Rabu, Mei 29, 2024
Lainnya
    LainnyaKepala Silinder Mobil: Fungsi, Komponen, dan Cara Kerjanya

    Kepala Silinder Mobil: Fungsi, Komponen, dan Cara Kerjanya

    Merawat dan menjaga performa mesin agar selalu maksimal adalah tanggung jawab utama pemilik mobil. Mesin yang bekerja prima, akan membuat pengemudi nyaman saat berkendara. Salah satu komponen yang penting untuk dirawat adalah kepala silinder mobil.

    Kepala silinder adalah komponen di mesin pembakaran mobil yang berada di atas silinder blok dengan diikat oleh baut khusus. Salah satu peran penting komponen ini adalah menghasilkan tenaga mesin di ruang pembakaran.

    Umumnya, kepala silinder terbuat dari baja dan aluminium alloy yang memiliki daya tahan kuat terhadap tekanan dan panas. Daya tahan ini menjadi penting mengingat di dalam kepala silinder terjadi proses pembakaran.

    Baca juga: Pemilik Kendaraan Wajib Tahu! Perbedaaan Blok Silinder dan Kepala Silinder

    Lalu, apa saja fungsi kepala silinder pada mobil? Simak ulasan berikut supaya Anda lebih mengenal komponen ini.

    Fungsi Kepala Silinder

    Cara kerja kepala silinder mobil
    Kepala Silinder Mobil (suzuki.co.id)

    Komponen ini memiliki fungsi yang cukup banyak dibanding komponen lain. Fungsi utamanya berkaitan dengan aspek pembakaran pada mesin kendaraan. Berikut adalah fungsi kepala silinder menurut website resmi Auto2000.

    1. Tempat Pembakaran Mesin

    Fungsi utama dari kepala silinder adalah menjadi tempat pembakaran mesin. Hal ini dikarenakan di dalam kepala silinder terdapat ruang bakar yang berguna untuk meledakkan campuran udara dan bahan bakar agar mesin bisa berjalan.

    Secara umum, terdapat berbagai bentuk ruang bakar di kepala silinder. Terdapat model wedga yang berbentuk segitiga siku-siku, model pentroof yang berbentuk segitiga sama kaki, dan model hemispheric yang berbentuk parabola.

    2. Tempat Memasang Busi

    Salah satu komponen yang ada di kepala silinder adalah busi. Busi berfungsi menciptakan api awal untuk proses pembakaran di ruang bakar. Tanpa adanya busi, mesin tidak akan bisa menghasilkan tenaga yang menyebabkan mobil tidak bisa bergerak.

    Posisi busi biasanya ada di dalam ruang bakar untuk memantik api.

    3. Tempat Kerja Oli Pelumas

    Komponen lain yang ada di kepala silinder adalah barisan saluran oli untuk mengalirkan cairan ini ke pompa. Sehingga komponen-komponen katup yang ada di kepala silinder dapat terlumasi dengan baik.

    Oli yang melumasi mesin akan membuat gesekan terminimalisir dan juga lancar. Saluran oli ini juga terhubung dengan komponen lain yang ada di dalam silinder blok mesin. Blok mesin juga memiliki saluran oli, dan kombinasi keduanya akan membuat mesin bekerja dengan baik.

    4. Tempat Sirkulasi Air Pendingin

    Hal utama yang wajib diketahui adalah mesin tidak boleh berada di kondisi panas dalam waktu yang lama. Jika hal itu terjadi, maka mesin akan mengalami overheat. Inilah alasan kenapa di dalam kepala silinder terdapat tempat air pendingin untuk melakukan sirkulasi di water jacket.

    Suhu mesin biasanya naik saat terjadi proses pembakaran. Dengan adanya air pendingin dan water jacket, suhu bisa distabilkan sehingga kembali berada di angka normal.

    5. Tempat Kelengkapan Mekanisme katup

    Mekanisme katup merupakan bagian yang sangat penting di kepala silinder. Hal ini dikarenakan fungsinya untuk mengatur kapan valve intake dan exhaust terbuka dan tertutup secara otomatis.

