Rabu, Mei 29, 2024
Lainnya
    ReviewIni Perbedaan ABS dan CBS pada Motor Honda

    Ini Perbedaan ABS dan CBS pada Motor Honda

    Cek perbedaan ABS dan CBS pada motor Honda untuk membantumu menentukan pilihan!

    News.OLX – Motor Honda terkenal dengan sistem keselamatan yang kian meningkat, khususnya di pengeremannya. Sekarang, mayoritas keluaran Honda telah banyak memanfaatkan ABS (Anti-lock Brake System) serta CBS (Combi Brake System). 

    Meskipun terdengar mirip, ternyata ada perbedaan ABS dan CBS tersebut. Penasaran mengenai aspek yang menjadi perbedaan ABS dan CBS tersebut? Yuk, simak penjelasan lengkapnya melalui ringkasan berikut!

    Mengenal ABS dan CBS pada Motor Honda

    Sebelum membahas mengenai beberapa perbedaan ABS dan CBS, kamu harus tahu dulu mengenai konsep atau pengertian keduanya.

    Pertama, ABS ialah suatu sistem rem yang akan mencegah roda terkunci ketika kamu terpaksa mengambil tindakan panic brake (pengereman mendadak).

    Karena sistem tersebutlah, ketika kamu menarik rem cukup keras sampai mentok dengan mendadak, maka motormu tak akan mengalami slip. Dengan begitu, perasaan nyaman dan aman selama berkendara akan lebih meningkat.

    Sedangkan CBS ialah sebuah sistem rem yang mengkolaborasikan rem belakang serta depan. Agar keduanya bisa aktif bersamaan, kamu cukup tekan tuas rem kiri atau rem belakangnya saja.

    Kemudian, tekanan rem segera terdistribusi secara merata dan cepat ke kedua rem, sehingga jarak pemberhentian motormu menjadi lebih pendek. Jika kamu masih pemula, maka motor yang memanfaatkan teknologi CBS ini lebih cocok dan aman.

    Perbedaan ABS dan CBS Motor Honda

    Secara umum, ada dua indikator yang menjadi pembeda pada pengereman ABS dan CBS, yaitu berdasarkan fungsi serta cara kerjanya.

    1. Perbedaan Berdasarkan Fungsi

    Seperti penjelasan pada pengertiannya, fungsi pengereman ABS adalah untuk menjaga supaya ban motor agar tidak terkunci ketika kamu mengerem motor secara mendadak untuk mencegah slip.

    Fitur ini akan bertugas berdasar pengerjaan sensor wheel speed untuk mendeteksi roda dalam kondisi tidak memutar, namun motornya masih berjalan.

    Sedangkan pengereman CBS, fungsinya agar jarak berhenti menjadi pendek berkat rem belakang serta depan berkolaborasi. Sehingga, kamu cukup menekan satu tuas pengereman saja.

    2. Perbedaan Cara Kerja

    Karena fungsi dari setiap sistem pengereman berbeda, maka otomatis cara kerjanya juga akan berbeda. Nah, penjelasan masing-masingnya yaitu:

    a. Cara Kerja ABS

    Supaya ban tidak slip serta mengunci saat kamu mengerem mendadak, maka beberapa cara kerjanya adalah:

    1. Di motor Honda sudah tersematkan sistem pengereman berisikan sensor yang berlokasi pada piringan cakram.
    2. Sensornya tersambung dengan Electronic Control Unit (ECU), yang bertugas untuk membaca sensor ketika ban dan cakram dideteksi melakukan penguncian saat motor sedang berjalan.
    3. Saat ban telah mengunci, maka secara otomatis rem ini akan membuat tekanan minyak melonggar, sehingga tekanan piston pun akan tertarik. Dengan begitu, pengereman terlepas supaya ban dapat bergerak.
    4. Secara cepat rem akan aktif lagi agar handling kendaraan bisa tetap terjaga.

    b. Cara Kerja CBS

    Istilah CBS yang terkenal berkat Honda ini cara kerjanya menjadi lebih sederhana daripada ABS. Dalam cara kerjanya, fitur CBS menggunakan sistem mekanikal. Di mana pada umumnya motor Honda yang memakai CBS mempunyai tuas rem di bagian kiri.

    Tuas rem ini sudah menggunakan equalizer yang mempunyai dua kabel sebagai percabangannya. Satu kabelnya mengarah menuju rem belakang dan rem kabel satunya menuju kabel konektor.

    Tugas kabel konektor adalah sebagai penarik knocker agar bisa mendorong piston hidrolik pada master rem depan. Karena inilah, ketika kamu menekan tuas rem belakang pada kiri setang, maka rem otomatis dapat berfungsi.

    Nah, setelah tahu beberapa perbedaan ABS dan CBS, kamu bisa cek OLX untuk menemukan motor Honda bekas dengan harga menarik. Unduh juga aplikasi OLX di Google Play Store dan App Store, ya!

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait