Jumat, Mei 24, 2024
Lainnya
    Tak Berkategori9 Rekomendasi Mobil Keluarga Paling Irit BBM, Mana Pilihanmu?

    9 Rekomendasi Mobil Keluarga Paling Irit BBM, Mana Pilihanmu?

    Siap membeli mobil, berarti siap untuk mengeluarkan biaya-biaya tambahan rutin setelahnya, termasuk juga biaya bahan bakar. Pengeluaran untuk bahan bakar atau BBM mobil nyatanya bisa mencapai 18 hingga 25% dari total pengeluaran biaya mobil lho! Karenanya, banyak orang mempertimbangkan untuk membeli mobil paling irit bahan bakar.

    Memiliki mobil yang irit BBM pastinya sangat banyak memberikan keuntungan. Terlebih, jika penggunaan mobil untuk menyokong kebutuhan dan aktivitas harian. Tentu perlu pintar-pintar untuk bisa lebih hemat dan membagi dengan kebutuhan lainnya.

    Memang cukup membingungkan memilih mobil yang irit bahan bakar. Sebab, rerata mobil masa kini sudah disertai dengan teknologi dan fitur canggih, sehingga nyaris semua produsen mengklaim produknya irit bahan bakar. Untuk itu, perhatikan betul tips memilih mobil irit bahan bakar berikut:

    1. Kapasitas mesin, yaitu dengan memilih mobil berkapasitas di bawah 1500 CC atau mobil diesel berkapasitas di bawah 2000 CC.
    2. Kelengkapan fitur teknologi irit BBM, yaitu mobil dengan fitur yang memungkinkan irit bahan bakar, seperti fitur ECO Driving.
    3. Ukuran mobil kecil, yaitu mobil dengan dimensi kecil, seperti jenis city car yang ukurannya lebih kecil dibanding SUV. Bisa juga memilih mobil SUV yang ukurannya lebih kecil dibanding SUV pada umumnya yang ukurannya lebih besar. 
    4. Pilih sistem penggerak roda depan atau Front Wheel Drive, karena mesin hanya perlu menggerakan dua roda depan saja. Sedangkan, mobil dengan RWD, 4WD, dan AWD memerlukan tenaga lebih banyak untuk menggerakan roda mobil.
    5. Pilih transmisi manual, karena data perputaran mesin dan bobot penggeraknya lebih kecil. Sehingga, mesin tidak memerlukan bahan bakar lebih untuk mempercepat putaran mesinnya.

    Mobil paling irit bahan bakar biasanya banyak dicari untuk kebutuhan keluarga yang kerap menggunakan mobilnya untuk perjalanan jauh. Jika Anda sedang mencari mobil keluarga yang irit bahan bakar, kami akan memberikan rekomendasinya yang bisa dijadikan pertimbangkan untuk dipilih.

    Baca juga: Rekomendasi Mobil Keluarga Terbaik & Terlaris di Indonesia!

    Mobil Keluarga Paling Irit BBM

    Setelah memahami kebutuhan dan menyesuaikan dengan aktivitas keluarga, kini saatnya kami memberikan beberapa rekomendasi mobil keluarga yang paling irit bahan bakar dan terbaik berdasarkan kebutuhan penggunanya, di antaranya sebagai berikut:

    Toyota Avanza

    Dijuluki mobil sejuta umat, Avanza rupanya salah satu mobil keluarga yang paling irit bahan bakar. Selain irit bahan bakar, Avanza juga bisa dibeli dengan harga yang terjangkau oleh banyak kalangan. Penggunaan mesin Toyota Avanza didukung oleh teknologi Dual VVT-i, sehingga konsumsi bahan bakar bisa tetap irit meski dibawa ke berbagai medan. Konsumsi BBM Toyota Avanza mencapai 12,5-14 km per liter.

    Daihatsu Xenia

    Daihatsu Xenia
    Daihatsu Xenia (olxautos.co.id)

    Mobil yang kerap kali dibandingkan dan disandingkan dengan Toyota Avanza ini, juga dikenal dengan mobil sejuta umat. Tak heran sebutan ini juga lekat dengan Xenia, sebab harganya juga cukup terjangkau. Apalagi, mobil ini dilengkapi dengan mesin 2NR-VE 1,5L dan teknologi Dual VVT-i yang membuatnya lebih irit bahan bakar. Konsumsi bahan bakar Daihatsu Xenia mencapai 10-13 km per  liter. Xenia sangat cocok menemani perjalanan jauh penggunanya.

    Suzuki Ertiga

    Suzuki Ertiga
    Suzuki Ertiga (olxautos.co.id)

    Hari-hari ini, Ertiga memang kian diminati. Pasalnya mobil produksi Suzuki ini juga dikenal irit BBM. Tercatat, angka konsumsi Suzuki Ertiga hingga 23 km per liternya, jika digunakan di jalan yang stabil dan bebas hambatan. Suzuki Ertiga juga memiliki fitur ECO Driving yang bisa diaktifkan, sehingga bisa memangkas konsumsi BBM hingga 30 km per liternya.

    Toyota Agya

    City car Toyota Agya
    Toyota Agya (olx.co.id)

    Di kelas LCGC, Toyota Agya populer sebagai mobil paling irit. Angka konsumsi bahan bakarnya bisa mencapai 19,5 km per liternya. Keberadaan teknologi Dual VVT-i menjadi salah satu alasan Agya bisa menjadi mobil LCGC paling irit. Toyota Agya juga sudah dilengkapi dengan fitur ECO Driving yang bisa memaksimalkan konsumsi bahan bakar dengan baik agar tidak boros.

    Honda Brio Satya 1.2 CVT

    Honda Brio Satya
    Brio Satya (olxautos.co.id

    Di kelas City Car, ada Honda Brio Satya yang termasuk mobil paling efisien dari segi penggunaan bahan bakarnya. Mobil dengan desain sporty kekinian ini, penggunaan bahan bakarnya mencapai 17 km per liter untuk penggunaan dalam kota. Ukurannya yang compact sangat bisa diajak bermanuver di tempat sempit. Mobil ini sangat cocok untuk keluarga kecil yang tinggal di lahan sempit.

    Baca juga: Pilihan Mobil Honda Terbaik Untuk Jadi Mobil Keluarga

    Toyota Yaris

    City car Toyota Yaris
    Toyota Yaris (olx.co.id)

    Mobil dengan kapasitas mesin 1500 CC ini termasuk cukup laris di pasaran karena efisiensi dalam konsumsi bahan bakar. Terlebih lagi, mobil ini bisa dikatakan cukup kuat melewati jalur menanjak jika dibandingkan mobil city car lainnya. Penggunaan bahan bakar mobil dengan tampilan sporty dan interior yang mewah ini, bisa mencapai 13,8 km per liter di dalam kota dan 17,3 km per liter di jalur cepat.

    Honda CR-V

    Mobil Honda CR-V
    Honda CR-V 2017 (olx.co.id)

    Desain eksterior dan interior yang mewah yang melekat pada mobil ini memang membuat banyak orang mengaguminya. Honda CR-V semakin diminati karena ternyata ia merupakan mobil SUV paling irit bahan bakar. Penggunaan bahan bakar pada mobil sporty nan gagah ini cukup efisien, yaitu mencapai 11,3 km per liter untuk performa dalam kota dan 15,1 km per liter untuk performa luar kota. Harganya memang relatif mahal, namun worth to buy!

    Mitsubishi Xpander

    Mitsubishi Xpander (olxautos.co.id)

    Xpander merupakan salah satu mobil keluaran Mitsubishi yang cukup populer dan banyak peminatnya. Pasalnya, bukan hanya desain eksterior dan interiornya yang terlihat elegan nan gagah, ia juga irit bahan bakar. Mitsubishi Xpander sudah menggunakan mesin inline 4 dengan kapasitas 1499 CC yang dilengkapi dengan teknologi katup variabel MIVEC.

    Keberadaan teknologi ini memungkinkan konsumsi BBM pada Xpander mencapai 12 km per liter untuk penggunaan dalam kota dan 19,8 km per liter untuk penggunaan luar kota dengan kecepatan konstan. Konsumsinya bisa lebih irit lagi dengan mengaktifkan fitur ECO Driving.

    Baca juga: 6 Rekomendasi Mobil Besar yang Nyaman untuk Keluarga

    Honda Civic

    Review mobil Honda Civic

    Honda Civic merupakan salah satu jenis mobil sedan yang termasuk irit penggunaan bahan bakarnya. Mobil ini dilengkapi dengan mesin kapasitas 1498 CC dengan 4 silinder, serta tenaga turbo 173 PS dan torsi 220 Nm.

    Dengan dapur pacunya yang begitu tangguh, mobil ini mampu mengeluarkan tenaga yang sangat besar dengan penggunaan BBM yang tetap irit. Civic mampu melaju hingga 200 km per jam. Jika digunakan ke luar kota dengan kondisi jalan yang bebas hambatan, konsumsi bahan bakarnya mencapai angka 18-20 km per liter.

    Itulah beberapa daftar mobil yang paling irit bahan bakar dari berbagai jenis mobil. Pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Jangan lupa juga pertimbangkan biaya-biaya lainnya yang sesuai dengan kondisi keuangan, mulai dari pajak hingga biaya perawatannya.

    Ingin lebih irit lagi? Beli mobil bekas berkualitas terbaik dengan harga paling masuk akal hanya di OLX Autos. Ribuan unit mobil bekas irit bahan bakar bisa dipilih, dengan jaminan semua unit berkondisi prima dan bergaransi. Setiap mobil yang dijual sudah melalui proses pemeriksaan mendetail dari petugas profesional. Dengan harga dan biaya bahan bakar rendah, kebutuhan Anda bisa terpenuhi!

    GIIAS 2023
    Populer
    Berita Terkait