    Umumnya mekanisme katup memiliki komponen yang berbeda-beda. Hal tersebut bergantung dari model kepala silinder yang digunakan.

    6. Saluran Intake dan Exhaust

    Fungsi terakhir dari kepala silinder adalah menjadi tempat saluran intake dan exhaust. Saluran intake adalah kanal masuk udara ke dalam ruang bakar yang diatur oleh valve intake.

    Sedangkan saluran exhaust adalah kanal pembuangan asap dari hasil sisa pembakaran yang diatur oleh valve exhaust. Kedua komponen ini akan membuat mesin bersih dan terhindar dari berbagai masalah.

    Baca juga: Mengetahui Fungsi Blok Silinder Mobil, Komponen dan Cara Kerja hingga Memperbaiki Kerusakannya

    Komponen Kepala Silinder

    Komponen kepala silinder mobil
    Komponen Kepala Silinder Mobil (montirpintar.com)

    Hal selanjutnya yang penting untuk diketahui dari kepala silinder adalah komponen-komponen yang ada di dalamnya. Melansir dari situs resmi Suzuki di Indonesia, berikut adalah komponen-komponen dan kegunaannya.

    • Silinder blok, sebagai tempat pembakaran dan tempat kepala silinder dipasang.
    • Gasket, berfungsi dalam merapatkan kepala silinder dan silinder blok, yang menghindari dari kebocoran.
    • Busi, untuk menghasilkan percikan api dan membakar campuran bahan bakar, serta udara di ruang pembakaran.
    • Piston, mengubah tenaga panas yang dihasilkan di ruang pembakaran menjadi tenaga mekanik.
    • Ruang bakar (combustion chamber), sebagai tempat pembakaran.
    • Water Jacket, adalah saluran air pendingin untuk mendinginkan mesin yang panas. 
    • Valve guide, sebagai penghantar dari gerakan katup.
    • Valve lifter, untuk mengangkat katup pada silinder mesin kendaraan.
    • Valve intake, katup hisap untuk saluran masuknya bahan bakar. 
    • Valve exhaust, katup buang untuk saluran keluar hasil pembakaran.
    • Adjusting shim, sebagai pengatur celah katup.
    • Valve seat, untuk dijadikan dudukan kepala katup.
    • Oil seal, untuk merapatkan oli agar tidak bocor, karena oli yang bocor dapat menimbulkan masalah pada mesin nantinya.
    • Valve keepers, menjaga atau mengunci katup dengan pegas katup.
    • To intake manifold, untuk dihubungkan dengan exhaust manifold.
    • To exhaust manifold, untuk dihubungkan dengan intake manifold.

    Baca juga: Mengenal Piston Mobil, Komponen dan Fungsinya

    Cara Kerja Kepala Silinder

    Hal terakhir yang penting untuk diketahui adalah cara kerja kepala silinder. Komponen ini memiliki sifat statis yang berarti komponen ini tidak dapat bergerak. Karenanya tak heran bila fungsinya hanya sebagai penutup bagian atas blok silinder mobil.

    Apabila saluran tertutup dengan rapat maka proses pembakaran bahan bakar dan udara akan terjadi dengan lebih cepat. Selain itu, katup pada kepala silinder memiliki peran sebagai penyekat dan penyaring udara untuk diteruskan ke dalam pipa silinder.

    Nah, itulah Informasi lengkap mengenai kepala silinder yang wajib untuk diketahui. Setelah menyimak ulasan di atas pasti sedikit banyak sudah paham mengenai kepala silinder mobil baik fungsi, komponen, dan cara kerjanya.

    Kalau urusan mobil bekas, jangan lupa untuk #PilihYangPasti aja di OLX Autos yang dapat memberikan penawaran terbaik dan garansi pada unit yang Anda beli.

    Membeli mobil bekas yang aman digunakan di jalan tentu harus fokus pada Kualitasnya. #PilihYangPasti untung di OLX Autos. Kamu bisa pilih ribuan unit mobil dengan kualitas terbaik dan sudah melalui inspeksi. Sehingga bergaransi dan dijamin aman dan nyaman untuk berkendara bersama keluarga tercinta!

    GIIAS 2023
    Populer
    Berita Terkait