Jumat, Juni 21, 2024
Lainnya
    Tips & TrikHealing ke Semarang Naik Toyota Avanza Baru, Habis Berapa Bensinnya?

    Healing ke Semarang Naik Toyota Avanza Baru, Habis Berapa Bensinnya?

    Road trip ke Semarang pakai Avanza cuma abis Rp 600 ribuan!

    News.OLX – Semarang merupakan salah satu tujuan wisata yang tidak boleh ditinggalkan. Sebabnya, Semarang memiliki banyak peninggalan bangunan tempat ibadah bersejarah yang bisa menjadi unggulan pariwisata di sini.

    Ambil contoh, Kota Lama Semarang, Lawang Sewu, Sam Poo Kong, hingga Masjid Kauman yang sudah didirikan sejak awal abad 16.

     Belum lagi Semarang pernah meraih predikat sebagai Kota Terbersih di Asia Tenggara dalam ajang ASEAN Tourism Forum 2020. Tak ayal, Semarang wajib kamu kunjungi jika hendak berlibur ke tanah Jawa.

    Apalagi jika kamu mengunjungi Semarang dari Jakarta lewat jalur darat menggunakan mobil Toyota Avanza baru. 

    Kamu akan disuguhkan pemandangan nan indah yang dikerubungi gunung-gunung, namun tidak perlu khawatir menyoal biaya bahan bakar yang akan dikeluarkan. 

    Baca juga: Tips Membeli Toyota Avanza Bekas, Ini yang Harus Diperhatikan

    Soalnya, Toyota Avanza terkenal sangat irit dengan konsumsi bahan bakar mencapai 17,6 kilometer per liter. Lantas berapa estimasi biaya yang akan dikeluarkan jika kamu berkendara dari Jakarta ke Semarang menggunakan Toyota Avanza? Simak penjelasan berikut ini.

    Lintas Jakarta – Semarang

    1. Ruas Tol Jakarta-Cikampek

    Perjalanan dimulai dengan ruas Jakarta-Cikampek yang memiliki panjang sekitar 72 km. Untuk kendaraan golongan I seperti sedan, jip, pick-up, truk kecil, dan bus, tarif tolnya adalah Rp20.000.

    Ruas Jakarta-Cikampek juga dilengkapi dengan tujuh rest area yang bisa kamu singgahi. Rest area pertama berada di KM 19 A, kemudian diikuti oleh KM 39 A, KM 62 B, KM 32 B, KM 33 A, KM 52 B, dan KM 57 A. Waktu tempuhnya sekitar 45 menit dengan kondisi lalu lintas normal.

    2. Ruas Tol Cikopo-Palimanan

    Selanjutnya, ada ruas Cikopo-Palimanan yang panjangnya mencapai 116,75 km. Ruas ini adalah ruas tol terpanjang dalam perjalanan dari Jakarta ke Semarang. Tarif tol Jakarta-Semarang di ruas ini adalah sekitar Rp119.000 untuk kendaraan golongan I.

    Baca juga: Perbedaan Spesifikasi dan Fitur Toyota Avanza di Semua Tipe

    Seperti ruas Jakarta-Cikampek, ruas Cikopo-Palimanan juga memiliki beberapa titik rest area, yaitu di KM 86 A, KM 103 A, KM 86 B, dan KM 130 B. Estimasi waktu tempuhnya berkisar antara 1,5 hingga 2 jam jika arus lalu lintas lancar.

    3. Ruas Tol Palimanan-Kanci

    Setelah perjalanan yang cukup jauh, kamu akan masuk ke ruas tol Palimanan-Kanci yang memiliki panjang sekitar 26,3 km. Tarif untuk melalui ruas ini adalah Rp12.500.

    Karena jaraknya yang relatif pendek, kamu hanya akan membutuhkan sekitar 30 menit untuk melalui ruas ini. Selama perjalanan, kamu dapat beristirahat di dua titik rest area, yaitu KM 207 A dan KM 208+400 B.

    4. Ruas Tol Kanci-Pejagan

    Ruas Kanci-Pejagan memiliki panjang yang hampir sama pendeknya, sekitar 35 km, dan tarif tol Jakarta-Semarang sekitar Rp29.500. 

    Waktu tempuhnya tidak terlalu lama, diperkirakan sekitar 30-45 menit dengan asumsi arus lalu lintas dalam kondisi normal. Bagi pengguna jalan yang merasa lelah, kamu dapat beristirahat di rest area di KM 228+300 A dan KM 229 B.

    5. Ruas Tol Pejagan-Pemalang

    Setelah melalui ruas Kanci-Pejagan, kamu akan memasuki wilayah Jawa Tengah. Ruas Pejagan-Pemalang memiliki panjang 57,5 km dengan tarif sekitar Rp60.000. 

    Waktu tempuh yang dibutuhkan dalam kondisi normal, tanpa hambatan macet, adalah sekitar 45-60 menit. Ruas ini dilengkapi dengan rest area di KM 252 A, KM 275 A, dan KM 287 A.

    6. Ruas Tol Pemalang-Batang

    Selanjutnya adalah ruas Pemalang-Batang dengan panjang 39,19 km dan tarif tol Jakarta-Semarang sekitar Rp45.000. 

    Waktu tempuh yang diperlukan untuk melalui ruas ini adalah sekitar 30 menit. Karena ruas ini terbilang pendek, kamu hanya akan menemukan satu rest area di KM 33 A.

    7. Ruas Tol Batang-Semarang

    Ruas tol terakhir dalam perjalanan dari Jakarta ke Semarang adalah ruas Batang-Semarang (Simpang Susun Krapyak) yang memiliki panjang 75,6 km dengan tarif sekitar Rp86.000. 

    Ketika mencapai ujung ruas tol ini, kamu bisa langsung memasuki kota Semarang atau melanjutkan perjalanan ke Bandara Ahmad Yani Semarang. Terdapat rest area di KM 379 A, KM 391 A, KM 429 A, dan KM 389 B yang dapat kamu manfaatkan sebagai tempat beristirahat.

    Semarang (1)

    Total biaya

    Perjalanan dimulai dari Tol Tangerang-Merak, yang menghubungkan Jakarta dan Semarang melalui beberapa jalan tol utama. 

    Biaya tolnya diperkirakan sekitar Rp 377.500 untuk mencapai Batang-Semarang (Keluar Kalikangkung). Akan tetapi, tak lupa untuk mempertimbangkan faktor penting lainnya, yaitu biaya bahan bakar.

    Baca juga: Review Mobil Toyota Avanza G, MPV yang Jadi Pilihan Keluarga

    Dalam pengujian yang telah dilakukan, Toyota All New Avanza menunjukkan tingkat efisiensi konsumsi bahan bakar yang mengesankan, mencapai 17,6 kilometer per liter. 

    Dengan jarak sekitar 441 kilometer dari Jakarta ke Semarang, ini berarti kamu akan memerlukan sekitar 25 liter bahan bakar untuk mencapai tujuanmu.

    Penting juga untuk mempertimbangkan harga bahan bakar pada tanggal 12 Oktober 2023. Jika kamu memilih Pertalite dengan harga Rp 10.000 per liter, biaya bahan bakar akan menjadi sekitar Rp 250.000. 

    Namun, jika kamu memilih Pertamax dengan harga Rp 14.000 per liter pada tanggal yang sama, biaya bahan bakar akan naik menjadi sekitar Rp 350.000.

    Dengan demikian, total biaya perjalanan dari Jakarta ke Semarang dengan Toyota All New Avanza akan berkisar antara Rp 627.500 jika menggunakan Pertalite dan Rp 727.500 jika memilih Pertamax. 

    Meskipun ini hanyalah perkiraan, perjalananmu akan sangat dipengaruhi oleh berbagai faktor, seperti kondisi lalu lintas, cuaca, dan gaya mengemudi.

    Baca juga: Review Mobil Toyota Avanza E, Kendaraan Pilihan Keluarga yang Irit

    Selain informasi di atas, kamu bisa mendapatkan informasi menarik lainnya seputar otomotif di OLX Member of ASTRA. Kamu juga cari mobil bekas impianmu dengan mengakses OLX melalui aplikasi dengan mengunduhnya di Play Store atau App Store. (Rek/Z)

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait