Jumat, Mei 24, 2024
Lainnya
    Tips & TrikIni Penyebab Oli Mesin Motor Bercampur Air Radiator

    Ini Penyebab Oli Mesin Motor Bercampur Air Radiator

    Cari tahu penyebab oli mesin motor bercampur dengan air radiator! Oli mesin yang tercampur dengan air radiator ini bisa menyebabkan kerusakan sehingga kendaraan tidak bisa digunakan dengan baik dan tidak lagi terasa aman dan nyaman.

    News.OLX – Jika masih awam dalam industri otomotif terutama untuk perawatannya, pasti bingung mengapa banyak orang yang khawatir jika oli mesin tercampur dengan air radiator. Sebenarnya, karena fungsinya juga berbeda, maka kedua cairan ini jelas jangan disatukan.

    Oli mesin yang tercampur dengan air radiator ini bisa menyebabkan kerusakan sehingga kendaraan tidak bisa digunakan dengan baik dan tidak lagi terasa aman dan nyaman. Oli mesin yang tercampur dengan air radiator dapat mengubah kandungan dan struktur kimia oli yang menyebabkan kehilangan fungsinya.

    Saat hal ini terjadi, komponen mesin yang bekerja bisa saling bergesekan. Hal ini bisa menjadikan mesin dapat cepat aus dan panas sehingga sangat mudah mengalami kerusakan.

    Ciri oli mesin bercampur air radiator

    Jika kamu menemukan cairan radiator semakin berkurang dari tabung reservoir secara mendadak. Bisa saja radiator mengalami kebocoran atau bahkan tercampur dengan oli mesin.

    Baca juga:Penyebab Air Radiator Mobil Cepat Habis dan Cara Mengatasinya

    Hal ini tentunya dapat membuat cairan radiator bisa merembes ke saluran dan dapat mengalir pada oli mesin. Selain itu, ciri lainnya ada pada oli. Oli yang seharusnya warna hitam berubah menjadi warna keputihan juga merupakan salah satu ciri oli tercampur air radiator.

    Sebelum bisa mengatasinya, mari simak apa saja penyebab oli mesin motor bisa tercampur dengan air radiator.

    Penyebab oli mesin bercampur air radiator

    Umumnya, oli mesin yang bercampur dengan air radiator disebabkan oleh beberapa hal, yakni dampak dari rusaknya sil water pump yang rusak atau jebol. Hal ini terjadi lantaran usia pemakaian tinggi sil water pump yang sudah getas.

    Baca juga: Kapan Ganti Air Radiator? Ciri Cairan Pendingin Harus Diganti!

    Akhirnya, air radiator pun menjadi bocor dan bercampur dengan oli. Untuk masalah ini, kamu hanya perlu mengganti sil water pump yang rusak dengan yang baru, biasanya mesin akna normal kembali setelahnya.

    Namun, jika kamu tidak menemukan adanya masalah pada sil water pump yang rusak, maka penyebab lainnya adalah di paking head yang bocor. Coba kamu cek dan ganti dengan komponen yang baru.

    Selain itu, kerusakan juga mungkin terjadi pada kepala silinder dan bentuknya yang melengkung. Hal ini disebabkan karena mesin mengalami overheat atau panas berlebih.

    Baca juga: Fungsi Radiator Mobil, Ini Komponen dan Cara Kerja Hingga Perawatannya

    Saat kepala silinder melengkung maka akan muncul celah antar kepala silinder dengan blok silinder yang menyebabkan oli mesin dan air radiator bertemu. Hal yang bisa dilakukan lagi-lagi mengganti komponen ini dengan yang baru.

    Retaknya dinding water jacket juga bisa menjadi salah satu penyebab air radiator tercampur dengan oli mesin. Retakan ini kemudian bisa terjadi di kepala silinder dan blok silinder lantaran penggunaan cairan radiator yang kurang sesuai dengan karakter mesinnya.

    Kerusakan yang terjadi ini pun tergolong kerusakan parah sehingga jalan satu-satunya adalah dengan menggantinya dengan yang baru.

    Baca juga: Mesin Motor Overheat, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

    Keempat penyebab tersebut adalah alasan mengapa oli mesin motor bisa bercampur dengan air radiator jika masalahnya bukan karena kebanjiran.

    air radiator 2

    Mengatasi jika oli mesin bercampur dengan air radiator

    Oli yang bercampur dengan air radiator harus segera dibuang karena dapat mengakibatkan kerusakan serius pada mesin yang memiliki daya pelumasan rendah. Setelah membuangnya, tentunya jangan langsung mengisi dengan oli yang baru. Cari tahu dulu penyebabnya.

    Setelah itu, kamu perlu diperbaiki penyebab kerusakannya dengan mengganti komponen yang rusak dengan yang baru. Setelah menggantinya, jangan lupa isi ulang air radiator di tabung reservoir sampai batas maksimal untuk memastikan motor bisa normal kembali.

    Baca juga: Perawatan Ringan Motor Kesayangan, Cukup Lakukan di Rumah Saja

    Setelah mengetahui informasi ini, kamu juga bisa mendapatkan berbagai informasi dan tips menarik lainnya seputar otomotif melalui OLX.

    Bahkan, kamu pun bisa mencari mobil atau motor bekas impian kamu di sini! Jangan ragu untuk menggali informasi di OLX. Kunjungi website OLX atau unduh aplikasinya melalui Play Store dan App Store.

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait