Kamis, Mei 23, 2024
Lainnya
    MobilSejarah Lexus RX di Dunia dan Indonesia, Ternyata Sudah Punya 5 Generasi!

    Sejarah Lexus RX di Dunia dan Indonesia, Ternyata Sudah Punya 5 Generasi!

    Lexus RX telah menjadi primadona dalam kategori mobil SUV mewah. Hal ini tidak hanya di dunia tetapi juga di Indonesia.

    News.OLX – Dalam sejarahnya, Lexus RX telah mengalami lima generasi yang menarik. Setiap evolusi yang terjadi bisa dibilang tak pernah gagal memberikan kepuasan bagi pencinta otomotif. Tak ayal, Lexus RX menjadi model terlaris di antara jajaran model Lexus lainnya.

    Lantas, seperti apa sejarah mobil mewah keluaran Jepang ini? Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi perjalanan Lexus RX dari generasi ke generasi.

    Generasi pertama Lexus RX XU10 (1998-2003)

    Pada tahun 1998, dunia otomotif disajikan dengan sebuah inovasi yang mengubah pandangan akan mobil SUV mewah. Itulah tahun di mana Lexus RX pertama kali memasuki panggung, mempersembahkan kombinasi yang luar biasa antara kenyamanan dan performa yang tinggi.

    Baca juga: Horeeee…. Bengkel Resmi Toyota dan Lexus Layani Uji Emisi Gratis

    Lexus RX generasi pertama ini tak hanya sekadar mobil, melainkan sebuah pernyataan gaya hidup yang mewah. Terlahir sebagai saudara mewah dari Toyota Harrier, mobil ini memiliki inti yang sama dalam hal sasis dan mesin. Namun, Lexus RX tampil dengan sentuhan yang lebih eksklusif.

    Di Indonesia, generasi pertama RX yang memikat hati adalah varian RX 300. Mesin bertenaga V6 3.0 liter dengan output sebesar 220 hp menjadi jantungnya. Mobil ini bukan sekadar kendaraan, melainkan sebuah karya seni dengan desain yang elegan dan aerodinamis.

    Generasi kedua Lexus RX XU30 (2003-2008)

    Tahun 2003 menjadi saksi perkenalan generasi kedua dari Lexus RX, yaitu RX 330, yang menggantikan pendahulunya, RX 300. Mobil ini membawa perubahan signifikan dalam performa dan fitur.

    Baca juga: Lexus RX Terbaru Hadir di GIIAS 2022, Kapan Diluncurkan di Indonesia?

    Ditenagai oleh mesin V6 berkapasitas 3.3 liter, RX 330 mampu menghasilkan daya sebesar 223 hp. Tentu saja ini akan memberikan pengemudi pengalaman berkendara yang lebih kuat dan dinamis.

    Meskipun mengalami evolusi dalam hal mesin dan performa, RX 330 masih membagi platform dengan Toyota Harrier, tetapi Lexus berhasil memberikan sentuhan eksklusif yang khas pada mobil ini.

    Generasi kedua ini juga menghadirkan peningkatan dalam kenyamanan dan kemewahan. Fitur kursi pengemudi dengan pengaturan memori memberikan kenyamanan dan kemudahan ekstra, sementara sistem audio premium memberikan pengalaman mendengarkan yang luar biasa.

    Tidak berhenti di situ, pada tahun 2006, Lexus menorehkan sejarah dengan merilis RX 400h, yang menjadi SUV hibrida pertama di dunia. Dengan mesin bensin V6 yang dipasangkan dengan motor listrik, RX 400h mampu menghasilkan tenaga sebesar 268 hp.

    Baca juga: New Lexus ES Hybrid Sedan Terbaru Cocok Untuk Para Bos

    Ini bukan hanya langkah maju dalam hal performa, tetapi juga dalam hal keberlanjutan lingkungan. Lexus RX 400h membuka jalan bagi mobil hibrida di segmen SUV mewah, menunjukkan komitmen mereka terhadap inovasi dan lingkungan.

    Generasi ketiga Lexus RX AL10 (2009-2015)

    Pada tahun 2009, Lexus RX memasuki generasi ketiga dengan langkah besar. Generasi ini menjadi tonggak sejarah karena pertama kalinya RX memiliki platform eksklusif yang tidak berbagi dengan Toyota Harrier.

    Hal ini menunjukkan komitmen Lexus untuk memberikan pengalaman berkendara yang unik dan berkelas kepada konsumen.

    Salah satu varian yang menonjol dari generasi ini adalah RX 350, yang didukung oleh mesin V6 bertenaga 3.5 liter yang mampu menghasilkan sekitar 275 hp.

    Mesin yang lebih bertenaga ini memberikan performa yang lebih tinggi dan respons yang lebih cepat, menjadikan RX 350 pilihan yang sangat menarik. Selain performa yang kuat, generasi ketiga RX juga memperkenalkan beragam fitur canggih.

    Baca juga: Lexus LF-Z Electrified Concept, Mobil Listrik Masa Depan yang Curi Perhatian Pengunjung GIIAS 2022

    Kursi depan yang dapat dipanaskan dan didinginkan memberikan kenyamanan ekstra untuk pengemudi dan penumpang, sementara sistem navigasi membantu pengemudi untuk menavigasi dengan mudah.

    Tidak hanya itu, Lexus juga melangkah lebih jauh dengan merilis versi hybrid-nya, RX 450h. Mobil ini menggabungkan mesin bensin V6 dengan motor listrik, menghasilkan tenaga yang kuat dan efisiensi bahan bakar yang lebih baik.

    Dengan demikian, RX 450h membawa mobilitas berkelanjutan ke dunia SUV mewah, menggabungkan performa tinggi dengan tanggung jawab lingkungan.

    Generasi keempat AL20 (2015-2022)

    Pada tahun 2015, Lexus RX memasuki generasi keempat dengan penampilan yang lebih berani dan fitur-fitur yang semakin canggih. Generasi ini menandai evolusi signifikan dalam desain eksterior dan interior mobil.

    Baca juga: Mobil Bekas Lexus RX 350, Bentuk dan Kemewahannya Tak Lekang Oleh Waktu

    Generasi keempat RX datang dalam berbagai varian, menawarkan beragam pilihan mesin. Salah satunya adalah varian dengan mesin bensin 2.0L turbocharged, yang memberikan daya dorong yang kuat untuk pengemudi yang menginginkan performa yang responsif.

    Selain itu, varian dengan mesin V6 3.5 liter juga tersedia, memberikan tenaga yang impresif. Namun, salah satu inovasi yang paling mencolok dalam generasi ini adalah varian hybrid RX 450h.

    Mobil ini disokong mesin bensin V6 yang dipadukan dengan motor listrik menghasilkan tenaga yang kuat, sementara efisiensi bahan bakar yang lebih tinggi membantu mengurangi dampak lingkungan. Generasi keempat RX juga menampilkan berbagai fitur baru yang menarik perhatian.

    Sistem infotainment yang lebih besar memberikan akses mudah ke berbagai fungsi dan hiburan, sementara kursi belakang yang dapat dilipat secara elektrik menambah fleksibilitas dalam pengaturan ruang dan kapasitas kargo.

    Sistem audio premium yang lebih canggih menghadirkan pengalaman berkendara yang menyenangkan.

    lexus rx (2)

    Generasi kelima ALH10 (2022-sekarang)

    Generasi terbaru Lexus RX, yang membuat debut pada tahun 2022, menandai sebuah pencapaian luar biasa dengan penjualan global yang telah mencapai lebih dari 3,5 juta unit.

    Generasi ini menghadirkan sejumlah perubahan yang signifikan untuk memberikan pengalaman berkendara yang lebih mewah dan canggih.

    Baca juga: Sejarah Toyota Harrier, SUV Premium Idaman Banyak Orang

    Mobil ini menempatkan kenyamanan tinggi dan performa yang mewah sebagai fokus utama. Varian unggulan RX 450h+ Luxury menghadirkan mesin Plug-In Hybrid yang sangat kuat, ditenagai oleh baterai lithium-ion.

    Kombinasi ini menghasilkan kinerja yang impresif dan memberikan jarak tempuh pada mode EV yang mengesankan. Ini bukan hanya langkah maju dalam hal efisiensi bahan bakar, tetapi juga dalam mendukung mobilitas berkelanjutan.

    Selain varian hibrida, tersedia juga varian bensin dengan mesin 2.4L turbocharged, yang memberikan performa yang kuat dan respons yang lincah. Ini memberikan lebih banyak pilihan kepada konsumen sesuai dengan preferensi mereka dalam hal tenaga dan efisiensi.

    Generasi terbaru RX juga mempertinggi standar dalam hal teknologi dan fitur canggih. Sistem keamanan yang canggih, sistem parkir otomatis, dan fitur-fitur kenyamanan penumpang yang meningkat memastikan bahwa pengemudi dan penumpang dapat merasakan kemewahan dan keamanan tanpa kompromi.

    Baca juga: Sejarah Mitsubishi Pajero, Mobil yang Kerap Dicap Arogan

    Dengan segala inovasi dan peningkatan ini, Lexus RX generasi terbaru tetap berada di puncak segmen SUV mewah, menghadirkan kombinasi yang sempurna antara performa, teknologi, dan kenyamanan yang tinggi.

    Itu adalah sejarah dari Lexus RX. Mobil ini telah mengalami perjalanan yang panjang dan penuh inovasi selama lima generasi. Mobil ini tetap menjadi primadona di pasar mobil SUV mewah, baik di dunia maupun di Indonesia.

    Dengan setiap generasi baru, Lexus RX terus menghadirkan kenyamanan, performa, dan teknologi yang lebih baik. Alhasil menjadikannya salah satu pemimpin dalam segmen SUV mewah hingga saat ini.

    Selain sejarah Lexus RX, kamu bisa mendapatkan informasi menarik lainnya seputar otomotif di OLX. Download aplikasinya di Play Store dan App Store.

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait