Sabtu, Mei 25, 2024
Lainnya
    Tips & TrikPenyebab Kunci Mobil Susah Dicabut, Begini Cara Mengatasinya

    Penyebab Kunci Mobil Susah Dicabut, Begini Cara Mengatasinya

    Di jaman modern sekarang, hampir semua mobil menggunakan teknologi keyless system. Salah satu alasan mengapa produsen mobil sekarang lebih menggunakan keyless system pada kunci mobil untuk menghindari masalah yang sering terjadi pada komponen tersebut.

    News.OLX – Namun masih banyak juga ditemui pemilik mobil yang menggunakan kunci manual. Dan masalah yang sering terjadi adalah kunci tiba-tiba susah dicabut meski mesin mobil dalam keadaan mati. 

    Jika kamu mengalami hal tersebut, kamu pasti akan panik dan bingung, lalu memaksakan mencabut kuncinya. Hal tersebut dapat berakibat fatal karena kunci mobil bisa saja patah.

    Baca juga: Mobil Digoyang-Goyang Saat Isi Bensin, Apakah Perlu?

    Kok bisa kunci mobil tiba-tiba tidak bisa dicabut? Berikut ini adalah ulasan apa saja faktor penyebabnya mengapa hal tersebut bisa terjadi

    1. Keadaan posisi transmisi belum netral

    Pastikan kamu tidak tergesa-gesa saat mencabut kunci. Cek terlebih dahulu posisi transmisi di mobil kamu sebelum mencabut kunci. 

    Agar kunci mobil bisa dicabut, untuk mobil dengan transmisi manual tuas mobil harus tepat di posisi netral (N) atau posisi parking (P). 

    Sedangkan pada mobil transmisi otomatis, ketika gigi diatur ke posisi netral, drive, atau lainnya maka kunci tidak akan bisa dilepas. 

    2. Kunci bengkok atau aus

    Jika kamu terbiasa mencabut kunci dengan cara kasar atau intensitas pemakaian kunci mobil yang tinggi dapat menyebabkan kunci menjadi bengkok dan aus. Sehingga kunci akan sulit dicabut karena keadaan kunci tersebut sudah retak.

    3. Silinder kontak bermasalah

    Selain alasan diatas, mengapa kunci tidak bisa dicabut bisa juga karena silinder kontak yang bermasalah. Hal tersebut biasanya disebabkan oleh banyaknya tumpukan debu, serta pegas yang kurang sejajar. Sehingga kunci sulit dimasukkan atau dicabut.

    4. Terkuncinya kemudi

    Sistem pengunci kemudi sangat berguna untuk menjaga keamanan mobil sehingga mobil tidak berjalan sendiri. Namun, jika kemudi mobil terkunci maka kunci mobil akan sulit dicabut. 

    kunci mobil (4)

    Solusi mengatasi kunci mobil yang tidak bisa dicabut

    Jika kamu mengalami kunci mobil susah dicabut, maka kamu tidak perlu takut atau panik. Tetap tenang agar kamu bisa berpikir jernih untuk mencari solusi permasalahan tersebut. 

    Nah, dibawah ini beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi kunci yang macet :

    1. Memastikan posisi mobil dalam keadaan netral

    Pertama-tama yang harus kamu lakukan adalah mengecek posisi mobil kamu harus dalam keadaan netral (N) atau parking (P). Apabila posisi transmisi kurang tepat maka kunci tidak bisa dicabut. 

    Baca juga: Tips Belajar Parkir Paralel Untuk Pemula, Mudah dan Auto Lancar!

    Jika kamu dalam kondisi terburu-buru atau sedang tidak fokus, lebih baik ambil waktu sejenak untuk mengecek keadaan kunci kamu apakah sudah tepat atau tidak, dan kamu bisa juga sekalian mengecek sekitar bagaimana.

    2. Cek rem tangan

    Jangan lengah saat kamu memarkirkan mobil. Pastikan kamu mengecek posisi rem tangan ya, jangan sampai mobil berjalan sendiri ketika kamu sedang mencoba mencabut kunci.

    3. Tekan kunci perlahan dan putar setir sedikit

    Jika kamu menemukan kunci masih susah untuk dicabut, kamu bisa menekan kunci dan memutar sedikit setir ke arah kanan dan kiri. Hal tersebut dilakukan guna mencari celah agar kunci bisa diputar. 

    4. Beri pelumas pada silinder kontak

    Selanjutnya, kamu bisa memberikan pelumas pada bagian silinder kontak. Agar kunci mudah dimasukkan dan dicabut.

    Semprot bagian silinder kontak dengan pelumas biarkan selama 2-5 menit, kemudian coba cek kunci, putar dan cabut. Ulangi untuk beberapa kali. Kunci yang tidak bisa dicabut biasanya karena kondisi silinder kotak tersumbat debu dan kotor. 

    Baca juga: Tekanan Angin Ban Mobil Harus Dicek Sebelum Perjalanan Jauh, Ini Alasannya

    Jika beberapa solusi diatas tidak berhasil, kamu bisa menelpon dan meminta bantuan kepada bengkel atau ahli kunci terdekat. Jelaskan kepada teknisi bagaimana kejadian yang menimpa kamu agar tidak salah tindak dalam menangani hal tersebut.

    Kamu bisa mendapatkan informasi menarik lainnya seputar otomotif di OLX. Selain itu, kamu juga cari mobil dan motor bekas impianmu dengan mengakses OLX melalui aplikasi dengan mengunduhnya di Play Store dan App Store.

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait