Senin, Mei 27, 2024
Lainnya
    InformasiJenis dan Tipe Coating Mobil dan Kisaran Biayanya

    Jenis dan Tipe Coating Mobil dan Kisaran Biayanya

    Jika kamu tertarik melakukan coating, maka pahami 5 jenis dan tipe serta kisaran harga coating mobil melalui artikel ini.

    News.OLX – Salah satu cara terbaik untuk merawat mobil, khususnya bagian eksterior adalah dengan melakukan coating. Proses pelapisan ini dapat menjaga tampilan mobil tetap bagus serta mencegah percepatan kerusakan pada cat di bodi.

    Dengan keuntungan seperti itu, mungkin banyak yang menganggap harga coating mobil sangat mahal.

    Padahal tidak juga loh! Harganya sangat bervariasi, dari yang paling mahal sampai yang termurah. Perbedaan harga coating mobil bergantung pada tipe coating yang dipakai.

    Setidaknya ada lima tipe coating kendaraan, yaitu powder, ceramic, nano, sealant, serta waxing coating. Yuk kita bahas satu persatu!

    Harga Coating Mobil

    1. Powder

    Dari lima tipe coating tersedia saat ini, tipe powder merupakan coating paling mahal, karena kisaran harganya Rp3 juta sampai Rp7 jutaan.

    Mahalnya harga coating tersebut diakibatkan oleh kualitas material yang  bagus, keras, serta berdaya tahan tinggi. Daya tahan tersebut membuatnya bisa bertahan dari korosi dan goresan-goresan di bodi.

    Sama seperti namanya, bentuk coating ini adalah bubuk atau serbuk kering yang berbahan dasar termoplastik atau termoset. Daya tahannya mampu mencapai tahunan.

    Proses pengaplikasian tipe pertama ini yaitu menyemprotkan bubuk coating memakai metode elektrostatik di permukaan bodi mobil. Setelah disemprotkan, proses pengerasan sekaligus pengeringannya melewati proses penjemuran memakai sinar ultraviolet.

    2. Ceramic

    Harga coating jenis ini juga sama dengan tipe powder, di kisaran Rp3 jutaan sampai Rp7 jutaan, serta memiliki daya tahan tinggi.

    Menggunakan bahan dasar ceramic yang terbuat dari silikon dioksida, coating ini memiliki daya tahan dan perlindungan ceramic lumayan lama. Dengan begitu, ceramic tepat bagi kamu yang ingin memiliki perlindungan untuk cat mobil jangka panjang.

    Cara pengaplikasiannya adalah melalui pengolesan ceramic tersebut ke semua permukaan bodi mobil yang ingin diberikan perlindungan.

    3. Nano

    Bahan dasar coating nano serupa dengan ceramic, yaitu silikon dioksida, tapi kualitas dan daya tahan lebih kurang dibandingkan ceramic. Harganya pun lebih terjangkau, yaitu Rp2 juta sampai Rp5 jutaan.

    Penggunaan silikon dioksida tersebut mampu menyediakan perlindungan cukup bagus karena dia dapat mengisi celah-celah di cat mobil yang akan kamu lapisi. Hal ini terjadi karena memang ukuran dari materialnya sangat kecil atau nano.

    Hasil akhir dari coating nano ini sangat bagus, yaitu mengkilap dengan ketahanan terhadap goresan ringan cukup bagus.

    4. Sealant

    Sealant coating adalah yang paling murah, karena harga coating mobil ini sekitar Rp500 ribu sampai Rp1 jutaan. Murahnya harga yang diberikan pada tipe pertama ini akibat penggunaan bahan sintetis yang tergolong terjangkau.

    Meskipun murah, kualitasnya cukup bagus dan memiliki ketahanan selama tiga sampai enam bulan. Cara memasang coating ini sangat mudah, yaitu dengan melapiskan sealant tersebut secara tipis-tipis.

    5. Waxing

    Sama seperti sealant coating, harga waxing coating juga termasuk yang paling terjangkau, yaitu Rp500 ribu sampai Rp1 jutaan.

    Material coating ini menggunakan lilin, sehingga daya tahannya untuk melindungi permukaan mobil memang tidak terlalu lama, yaitu tiga sampai enam bulan.

    Meskipun begitu, selama bekerja merawat mobil, perlindungan dari waxing ini tetap bagus, khususnya merawat cat dari berbagai jenis kerusakan ringan.

    Dengan lima variasi harga tersebut, kamu dapat melihat bahwa ada coating yang terjangkau hingga mahal. Masing-masing mempunyai kelebihan masing-masing, sehingga kamu bisa memutuskan coating yang sesuai dengan budget ataupun kebutuhan.

    Nah, selain mendapatkan informasi mengenai kisaran harga coating mobil tersebut, kamu juga bisa cek berbagai info menarik lainnya di OLX. Jangan lupa unduh aplikasinya di Google Play Store dan App Store!

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait