Selasa, Juni 25, 2024
Lainnya
    ReviewIni Perbedaan Mio Smile dan Mio Sporty, Sudah Tahu Belum?

    Ini Perbedaan Mio Smile dan Mio Sporty, Sudah Tahu Belum?

    Mio Smile dan Mio Sporty menjadi skutik lawas yang masih banyak disukai. Jika kamu sedang meilirik keduanya dan bingung memutuskan memilih yang mana, simak perbandingannya di artikel ini!

    News.OLX – Yamaha Mio, nama yang tak asing lagi di telinga pecinta otomotif Indonesia. Sejak kemunculannya di awal tahun 2000-an, Mio telah menjadi ikon skuter matik yang menemani perjalanan jutaan masyarakat. Varian Mio Sporty dan Mio Smile, yang diproduksi dari tahun 2003 hingga 2013, masih memikat hati banyak orang hingga saat ini. Bagi para pencari kendaraan roda dua yang gesit, lincah, dan irit bahan bakar, Mio Sporty dan Mio Smile menjadi pilihan menarik dengan harga yang relatif terjangkau.

    Namun, sebelum memutuskan untuk meminang salah satu dari kedua varian ini, penting untuk memahami perbedaan mendasar antara Mio Sporty dan Mio Smile. Perbedaan ini tidak hanya terletak pada desainnya, tetapi juga pada beberapa fitur dan performanya.

    Artikel ini akan mengupas tuntas perbedaan antara Mio Sporty dan Mio Smile, lengkap dengan informasi mengenai kelebihan dan kekurangannya, kisaran harga, dan tips-tips untuk membeli motor bekas.

    Menelusuri Jejak Sejarah Mio Sporty dan Mio Smile

    Diluncurkan pada tahun 2003, Mio Sporty hadir dengan desain sporty dan ramping yang menjadikannya primadona di kalangan anak muda. Di sisi lain, Mio Smile, yang diluncurkan pada tahun 2006, menawarkan desain yang lebih membulat dan menggemaskan, sesuai dengan namanya yang berarti “senyum”.

    Meskipun memiliki basis mesin yang sama, yaitu 113cc berpendingin udara, Mio Sporty dan Mio Smile memiliki beberapa perbedaan dalam hal fitur dan performa.

    Membandingkan Mio Sporty dan Mio Smile, Ini Perbedaannya

    1. Design

    Mio Sporty

    Tampil menawan dengan desain sporty yang ramping dan lekukan tajam, mencerminkan jiwa muda dan energik. Lampu utamanya yang pipih dengan reflektor ganda memberikan penerangan yang fokus dan tajam, siap menemani perjalanan di malam hari. Tameng depannya yang dilengkapi 4 lubang dan lampu senja pipih menambah kesan sporty pada motor ini. Meskipun tidak memiliki laci penyimpanan depan, Mio Sporty menawarkan kemudahan akses untuk barang bawaan kecil di dashboard (pada generasi terbaru). Generasi awal Mio Sporty memang tidak memiliki footstep belakang, namun hal ini telah disempurnakan pada model-model selanjutnya untuk meningkatkan kenyamanan penumpang. Spidometer analognya yang sporty dengan desain grafis tajam memberikan informasi yang mudah dibaca dan menambah kesan modern pada motor ini.

    Mio Smile

    Menghadirkan desain yang menggemaskan dengan lekukan membulat yang ramah dan menyenangkan. Lampu utamanya yang bulat dengan reflektor tunggal memancarkan cahaya yang lebih menyebar, memberikan kesan ceria dan bersahabat. Tameng depannya yang memiliki 2 lubang besar dan lampu senja menyatu dengan sein (menyerupai senyuman) menjadi ciri khas yang mudah dikenali. Mio Smile memanjakan pengendaranya dengan laci penyimpanan depan yang praktis untuk menyimpan barang bawaan kecil seperti sarung tangan atau botol air minum. Kenyamanan berkendara, terutama bagi penumpang, semakin ditingkatkan dengan adanya footstep belakang pada Mio Smile. Spidometer analognya yang sederhana dengan desain mudah dibaca memberikan informasi yang jelas dan ringkas.

    2. Kenyamanan berkendara

    Mio Sporty

    Joknya yang lebih empuk memberikan kenyamanan ekstra bagi pengendara, terutama saat melakukan perjalanan jauh. Mio Sporty menawarkan dua pilihan footstep, yaitu di atas dan bawah, untuk menyesuaikan dengan preferensi pengendara. Dashboard pada generasi terbaru Mio Sporty dilengkapi dengan rak untuk menyimpan barang bawaan kecil. Mesinnya yang berkapasitas 113,7 cc dengan teknologi modern menghasilkan performa yang lincah dan bertenaga.

    Mio Smile 

    Bagasinya yang luas memungkinkan kamu membawa banyak barang bawaan, baik untuk keperluan sehari-hari maupun perjalanan jauh. Mesinnya yang berkapasitas 125 cc dengan teknologi SOHC (Single Overhead Camshaft) menawarkan keseimbangan antara performa dan efisiensi bahan bakar.

    3. Fitur-Fitur

    Mio Sporty

    Dilengkapi dengan answer back system yang memudahkan kamu menemukan motor di jarak 20 meter, eco indicator untuk membantu menghemat bahan bakar, smart lock system untuk keamanan ekstra, stop and start system yang canggih untuk menghemat bahan bakar lebih lanjut, dan lampu depan serta belakang halogen yang memberikan penerangan yang optimal.

    Mio Smile

    Tidak kalah dengan Mio Sporty, Mio Smile juga dilengkapi dengan answer back system untuk memudahkan untuk menemukan motor, eco indicator untuk membantu menghemat bahan bakar, dan smart lock system untuk keamanan ekstra. Lampu depan dan belakang halogennya juga memberikan penerangan yang optimal untuk perjalanan.

    4. Spesifikasi

    Mio Sporty

    Mesinnya yang 4 tak dengan kapasitas 113,7 cc dan teknologi EURO 2 menghasilkan daya maksimum 7,14 kW pada 8000 rpm dan torsi maksimum 7,84 Nm pada 7000 rpm. Ukuran bannya, dengan ban depan 70/90-14M/C 34 P dan ban belakang 80/90-14M/c 40 P, memberikan keseimbangan antara kelincahan dan stabilitas saat bermanuver.

    Mio Smile

    Mesinnya yang 4 tak dengan teknologi SOHC dan kapasitas 125 cc menghasilkan daya maksimum 7 kW pada 8000 rpm dan torsi maksimum 9,6 Nm pada 5500 rpm. Ukuran bannya, dengan ban depan 80/80-14M/C 43 P dan ban belakang 100/70-14M/C 51 P, lebih lebar dibandingkan Mio Sporty, sehingga memberikan stabilitas yang lebih baik saat berkendara, terutama saat membawa muatan banyak.

    Mio Smile dan Mio Sporty, Mana yang Terbaik?

    Baik Mio Sporty maupun Mio Smile menawarkan kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Pilihan antara kedua varian ini tergantung pada kebutuhan dan preferensi pribadi.

    Mio Sporty:

    • Cocok untuk pengendara yang menginginkan tampilan sporty dan performa lincah.
    • Memiliki fitur stop and start system untuk hemat bahan bakar.
    • Ban depan lebih tipis untuk kelincahan.

    Mio Smile:

    • Cocok untuk pengendara yang menginginkan tampilan menggemaskan dan kenyamanan berkendara.
    • Memiliki bagasi luas untuk menampung banyak barang.
    • Ban belakang lebih lebar untuk stabilitas.

    Tips Membeli Mio Sporty dan Mio Smile Bekas:

    Membeli motor bekas, termasuk Mio Sporty dan Mio Smile, membutuhkan ketelitian dan kejelian agar kamu mendapatkan kendaraan yang prima dan terhindar dari penipuan. Berikut beberapa langkah penting yang perlu dilakukan:

    1. Periksa Kondisi Motor Secara Menyeluruh:

    • Mesin: Dengarkan suara mesin saat dihidupkan dan pastikan tidak ada suara aneh yang mengindikasikan kerusakan. Periksa juga kondisi oli mesin, apakah masih bening atau sudah keruh dan bercampur kotoran.
    • Bodi: Periksa apakah ada goresan, penyok, atau retakan pada bodi motor. Pastikan catnya masih asli dan tidak ada bekas dempul atau las.
    • Rangka: Perhatikan kondisi rangka motor, apakah ada tanda-tanda bengkok atau patah. Kamu dapat mengangkat motor untuk melihat bagian bawah rangka dengan lebih jelas.
    • Ban: Periksa kondisi ban, apakah masih tebal dan tidak retak. Pastikan tekanan angin ban sesuai dengan standar.
    • Rem: Coba rem depan dan belakang untuk memastikan fungsinya masih normal. Periksa juga kondisi kampas rem, apakah masih tebal atau sudah tipis.

    2. Lakukan Test Drive:

    Sebelum membeli, luangkan waktu untuk melakukan test drive. Rasakan performa dan kenyamanan berkendara Mio Sporty atau Mio Smile yang diminati. Perhatikan apakah ada suara aneh saat motor dijalankan, apakah akselerasi dan pengeremannya normal, dan apakah handlingnya terasa nyaman.

    3. Bandingkan Harga di Beberapa Penjual:

    Jangan tergoda untuk langsung membeli motor dari penjual pertama yang ditemui. Lakukan riset terlebih dahulu untuk mengetahui harga pasaran Mio Sporty dan Mio Smile bekas di wilayahmu. Bandingkan harga di beberapa penjual dan pilihlah yang menawarkan harga terbaik dengan kondisi motor yang masih prima.

    4. Cek Kelengkapan Surat-Surat Kendaraan:

    Pastikan semua surat-surat kendaraan, seperti STNK dan BPKB, lengkap dan sah. Periksa nama pemilik yang tertera di STNK dan BPKB, apakah sesuai dengan identitas penjual. Mintalah salinan STNK dan BPKB untuk divalidasi ke pihak berwenang.

    Dengan mengikuti tips-tips di atas, kamu dapat meminimalkan risiko mendapatkan Mio Sporty atau Mio Smile bekas yang bermasalah dan memastikan transaksi jual beli yang aman dan tepercaya.

    Selain informasi di atas, kamu juga bisa dapatkan informasi menarik lainnya di OLXDownload juga aplikasi OLX di Google Play Store dan App Store segera!

    GIIAS 2023
    Populer
    Fadli Arfi
    Fadli Arfi
    Penikmat dan penggiat otomotif baik roda dua, empat, enam, delapan bahkan yang bersayap
    Berita Terkait