Jumat, Mei 24, 2024
Lainnya
    Tips & TrikMengenal Google Lens dan Cara Menggunakannya

    Mengenal Google Lens dan Cara Menggunakannya

    Google Lens dirancang untuk memudahkan hidup. Ini dia cara menggunakan fitur-fitur keren yang tersedia.

    News.OLX – Google Lens merupakan aplikasi berbasis artificial intelligence (AI) buatan Google dengan berbagai fitur keren, seperti identifikasi objek, scanning dan penerjemahan teks, pencarian produk online, dan masih banyak lagi. Mula-mula diperkenalkan pada 2017, aplikasi ini tersedia baik di Google Play Store maupun App Store.

    Cara Menggunakan Google Lens

    Sebagaimana telah disinggung sebelumnya, kamu bisa download aplikasi ini dari App Store atau Google Play Store jika ingin langsung menggunakan fitur aplikasi ini dari HP.

    Di samping itu, kamu juga dapat mengakses Google Lens melalui berbagai metode lainnya, seperti lewat Google Search Bar.

    Adapun cara lainnya yaitu dengan menggunakan Google Photo. Pilih foto dengan objek seperti bangunan, landmark, atau karya seni tertentu yang ingin kamu pelajari lebih lanjut. Kemudian, di dalam aplikasi Google Photo, cari dan tap ikon Lens.

    Google Lens akan memproses gambar dan mengidentifikasi objek di dalam foto. Kamu pun akan menerima informasi mengenai objek tersebut. Misalnya, jika foto berisi bangunan atau landmark tertentu, kamu akan mendapatkan petunjuk arah dan jam buka.

    Google Lens (1)

    4 Fungsi Keren Google Lens

    Tak ayal lagi bahwa kehadiran teknologi canggih ini dapat mempermudah kehidupan sehari-hari penggunanya. Dikutip dari Google, kamu bisa menggunakan Google Lens untuk aneka hal keren ini:

    1. Mengerjakan PR

    Aplikasi ini punya filter khusus bernama “homework filter”. Sesuai namanya, filter ini memudahkan user untuk fokus pada pertanyaan atau soal terkait pekerjaan rumah (PR) atau tugas sekolah di berbagai mata pelajaran, contohnya matematika, sejarah, atau IPA.

    Untuk menggunakan filter ini, pertama-tama ambil foto dari pertanyaan yang harus kamu jawab. Kemudian, aplikasi akan memberikan instruksi atau petunjuk untuk membantu kamu memahami lalu menyelesaikan soal tersebut. Agar hasil lebih akurat, jangan lupa untuk mengatur bahasa pengantarnya dalam bahasa Indonesia.

    2. Belanja Online

    Katakanlah kamu melihat suatu produk yang menarik perhatianmu, seperti ransel atau sepatu, kamu bisa menggunakan Google Lens untuk mencari dan membeli produk serupa.

    Caranya yakni cukup dengan mengandalkan tangkapan layar (screenshot) dari gambar produk yang kamu temui saat browsing ataupun menggunakan HP.

    Selanjutnya, pilih gambar tersebut di aplikasi. Lens kemudian akan menggunakan teknologi pengenalan gambar untuk mengidentifikasi produk yang terdapat dalam screenshot. Kamu akan menjumpai daftar produk serupa yang bisa kamu beli, lengkap dengan link ke marketplace.

    3. Mencari Sentra Kuliner Terdekat

    Kerennya lagi, kamu juga bisa menggunakan Google Lens untuk mencari informasi tentang masakan yang ada di dalam gambar. Bukan cuma itu, aplikasi ini juga akan menampilkan hasil terkait dengan lokasimu.

    Jadi, kalau kamu melihat gambar suatu makanan atau minuman yang ingin kamu cicipi, tapi tidak tahu nama hidangan tersebut, kamu bisa mencari gambar tersebut dengan aplikasi ini.

    Selanjutnya, kamu bisa menambahkan kata-kata “near me” atau “terdekat” di kolom pencarian. Dengan begitu, aplikasi bisa memunculkan hasil yang lebih akurat di daerah sekitarmu.

    4. Menerjemahkan Teks

    Google Lens juga menyediakan filter penerjemahan di mana user bisa menerjemahkan teks dari satu bahasa ke bahasa lain. Kamu dapat mengunggah, mengambil foto, atau bahkan hanya dengan mengarahkan kamera HP ke teks yang ingin kamu terjemahkan, seperti menu atau papan nama jalan.

    Kemudian, Lens akan secara otomatis mendeteksi bahasa tertulis yang ada pada gambar. Jadi, kamu tidak perlu mengatur bahasa tersebut secara manual. Setelah mendeteksi bahasa, Lens akan menampilkan terjemahannya langsung di atas teks tersebut pada layar HP.

    Itulah ragam fitur Google Lens yang bisa kamu manfaatkan untuk mempermudah berbagai urusan sehari-hari. Gunakan dengan bijak sesuai dengan kebutuhan untuk mendapatkan manfaat optimal.

    Gadget impian masih dalam wishlist? Jangan lewatkan penawaran terbaik di OLX! Segera download aplikasi OLX di Google Play Store atau App Store untuk menemukan gadget idamanmu dengan mudah.

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait