Rabu, Juni 19, 2024
Lainnya
    Panduan PembeliLagi Cari Mobil Keluarga? Pertimbangkan 7 Hal Ini

    Lagi Cari Mobil Keluarga? Pertimbangkan 7 Hal Ini

    Jangan sampai SALAH PILIH, kamu harus perhatikan beberapa hal saat memilih mobil keluarga.

    Kalau kamu adalah anggota dari keluarga yang cukup besar biasanya kerap mencari mobil yang muat untuk menampung seluruh anggota keluarga. Tentunya mobil yang cocok adalah Multi Purpose Vehicle atau MPV. 

    Namun, jika kamu berencana untuk membeli MPV, baiknya kamu memperhatikan beberapa hal. Bukan hanya soal desain mobilnya saja yang terlihat keren, tapi kenyamanan dan kapasitas penumpang tentunya perlu kamu perhatikan juga. 

    Mobil MPV saat ini selalu mencari incaran masyarakat lantaran para produsen mobil juga berlomba-lomba produksi kendaraan yang nyaman dan pas untuk memenuhi kebutuhan transportasi keluarga. Tentunya dengan kapasitas yang besar menjadikannya kerap disebut mobil keluarga.

    Baca juga: Cari Mobil Keluarga Mewah? 7 Mobil BMW Bekas Ini Bisa Jadi Pilihan Anda

    Oleh karenanya, supaya kamu tidak bingung, kamu perlu memperhatikan hal hal berikut ini supaya kamu tidak salah pilih.

    1. Fitur keselamatan mobil keluarga

    Airbag mobil keluarga

    Fitur keselamatan memang sangat penting terlebih pada mobil keluarga yang akan diisi oleh orang-orang terkasih. Terlebih jika kamu memiliki anak kecil.

    Tentunya fitur keselamatan pada mobil perlu kamu perhatikan, seperti mobil keluarga dengan Child Safety Lock. Sistem keamanan ini berfungsi untuk mengunci pintu mobil. Ketika fitur ini diaktifkan, secara otomatis pintu mobil tidak akan terbuka.

    Baca juga: 7 Mobil Keluarga Bekas Kisaran Harga Rp 100 Jutaan, Mana Pilihan Anda?

    Selain itu, ada anti-lock braking system (ABS) yang berfungsi untuk memantau kecepatan laju roda, untuk mendeteksi jika terjadi selip. Kamu juga perlu memperhatikan headrest atau sandaran kepala yang berfungsi untuk meningkatkan keamanan saat benturan terjadi.

    2. Jumlah kursi mobil keluarga

    Sejatinya, mobil keluarga harus memuat semua anggota keluarga. Namun jika memang jumlah keluargamu melebihi 7, tentu tidak hanya 1 mobil, harus dipisahkan. Kapasitas mobil paling banyak umumnya berjumlah 7 kursi penumpang.

    3. Bagasi besar

    Bagasi yang luas sangat penting bagi mobil keluarga. Hal ini berkaitan dengan jumlah anggota yang banyak tentu akan semakin banyak pula barang atau perlengkapan yang harus dibawa keluarga.

    Baca juga: 9 Rekomendasi Mobil Keluarga Paling Irit BBM, Mana Pilihanmu?

    Tentunya bagasi yang besar mempermudah kamu untuk menata atau mengatur barang-barang yang akan dibawa.

    4. Ketahui bahan bakar yang digunakan

    Siapa yang tidak senang dan butuh mobil dengan bahan bakar yang irit? Semua orang juga pasti akan mengidam-idamkannya. Apabila kamu akan memilih mobil, jangan lupa tanyakan jarak tempuh mobil per liter bahan bakar yang dihabiskan.

    Jangan sampai kamu memilih mobil keluarga yang boros bahan bakar. Ini tentunya akan membuat bengkak pengeluaran kamu untuk jalan-jalan bersama keluarga.

    5. Kenyamanan pengguna mobil

    Kenyamanan juga hal yang penting bagi keluarga. Dalam hal ini kenyamanan dan pengalaman yang dirasakan keluarga melalui kursi mobil yang empuk, interior mobil yang lebih lapang, terdapat AC dan lain sebagainya. Mobil yang tidak nyaman membuat keluarga terutama anak-anak tidak betah di dalam kabin mobil.

    6. Biaya pemeliharaan mobil ringan

    Memiliki mobil kamu juga perlu memperhatikan pemeliharaannya. Pemeliharaan dan perawatan perlu dilakukan agar mobil lebih awet dan tahan lama. Namun terkadang banyak orang yang lupa memperhatikan biaya yang perlu dikeluarkan.

    Baca juga: Pilihan Mobil Honda Terbaik Untuk Jadi Mobil Keluarga

    Jangan lupa untuk mencari tahu dulu biaya perawatan mobilnya. Jangan sampai kamu membeli mobil keluarga tapi justru semakin besar biaya yang dikeluarkan. Pastinya anda tidak ingin mengeluarkan biaya tambahan pada fitur mobil.

    7. Spare part banyak dijumpai

    Jangan mempersulit kehidupan kamu dengan sulitnya mencari spare part mobil. Tanyakan kepada dealer dimana saja kamu bisa mendapatkan spare part mobil tersebut jika dibutuhkan. Usahakan pilih mobil yang mudah menemukan spare part-nya. 

    Namun, jika kamu ingin mencari mobil keluarga bekas tetapi berkualitas, kamu bisa temukan juga di OLX. Tidak hanya itu, kamu juga bisa mendapatkan berbagai informasi dan tips menarik lainnya. Kamu bisa kunjungi website OLX atau mengunduhnya melalui Play Store dan App Store.

    GIIAS 2023
    Populer
    Fadli Arfi
    Fadli Arfi
    Penikmat dan penggiat otomotif baik roda dua, empat, enam, delapan bahkan yang bersayap
    Berita Terkait