Selasa, Mei 28, 2024
Lainnya
    InformasiIni Bedanya Sistem Operasi Android dan iOS

    Ini Bedanya Sistem Operasi Android dan iOS

    Android dan iOS adalah 2 sistem operasi dengan karakteristik masing-masing. Berikut 5 perbedaan keduanya.

    News.OLX – Di dunia gadget, terkenal akan dua jenis sistem operasi smartphone, yaitu Android dan iOS. Android merupakan sistem operasi hasil pengembangan Google, sedangkan iOS sesuai namanya iPhone operating system merupakan produk besutan Apple Inc. Lalu, apa perbedaan Android dan iOS?

    1. Perusahaan Pembuat dan Pengembangnya

    Perbedaan Android dan iOS pertama, terletak pada perusahaan pembuat dan pengembangnya. iOS merupakan produk hasil pengembangan Apple Incorporation untuk mendukung pengoperasian perangkat smartphone-nya, iPhone. 

    Sistem operasi ini meluncur pertama kali pada tahun 2007 dengan pengembangan makin baik dalam bahasa C, C++, objective C, assembly language, dan Swift. Dari iPhone OS 1, kini sistem operasi ini sudah menjadi versi terbaru bernama iOS 17.

    Sedangkan Android merupakan hasil pengembangan Google LLC yang mengambil versi modifikasi dari kernel Linux inti dan software open source lain. Bahasa yang terpakai, yaitu C, C++, Java, dan lainnya.

    Google merancang Android untuk segala perangkat, baik smartphone maupun tablet. Android baru meluncur setahun setelah iOS, yaitu 2008 dengan namanya Android 1.0 Alpha. Versi terbaru saat ini sudah mencapai 14.

    2. Kustomisasi Tampilan

    Perbedaan Android dan iOS kedua, terletak pada penyesuaian tampilan layar. Pengguna Android patut berbangga hati karena mereka memiliki kebebasan dalam menambahkan shortcut atau widget di layar. Bahkan, pengguna bisa mengubah keseluruhan tampilannya melalui aplikasi peluncur.

    Namun, pada iOS tidak bisa. Pengguna iOS hanya bisa menambahkan widget di notification bar, tidak bisa di bagian layar home.

    3. Toko Aplikasi

    Perbedaan Android dan iOS

    Nah, tahu kan jika keduanya memiliki konektivitas toko aplikasi yang berbeda?

    Umumnya, bagi pengguna Android, kamu bisa mengunduh aplikasi resmi melalui Google Play Store. Namun, di perangkat iPhone, kamu tidak bisa menggunakan Google Play Store, melainkan App Store. Tentunya, App Store ini berbeda dengan Google Play Store dalam kelengkapan ketersediaan aplikasi.

    4. Berbagi Data

    Selain masalah kebebasan dalam pengaturan layar, Android juga memungkinkan penggunanya untuk berbagi data melalui sejumlah cara, seperti bluetooth. Namun, hal ini berbeda jika pada iPhone operating system. Yang mana, pengguna bisa memindahkan data melalui iTunes. Jadi, data yang ingin dipindah ke perangkat harus pengguna masukkan ke iTunes baru ke perangkat ponsel.

    5. Asisten Virtual

    Berkembangnya teknologi membuat perusahaan yang mengembangkan masing-masing sistem operasi turut menambah fitur berupa asisten virtual yang akan membantu pengguna dalam pemakaian perangkat. Seperti memerintahkan sistem untuk menelepon seseorang dan membuka software tertentu.

    Pada Android, pengguna akan dibantu oleh Google Assistant sedangkan iOS menggunakan Siri. Dari layanan keduanya, Google Assistant lebih unggul karena pengguna mampu meminta hiburan. Sementara Siri lebih kaku dan monoton.

    Baik Android maupun iOS memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Seperti harga ponsel bersistem iOS lebih mahal daripada Android. Apa pun pilihan perangkatnya, dapatkan produknya di OLX.

    Menariknya, ada aplikasi OLX yang bisa kamu unduh melalui Google Play Store atau App Store untuk memudahkan pencarian item dan pembelian produk.

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait