Jumat, Mei 24, 2024
Lainnya
    InformasiJenis-jenis dan Harga Shockbreaker Belakang Motor

    Jenis-jenis dan Harga Shockbreaker Belakang Motor

    Sebelum ganti, yuk ketahui dulu jenis-jenis dan harga shockbreaker belakang motor biar kamu nggak salah pilih!

    News.OLX – Kamu pasti tahu bahwa harga shockbreaker belakang motor bervariasi tergantung dari kualitasnya. Apalagi komponen ini adalah salah satu yang paling vital dalam sepeda motor.

    Bagian ini memiliki peran utama dalam menopang beban sepeda motor serta meredam getaran dan hentakan dari permukaan jalan yang tak selalu mulus.

    Tidak hanya itu, kamu juga akan merasakan manfaatnya dalam kenyamanan berkendara, membuat jok lebih empuk, dan mengendalikan stabilitas saat melibas jalan berliku atau berlubang. Di artikel ini, kita akan membahas berbagai jenis shockbreaker belakang yang tersedia di pasaran, beserta estimasi harga.

    1. Suspensi belakang ganda (Dual shock dual swing arm)

    Shockbreaker jenis ini mendapat julukan dual shock dual swing arm karena komponen ini berdiri secara vertikal di atas dua buah swing arm yang mengapit ban belakang. Hal ini membantu dalam menopang beban serta meredam hentakan dari jalan yang tidak sempurna.

    Baca juga: Fungsi Tabung Shockbreaker Motor

    Beberapa produk bahkan dilengkapi dengan fitur sub tank reservoir dan pengatur ketinggian untuk meningkatkan performa dan kenyamanan.

    Namun, seiring dengan perkembangan teknologi dan desain sepeda motor, jenis shockbreaker ini menjadi kurang umum karena tergantikan oleh variasi yang lebih canggih.

    Meski begitu, masih ada penggemar setia dari suspensi belakang ganda yang mengapresiasi keandalannya. Beberapa produk saja yang masih mengaplikasikan shockbreaker ini, seperti Honda CB150 Verza, skutik besar seperti PCX160 dan ADV160.

    Selain itu, semua jenis motor bebek seperti Honda Revo series dan Honda Supra-X 125R masih menggunakan tipe tersebut.

    2. Suspensi belakang tunggal (Monoshock)

    Selanjutnya, kita akan membahas suspensi belakang tunggal atau yang lebih populer dengan sebutan Monoshock. Jenis ini hampir digunakan pada semua produk sepeda motor saat ini, baik itu produk skutik maupun motor sport. Suspensi jenis ini terbagi lagi dalam beberapa tipe dan model yang menarik untuk dijelajahi.

    3. Monoshock dual swing arm

    Mono shock dual swing arm memiliki posisi shock breaker berdiri tegak secara vertikal tepat berada di tengah dan dilengkapi dengan sistem Prolink. Prolink adalah teknologi Honda yang mengintegrasikan suspensi belakang dengan dua swing arm yang mengapit ban belakang.

    Baca juga: Empat Produk Shockbreaker Motor KYB OC Series Meluncur

    Sistem ini memberikan manfaat tambahan dalam meningkatkan stabilitas dan respons saat melibas tikungan pada kecepatan tinggi. Pengendara motor sport sering menghargai performa yang superior dari jenis monoshock ini.

    Beberapa contoh motor yang menggunakan model monoshock ini terlihat pada sepeda motor sport seperti Honda CBR Series, Supra GTR150. Hampir semua produk motor Big Bike juga menggunakan model suspensi tersebut.

    4. Mono shock single swing arm

    Serupa dengan monoshock dual  swing arm, shock breaker single swing arm berdiri tegak secara vertikal, tetapi hanya ada satu swing arm yang mengapit ban belakang.

    Hal ini membantu menciptakan desain yang lebih ramping pada sepeda motor, yang sesuai dengan gaya skutik dan motor sport yang lebih futuristik.

    Baca juga: Ketahui Penyebab Kerusakan Shockbreaker Mobil dan Cara Mengatasinya

    Jenis suspensi ini biasanya digunakan untuk produk skutik seperti Honda BeAT, Genio, Scoopy, Vario series, dan beberapa produk moge untuk mendukung tampilan yang lebih sporty dan eksotis.

    Selain itu, ada varian monoshock k dengan posisi shockbreaker yang lebih horizontal, dikenal dengan sebutan model horizontal back link suspension.

    Jenis ini bisa ditemukan pada beberapa produk tertentu, dan mereka memiliki karakteristik yang berbeda dalam meredam hentakan dan getaran jalan.

    5. Quad rear suspension

    Meskipun tidak umum digunakan di Indonesia, model quad rear suspension ini sangat populer di negara tetangga Filipina. Hal ini terutama untuk kendaraan sepeda motor yang digunakan untuk keperluan bisnis seperti pertanian dan perkebunan karena mampu membawa barang bawaan dengan kinerja berat.

    Baca juga:  Begini Cara Menjaga Shockbreaker Lebih Panjang Umur

    Quad rear suspension sendiri menggunakan empat buah suspensi yang ditempatkan di bawah bagian belakang motor.

    Hal ini memberikan kemampuan untuk menopang beban yang lebih besar daripada jenis suspensi lainnya. Biasanya, sepeda motor dengan quad rear suspension memiliki desain yang kokoh dan tangguh.

    6. Plunger rear suspension

    Terakhir, kita memiliki Plunger Rear Suspension. Ini adalah jenis suspensi belakang yang digunakan pada motor-motor jaman dulu dan saat ini sudah tidak lagi digunakan secara luas.

    Meski demikian, ini adalah bagian dari sejarah perkembangan sepeda motor yang menarik untuk dipelajari. Komponen suspensi ini mirip dengan dualshock, namun pada bagian dalamnya terdapat spring.

    Terdapat dua plunger yang terletak di bagian samping roda belakang motor, dan ketika terjadi tekanan, maka roda belakang akan bergerak dengan arah vertikal secara unik dan berbeda dengan suspensi belakang pada umumnya.

    harga shockbreaker (1)

    Harga shockbreaker motor

    Saat kamu memutuskan untuk mengganti atau memperbaiki shockbreaker belakang motor kamu, harga adalah salah satu pertimbangan penting.

    Harga shockbreaker belakang motor dapat bervariasi tergantung pada jenis, merek, dan kualitasnya. Berikut ini adalah perkiraan harga untuk berbagai jenis shockbreaker belakang motor:

    1. Shockbreaker YSS

    Merk YSS adalah salah satu yang paling terkenal dalam produksi shockbreaker motor matic. Berasal dari Thailand, YSS telah menghasilkan banyak seri shockbreaker berkualitas tinggi. Produk-produk mereka dikenal karena kualitas yang sangat baik dan sering digunakan oleh berbagai merek motor matic.

    Baca juga: Shockbreaker Motor Ini Bisa Tahan Bobot Ekstrim Sampai 400 Kg

    YSS menawarkan berbagai jenis shockbreaker, mulai dari yang berbentuk tabung hingga standar. Keunggulan YSS adalah kemampuan untuk mengatur tingkat kekerasan, serta desainnya yang cenderung sporty.

    Namun, harga shockbreaker YSS bisa mencapai kisaran Rp 6 jutaan, terutama untuk seri motor G Sport. Harganya juga bisa lebih tinggi untuk sepeda motor tertentu seperti Yamaha Lexi, NMAX, atau Honda Forza 250.

    2. Shockbreaker Showa

    Showa adalah merek lain yang menyediakan shockbreaker motor matic berkualitas tinggi. Shockbreaker Showa bahkan digunakan sebagai shock belakang bawaan oleh Honda untuk seri ADV 150. Produk-produk Showa juga digunakan pada berbagai sepeda motor, termasuk motor besar seperti Honda CBR600.

    Baca juga: Empat Produk Shockbreaker Motor KYB OC Series Meluncur

    Merk ini juga memiliki variasi yang mencakup shockbreaker depan, baik tipe upside down maupun teleskopik. Harga shockbreaker Showa bervariasi tergantung pada kualifikasi seri motor yang digunakan, semakin baik kualifikasinya, semakin mahal harganya.

    3. Shockbreaker Ohlins

    Ohlins adalah merk premium asal Swedia yang terkenal akan produk berkualitas tinggi mereka. Merek ini dikenal karena kemampuannya menciptakan kenyamanan berkendara, bahkan di jalan yang tidak rata.

    Semua shockbreaker Ohlins melewati proses riset yang panjang dan uji coba sebelum dipasarkan. Meskipun fokus pada motor matic, mereka juga melayani beberapa motor besar seperti Aprilia, Kawasaki, dan Ducati.

    Baca juga: Ketahui Penyebab Kerusakan Shockbreaker Mobil dan Cara Mengatasinya

    Keunggulan Ohlins adalah fitur plug and play (PNP) yang memudahkan pemasangan. Namun, mereka belum menyediakan shockbreaker belakang dalam versi tabung.

    4. Shockbreaker Kayaba

    Kayaba adalah merk yang sering digunakan sebagai shockbreaker bawaan pada beberapa seri motor matic dari Suzuki, Yamaha, dan Honda. Merek ini menawarkan produk berkualitas dengan harga yang lebih terjangkau dibandingkan beberapa pesaingnya.

    Shockbreaker Kayaba biasanya dibanderol dengan harga yang cukup ramah di kantong, sehingga sangat populer di kalangan pengendara sepeda motor.

    Ada berbagai tipe Kayaba, salah satunya adalah seri Zeto yang memiliki fitur Adjustable untuk mengatur tingkat kekerasan. Namun, seri versi tabungnya bisa memiliki harga yang lebih tinggi, bahkan mencapai 2 jutaan.

    5. Shockbreaker DBS

    DBS adalah merk yang menawarkan shockbreaker motor matic berkualitas dengan harga yang terjangkau. Meskipun harganya lebih terjangkau, kualitas produk DBS dianggap setara dengan shockbreaker premium. Produk DBS memiliki fitur-fitur yang menarik dan dapat memenuhi kebutuhan pengendara sepeda motor.

    Baca juga: 6 Cara Motor Bisa Ngebut Tanpa Harus Bore Up

    Shockbreaker DBS tersedia dalam berbagai varian dengan harga mulai dari Rp 100 ribuan hingga Rp 1 jutaan. Namun, versi standar yang lebih terjangkau mungkin tidak sekuat versi tabung.

    6. Shockbreaker KTC

    KTC adalah merk shockbreaker khusus untuk sepeda motor dari Taiwan. Merek ini menawarkan produk-produk berkualitas tinggi dengan teknologi dan proses manufaktur yang setara dengan merk-merk Jepang.

    Shockbreaker KTC memiliki harga yang cukup tinggi, mencapai Rp 1,5 jutaan, tetapi menjamin kepuasan pengguna dengan kualitas unggulnya. KTC juga dapat digunakan pada beberapa motor besar seperti Aprilia, Kawasaki, dan Ducati.

    7. Shockbreaker Ride IT

    Ride IT adalah merk yang menawarkan shockbreaker berkualitas dengan harga yang terjangkau. Harga shockbreaker dari Ride IT berada di bawah Rp 1 juta, menjadikannya pilihan yang baik bagi pengendara yang memiliki anggaran terbatas.

    Produk-produk Ride IT cukup lengkap dan dapat digunakan untuk berbagai jenis motor matic, termasuk Honda Vario, Beat, dan Scoopy. Namun, ukurannya cenderung lebih berat daripada beberapa pesaingnya.

    8. Shockbreaker V-Rossi

    Merk V Rossi, terkenal dengan produk velg, juga menawarkan shockbreaker motor matic berkualitas tinggi dengan harga yang terjangkau. Produk V Rossi dijual dengan harga di bawah Rp 1 juta, menjadikannya pilihan yang baik untuk pengendara dengan anggaran terbatas. Namun, shockbreaker V Rossi mungkin kurang empuk saat digunakan di medan yang berat. Produk ini cocok untuk penggunaan sehari-hari di jalan yang lebih halus.

    Baca juga: Ini Komponen Mobil yang Wajib Diperiksa Saat Tune Up

    Itu adalah beberapa contoh shockbreaker motor beserta rekomendasinya. Penting untuk diingat bahwa harga dapat berubah tergantung pada faktor-faktor seperti merek, kualitas, dan negara asal produsen.

    Selain itu, jika kamu ingin memasang shockbreaker belakang baru, kamu mungkin perlu mempertimbangkan biaya tambahan untuk pekerjaan bengkel atau tenaga mekanik.

    Ketika memilih shockbreaker belakang yang sesuai untuk sepeda motor kamu, pertimbangkan jenis sepeda motor yang kamu miliki, gaya berkendara, dan anggaran yang tersedia.

    Pemilihan yang tepat akan memastikan bahwa sepeda motor kamu tetap aman, nyaman, dan siap melibas segala kondisi jalan dengan baik. Selamat berkendara dengan sepeda motormu yang baru dan ditingkatkan!

    Kamu bisa mendapatkan informasi menarik lainnya seputar otomotif di OLX Member of ASTRA. Selain itu, kamu juga cari mobil dan motor bekas impianmu dengan mengakses OLX melalui aplikasi dengan mengunduhnya di Play Store dan App Store.

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait