Senin, Mei 27, 2024
Lainnya
    Tips & TrikSejarah Lampu Kabut dan Mengapa Warnanya Harus Kuning

    Sejarah Lampu Kabut dan Mengapa Warnanya Harus Kuning

    Lampu kabut pada dasarnya didesain untuk memancarkan cahaya yang rendah.

    News.OLX – Lampu kabut, komponen penting dalam dunia otomotif, telah berkembang selama hampir satu abad. Lampu kabut pertama kali muncul pada arena balap Le Mans 24 Jam pada tahun 1926.

    Pierre Marchal, pendiri Société Marchal, perusahaan yang memproduksi lampu sorot dan lampu depan, memasang lampu kabut tambahan di mobil Lorraine Dietrich yang menjadi juara pada tahun sebelumnya.

    Tujuannya adalah untuk meningkatkan visibilitas saat kabut tebal melanda sirkuit balap, seperti Mulsanne dan Maison Blanche.

    Karena lapisan kabut biasanya berada dekat dengan permukaan jalan, sehingga lampu kabut dirancang khusus untuk memancarkan cahaya di bawah lapisan tersebut, memungkinkan pencahayaan yang lebih merata.

    Penggunaan lampu kabut memberikan keunggulan kepada Lorraine Dietrich di 24 Jam Le Mans 1926, hingga akhirnya memuluskan dirinya menghasilkan hattrick pertama dengan produsen mobil Prancis, Peugeot.

    Mulai menjadi fitur standar pada mobil

    Setelahnya, banyak mobil dilengkapi dengan lampu kabut. Inovasi ini menjadi standar pada mobil produksi untuk meningkatkan keselamatan di jalan.

    Lampu kabut belakang juga menjadi populer, membantu pengemudi mengukur jarak dengan mobil di depan saat hujan turun.

    Lampu kabut, dari yang sederhana hingga yang berbasis LED, membuktikan peran kunci dalam pencahayaan tambahan di mobil, terutama di kondisi cuaca yang sulit.

    Dari sirkuit balap hingga jalan raya, sejarah lampu kabut mencerminkan perjalanan panjang perkembangan pencahayaan tambahan dalam dunia otomotif.

    kabut

    Mengapa lampu kabut berwarna kuning?

    Lampu kabut pada dasarnya didesain untuk memancarkan cahaya yang rendah. Tidak seperti lampu utama, sorot cahaya lampu kabut yang rendah ini dapat menerangi jalan karena umumnya kabut berjarak sekitar 10 cm dari permukaan jalan.

    Alasan lampu kabut berwarna kuning karena bisa menembus kabut dan hujan dengan lebih jelas dibandingkan warna putih. Hal ini karena karena sinar warna kuning punya gelombang yang lebih panjang daripada warna putih atau biru, sehingga bisa menembus lapisan udara yang tebal atau air. Selain itu warna kuning juga lebih mudah diproses oleh mata pengemudi.

    Selain informasi ini, kamu bisa mendapatkan informasi menarik lainnya seputar otomotif di OLX Member of ASTRA. Kamu juga cari mobil bekas impianmu dengan mengakses OLX melalui aplikasi dengan mengunduhnya di Play Store atau App Store.

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait