Minggu, Juni 16, 2024
Lainnya
    LainnyaJenis Cover Jok Mobil dan Spesifikasi yang Paling Cocok Digunakan

    Jenis Cover Jok Mobil dan Spesifikasi yang Paling Cocok Digunakan

    Cover jok mobil saat ini menjadi salah satu kebutuhan yang cukup penting apabila memiliki mobil. Pasalnya, jok mobil yang menggunakan cover ini akan terasa seperti baru saat covernya dibuka meski sudah sangat lama. 

    Menggunakan cover jok mobil ini pun membuat banyak pemilik kendaraan merasa praktis dalam membersihkannya. Selain dari kepraktisannya, menggunakan cover jok mobil membuat penampilan dalam kabin semakin nyaman dan menarik.

    Karena cover jok ini tentu tidak hanya dibuat secara serampangan seperti bungkus pada jok. Melainkan dibuat dengan berbagai desain dan pola agar jok mobil yang biasa atau bawaan pabrikan akan berubah menjadi lebih keren.

    Tidak jarang mobil jenis mobil LCGC maupun MPV menggunakan cover jok mobil. Selain itu jok mobil bawaan pabrikan yang masih menggunakan bahan fabrik, biasanya pemilik mobil akan menambahkan cover agar tidak kotor selama penggunaan.

    Baca juga: Tips Memilih Warna Jok Mobil yang Bagus, Bikin Interior Tampil Makin Elegan

    Jenis-jenis cover jok mobil

    Ilustrasi jok mobil
    Ilustrasi jok mobil (freepik)

    Ada cukup banyak jenis-jenis cover jok mobil yang saat ini digunakan. Biasanya bila Anda ingin menambahkan cover jok mobil saat ini sudah sangat mudah untuk mendapatkannya karena sudah ada banyak sekali toko maupun bengkel yang menyediakan jasa tersebut di berbagai kota.

    Saat ini pilihan jenis jok mobil yang beragam dari bahan yang ekonomis, hingga mahal pun tersedia dalam berbagai dan model. Umumnya jenis-jenis cover jok mobil yang biasa digunakan ada 5 macam, yaitu:

    • Kulit asli

    Merupakan material paling tinggi yang digunakan sebagai cover jok mobil, kulit asli ini lebih awet dan tahan lama. Selain itu materialnya memberikan tingkat kenyamanan yang tinggi selain itu lebih terkesan mewah. 

    • Kulit sintetis

    Material kulit sintetis, banyak sekali digunakan sebagai cover jok mobil. Sebagai material yang tahan air dan mudah dibersihkan, kulit sintetis ini memiliki banyak kualitas yang ditawarkan. Semakin baik kualitasnya, penampilannya pun semakin terlihat mewah.

    • Semi kulit 

    Material ini juga tidak kalah dipilih oleh pemilik mobil untuk digunakan sebagai cover jok. Penampilannya pun hampir mirip dengan material kulit. 

    • Kain atau fabric

    Biasanya jenis cover jok mobil yang menggunakan kain ini digunakan sebagai bungkus agar jok mobil yang menggunakan material kulit tetap bersih meski cukup lama tidak digunakan. Namun ada pula yang menggunakannya agar mudah untuk dibersihkan.

    Baca juga: 7 Cara Mudah Membersihkan Jok Mobil Ketika di Rumah

    Fungsi utama dan deskripsi model cover jok mobil

    Fungsi utama dari cover jok mobil adalah untuk melindungi jok dari kotoran. Sebagai pemilik mobil, tentu tidak ingin jok mobil Anda memiliki noda atau kotoran yang sulit dibersihkan. 

    Apalagi saat mobil hendak dijual, tentu adanya noda kusam akan membuat penawaran harga mobil menjadi turun. Dengan adanya cover jok mobil membuat jok Anda selalu bersih. 

    Selain itu saat membersihkannya pun menjadi mudah, yaitu tinggal mengelap cover jok mobil tersebut, atau melepasnya lalu mencucinya hingga bersih. Sehingga jok mobil Anda akan selalu terhindar dari noda maupun jamur.

    Deskripsi model cover jok mobil

    Pada pengaplikasiannya, terdapat dua model cover jok mobil yang biasa digunakan. Model ini memiliki tujuan yang sama yaitu untuk membuat penampilan interior di dalam kabin mobil menjadi lebih nyaman. Selain itu untuk menjaga kebersihan dari jok mobil tersebut.

    Tipe Khusus atau Permanen

    Tipe ini dibuat secara khusus agar sesuai dengan model mobil Anda. Ukurannya pas dengan jok mobil sehingga cocok bagi Anda yang mengutamakan desain interior.

    Hasil akhirnya pun mulus seperti tanpa cover jok mobil. Produknya tidak menyisakan celah dan tidak akan bergeser saat digunakan. Harganya memang cenderung lebih tinggi dan membutuhkan waktu untuk pemasangan. 

