuk memonitor kedua model tersebut agar berfungsi dengan baik dan tidak melanggar etis publik.

    Melalui salah satu toolkit, developer bisa menciptakan satu pengaturan yang mampu menghalangi atau memblokir kata-kata khusus agar tidak terpakai bebas oleh algoritma kecerdasan buatan. 

    Sementara debugging tool yang tertanam juga memiliki manfaat yang bisa pengembang terapkan untuk mengatur dan merevisi perilaku kecerdasan buatan output Gemma. Hal ini agar pemanfaatannya tepat guna dan tidak melanggar etika.

    Google (1)

    Ketersediaan

    Kamu bisa memperoleh model kecerdasan buatan ini di Kaggle, Hugging Face, Nvidia NeMo, juga Vertex AI. Dari sumber-sumber tersebut, baik pengembang maupun peneliti bisa menggunakan Gemma dengan bebas dan gratis.

    Peluncuran dua model AI Google: Gemma diharapkan bisa mendorong kemajuan dalam bidang artificial intelligence

    Harapan lain, Gemma 2B dan Gemma 7B mampu membuka peluang baru bagi pengembang dan peneliti dalam membangun aplikasi berbasis kecerdasan buatan yang lebih canggih dan inovatif juga bermanfaat bagi masyarakat luas.

    Buat kamu yang masih penasaran dengan teknologi-teknologi terbaru yang hadir dalam industri AI, OLX telah merangkum banyak info menarik yang bisa kamu baca. 

    Selain itu, ada aplikasi OLX yang bisa kamu download lewat Google Play Store atau App Store. Dengan aplikasi OLX kamu mendapatkan informasi lebih cepat, mudah, dan praktis.

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait