Selasa, Mei 28, 2024
Lainnya
    Motor8 Jenis Motor Custom yang Banyak Ditemui di Indonesia

    8 Jenis Motor Custom yang Banyak Ditemui di Indonesia

    Sepeda motor merupakan salah satu jenis kendaraan yang cukup banyak dimodifikasi. Modifikasi yang dilakukan pun berupa modifikasi mesin hingga mengubah bentuk dari bodi motor yang akhirnya disebut sebagai motor custom.

    Banyak dari pecinta otomotif ini melakukan modifikasi dengan berbagai aliran dan mengikuti sebuah tren yang tengah berkembang. Tidak jarang modifikasi motor ini kerap menarik banyak perhatian ketika diadakan sebuah pameran.

    Meski modifikasi motor ini tidaklah murah, namun banyak sekali yang menyukainya. Selain itu untuk modifikasi tertentu terkadang tidak bisa digunakan bebas di jalan raya.

    Namun ada beberapa aliran modifikasi motor yang masih bisa digunakan. Sebenarnya cukup banyak sekali jenis motor custom di dunia. Namun untuk di Indonesia sendiri ada beberapa yang sangat digemari dan banyak ditemui ketika diadakan acara motor.

    Baca juga: 7 Cara Memilih Motor Bekas Agar Tak Menyesal

    Berikut 8 jenis motor custom yang banyak ditemui di Indonesia:

    Cafe Racer

    Cafe racer
    Cafe Racer (pixabay)

    Cafe Racer merupakan salah satu jenis motor custom yang sampai saat ini banyak diminati pecinta otomotif. Untuk membuat motor custom cafe racer pun tidaklah rumit. 

    Sudah dikenal banyak orang, aliran custom motor ini terinspirasi jenis motor balap jaman dahulu yang memiliki ciri khas jok single seater serta memiliki bentuk tangki bahan bakar yang cukup ramping dan memanjang. 

    Selain itu jenis stang motor ini membuat posisi badan pengendara jadi terlihat menunduk ketika mengendarai motor ini. Sehingga motor ini tidak cocok untuk motor harian.

    Scrambler

    Scrambler
    Scrambler (pixabay)

    Motor custom jenis scrambler memang memiliki kemiripan dengan Café Racer, meskipun mirip keduanya jelas berbeda. Sayangnya, masih ada yang berpikir keduanya adalah motor custom jenis yang sama. 

    Scrambler adalah motor custom yang diperuntukkan untuk pemakaian jalanan aspal dan jalanan non-aspal. Lihat saja ban dual-purpose yang digunakan. 

    Ban jenis tersebut pas digunakan di jalanan utama maupun jalanan desa atau pinggiran yang penuh debu dan cukup liar. Scrambler juga menggunakan stang motor sport. Modifikasi Scrambler ini untuk kamu yang sering keluar masuk kota dan pedesaan.

    Brat Style

    Brat style
    Brat style (pixabay)

    Motor custom Brat Style ini memiliki penampilan yang sederhana. Brat Style ini dikenal di Indonesia pada tahun 2000. Brat Style bukan aliran motor custom melainkan sebuah nama bengkel khusus custom yang ada di Jepang bernama Brat Style.

    Gaya identik jenis motor ini yaitu memiliki ban besar yang bermotif klasik pada bagian depan dan belakangnya, lalu memiliki tangki chopper  dan stang semi hanger. Style Brat Style ini memang sangat mirip dengan model bobber.

    Baca juga: 6 Cara Motor Bisa Ngebut Tanpa Harus Bore Up

    Bobber

    Motor custom bobber
    Bobber (pixabay)

    Bagi kalian pecinta motor Harley Davidson, sudah pasti familiar dengan gaya motor custom satu ini. Karena mulanya, jenis motor custom ini diperuntukkan bagi pengendara ‘Hogs’ atau Harley Davidson. Namun seiring berjalannya waktu, gaya motor ini mulai diadaptasi pada merk roda dua lainnya.

    Awalnya motor ini disebut Bob-Job di dekade 30-an sampai 90-an. Bobber ini merupakan saingan dari Chopper. Keduanya sering dibandingkan dan diperdebatkan mana yang lebih baik. Bobber lebih menitikberatkan pada performa, sementara Chopper lebih menitikberatkan pada desain dan tampilan.

    Bobber memiliki tampilan seperti misil atau roket berotot yang siap menerjang apapun di jalan. Pastinya pengendara akan mendapatkan aura gahar sekaligus intimidatif dari motor custom ini. Tampilan bobber memang cukup khas, yaitu memiliki ciri fender depan yang dilepas, wheelbase yang cukup pendek, stang motor rendah, serta menggunakan jenis ban besar.

    Chopper

    Chopper
    Chopper (pixabay)

    Jenis motor yang memiliki tampilan yang khas, sangat mudah bagi kita untuk mengidentifikasi motor custom yang satu ini. Chopper adalah motor custom khas dengan ukuran ban depan lebih besar dari ban belakang. 

    Selain ukuran ban yang tidak sama, motor ini memiliki stang yang lebih tinggi dari motor biasanya, posisi jok lebih rendah dengan ukuran yang panjang. Chopper ini cocok bagi kamu yang menikmati perjalanan panjang di jalanan mulus yang tidak perlu banyak bermanuver. 

    Street Cub

    Salah satu jenis motor custom yang cukup ekonomis dibandingkan dengan motor custom lainnya. Street Cub bisa menjadi jawaban anda apabila ingin memiliki motor custom dengan budget yang murah.

    Jenis motor ini memiliki bahan yang mudah ditemukan dan tidak membutuhkan banyak bahan tambahan. Kalian dapat menggunakan motor besutan dari Honda seperti Astrea Grand, Prima, Impresa dan C-Series. Harga motor-motor tersebut cukup murah.

    Street Cub ini dapat menyulap motor bebek klasik menjadi lebih keren dan berotot, namun tidak menghilangkan jati dirinya sebagai motor bebek. Street Cub memiliki stang flat bar, sementara bagian belakang spakbor motor dihilangkan. Komponen pada motor ini jarang yang mahal.

    Moped

    Jenis motor custom Moped ini memiliki tujuan membuat motor bebek atau motor harian kalian terlihat lebih keren dari sebelumnya. Walaupun tidak banyak perubahan yang dapat kita rasakan dari sisi mesin dan performa.

    Karena sasaran modifikasi ini bukan untuk meningkatkan performa tetapi meningkatkan desain dan style.Moped ini dirancang untuk pengguna motor transportasi sederhana, sehingga apabila ingin melakukan modifikasi maka tidak akan terlalu mengeluarkan uang yang banyak. 

    Karena dasarnya motor ini didesain untuk transportasi sederhana dengan daya motor rendah dan berpedal.

    Baca juga: Spesifikasi dan Harga Kawasaki Ninja H2R, Motor Tercepat Di Dunia!

    Tracker

    Motor Tracker adalah motor dengan fungsi yang dinamis. Motor ini bisa tangguh di jalanan aspal dan jalanan non-aspal. Tidak mengherankan jika banyak orang memilih modifikasi ini dengan maksud bisa digunakan di medan mana saja. 

    Tracker memang tangguh di tanah berpasir dan garang di jalanan kota. Jenis motor custom Tracker ini paling banyak variasinya. 

    Kamu bisa memilih antara Board, Dirt, Street, dan jenis motor Tracker lainnya. Bukan tidak mungkin di masa depan, akan muncul variasi baru dari motor Tracker yang lebih ekstrim dan mencengangkan jagat modifikasi motor custom.

    Nah, itulah 8 jenis motor custom yang paling banyak ditemui di Indonesia. Setiap jenis aliran custom memiliki kekurangan dan kelebihan tersendiri. Namun kembali lagi, untuk mengcustom sebuah motor tentu sebuah selera pemilik kendaraan.

    Kalau soal menjual mobil, percayakan kepada yang pasti yaitu OLX Autos yang dapat memberikan penawaran terbaik serta pembayaran instan tanpa hidden fee.

    Jual mobil dengan mudah, tanpa mengorbankan waktu, tenaga, dan langsung terjual di OLX Autos! Proses jual mobil di OLX sangat mudah, dan kamu bisa langsung mendapatkan pembayaran instan setelah deal. Tanpa biaya tersembunyi alias no hidden fee!

    GIIAS 2023
    Populer
    Berita Terkait