    Tipe Universal

    Produknya mudah dipasang dan dilepas kembali. Bentuknya dibuat universal sehingga kompatibel untuk banyak model mobil. Tipe ini cocok untuk Anda yang sering mencuci cover jok mobil. Anda yang hanya ingin memakainya saat dibutuhkan juga dapat memilih tipe universal.

    Dari segi harga, tipe ini relatif lebih terjangkau. Jadi, tidak ada salahnya Anda memiliki beberapa produk sebagai cadangan. Tipe universal memiliki beberapa metode pemasangan. Ada yang sepenuhnya menutup jok mobil, diikat dengan tali, atau yang menempel dengan karet anti selip.

    Baca juga: Cara Mudah Cegah Jok Kulit Mobil Berjamur

    Kelebihan dan kekurangan jenis cover jok mobil

    Setiap material yang digunakan pada cover jok mobil memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri. Maka dari itu sebelum memilih perlu memperhatikan kelebihan dan kekurangannya.

    • Kulit

    Kelebihan:

    1. Lebih stylish
    2. Penampilan lebih baik
    3. Mudah dibersihkan
    4. Tidak mudah basah
    5. Elegan

    Kekurangan:

    1. Tidak nyaman ketika cuaca panas
    2. Mahal
    3. Noda mudah terlihat (cepat kotor)
    4. Mudah rusak jika tidak mendapatkan perawatan
    • Semi Kulit

    Kelebihan:

    1. Tahan lama
    2. Mudah dibersihkan
    3. Harga terjangkau
    4. Tersedia banyak pilihan bahan maupun warna

    Kekurangan:

    1. Sulit untuk diperbaiki
    2. Kualitas cenderung buruk
    3. Kurang nyaman
    • Kulit Sintetis

    Kelebihan:

    1. Indah dan murah
    2. Ramah untuk manusia dan hewan peliharaan
    3. Mempunyai berbagai macam warna
    4. Mudah dalam hal dibersihkan dan perawatan
    5. Tidak mudah retak seperti kulit asli
    6. Tidak mudah kusam terkena sinar matahari

    Kekurangan:

    1. Kurang mengkilap tidak seperti kulit asli
    2. Tidak mengeluarkan aroma seperti kulit asli.
    3. Mudah melar
    4. Mudah robek dan rusak
    • Kain atau fabric

    Kelebihan:

    1. Tahan terhadap goresan
    2. Mudah dibersihkan
    3. Harga yang terjangkau
    4. Ketahanan
    5. Tidak menyerap cairan yang tumpah diatasnya

    Kekurangan:

    1. Mudah memudar dengan cepat
    2. Mudah lapuk (keropos)

    Harga cover jok mobil

    Harga dari cover jok mobil ditentukan mulai dari material, model hingga warna. Pada setiap pilihan pasti memiliki patokan harga tersendiri. Namun pada umumnya, bila menggunakan material dan desain yang sederhana biasanya memiliki harga dasar tersendiri.

    Berikut harga cover jok mobil:

    Kulit

    Sebagai material paling mahal, menggunakan kulit asli sebagai cover jok mobil memang memberikan kesan kemewahan tersendiri. Perasaan nyaman dan empuk saat menggunakannya pun berbeda dari material lain.

    Untuk kisaran harga cover jok mobil ini berada di kisaran Rp5 juta untuk sebuah mobil sedan. 

    Semi Kulit 

    Material ini terkadang menjadi salah satu pilihan untuk menjadi cover jok mobil. Memiliki beragam pilihan warna, kualitasnya pun agak lebih rendah dari kulit. Untuk mendapatkan cover jok mobil berbahan semi kulit ini dipatok dengan harga kisaran Rp3,5 jutaan untuk mobil sedan..

    Kulit Sintetis

    Sebagai material yang banyak dipilih, kulit sintetis memang lebih praktis dan tahan air. Mudah dibersihkan serta memiliki banyak pilihan warna serta modelnya membuat material ini banyak dipilih. Selain itu harganya cukup terjangkau yaitu dari Rp1 hingga Rp2 jutaan untuk mobil sedan.

    Kain atau fabric

    Material ini biasanya digunakan untuk jok mobil universal. Mudah dibersihkan dan dicuci, cover jok mobil dari kain ini memiliki harga yang paling ekonomis. Namun bila Anda memilih cover jok mobil berbahan fabric seperti asli bawaan mobil tentu harganya akan jauh berbeda.

    Itulah ulasan mengenai cover jok mobil yang dapat menjadi referensi Anda apabila ingin menggunakannya untuk mobil kesayangan Anda. Pastikan memilih sesuai budget dan kebutuhan.

    Kalau soal menjual mobil, pilih yang pasti aja yaitu di dealer OLX Autos yang dapat memberikan penawaran terbaik serta pembayaran instan.

    Jual mobil dengan mudah, tanpa mengorbankan waktu, tenaga, dan langsung terjual di OLX Autos! Proses jual mobil di OLX sangat mudah, dan kamu bisa langsung mendapatkan pembayaran instan setelah deal. Tanpa biaya tersembunyi alias no hidden fee!

    GIIAS 2023
    Populer
    Berita Terkait