Selasa, Mei 28, 2024
Lainnya
    MobilReview7 Daftar Mobil JDM di Indonesia, Jadi Mobil Impian Pecinta Otomotif

    7 Daftar Mobil JDM di Indonesia, Jadi Mobil Impian Pecinta Otomotif

    Bagi penggemar dunia otomotif tentu sedikit banyak tahu mengenai apa itu mobil JDM. Sebuah singkatan dari Japanese Domestic Market, yang merupakan sebutan untuk produk otomotif yang hanya dijual di Negara Jepang.

    Mobil-mobil yang dijual ini merupakan mobil yang saat ini menjadi mobil yang banyak diimpikan oleh para pecinta otomotif. Karena memiliki penampilan yang stylish dan keren, serta performa yang sangat tangguh. 

    Meski menjadi mobil yang hanya dijual di pasar domestik Jepang, bukan tidak mungkin untuk mendatangkan mobil tersebut ke Indonesia. Sampai saat ini sudah banyak sekali Importir Umum (IU) yang dapat membantu Anda dalam mewujudkan untuk membeli mobil JDM ini.

    Baca juga: 9 Mobil Tercepat Buatan Jepang yang Bikin Semakin Diperhitungkan Dunia

    Namun untuk membeli mobil JDM ini harus mengeluarkan biaya yang sangat besar, karena harga yang dibanderol untuk setiap unit mobil JDM ini sangat mahal. Selain itu ditambah biaya untuk mendatangkan ke Indonesia beserta dengan legalitas hukumnya yang tentu tidak sedikit.

    Perlu diketahui bahwa mobil JDM yang didatangkan ini tidak bisa mobil bekas, melainkan mobil baru. Selain itu banyak sekali peraturan yang sudah diatur oleh perundangan yang harus dipatuhi agar mobil yang sudah susah payah didatangkan ini tidak disita oleh negara. 

    Apa Itu Mobil JDM

    Mobil JDM merupakan istilah yang kerap digunakan di dunia otomotif yang merujuk kepada mobil-mobil yang dijual di pasar domestik Jepang. Seperti namanya sendiri Japanese Domestic Market, mobil JDM ini merupakan mobil yang khusus di jual di negara Jepang.

    Maka dari itu bila mencari mobil ini di luar Jepang tentu saja tidak ada. Terkadang ada beberapa kesalah pahaman, bahwa mobil JDM ini hanya mobil buatan Jepang.

    Melainkan tidak, banyak sekali merek pabrikan otomotif di luar Jepang yang memiliki mobil sebagai JDM karena dijual khusus di Jepang sesuai regulasi negara tersebut. 

    Meski dijual khusus di Jepang, bukan tidak mungkin orang dari negara lain untuk dapat membelinya. Biasanya untuk membeli mobil JDM ini melalui para Importir Umum dalam keadaan CBU atau utuh.

    Baca juga: 9 Mobil Tercepat Buatan Jepang yang Bikin Semakin Diperhitungkan Dunia

    Biasanya mobil JDM yang diimpor ini merupakan mobil dalam keadaan bekas yang dibeli oleh pada Importir Umum untuk dijual di negara asalnya. 

    Namun untuk Indonesia sendiri sudah ada peraturan dalam Peraturan Menteri Perindustrian Nomor 14 Tahun 2016 tentang Kriteria Teknis Impor Barang Modal Dalam Keadaan Tidak Baru yang tidak bisa mengimpor mobil bekas.

    Sehingga bila aturan tersebut tetap dilanggar, kemungkinan mobil yang didatangkan ini akan disita dan dilelang oleh bea cukai. 

    Mobil JDM di Indonesia

    Di Indonesia sendiri sudah ada beberapa mobil JDM yang dapat ditemukan meski jumlahnya sangat terbatas. Selain itu mobil ini merupakan mobil keluaran lama kurang lebih di bawah tahun 2016.

    Karena ada peraturan menteri perindustrian, sehingga mobil JDM ini cukup sulit untuk didatangkan, kecuali dalam keadaan baru. Untuk mobil bekasnya saja sudah dibanderol mahal, apalagi untuk mobil baru, sehingga yang ingin memiliki mobil JDM harus mempersiapkan dana yang cukup besar.

    Baca juga: 6 Mobil Sport Jepang yang Jarang Diketahui Banyak Orang

    Berikut 7 daftar mobil JDM di Indonesia

    • Toyota Corolla AE86 Trueno

    Mobil JDM yang pertama adalah Toyota Corolla AE86 Trueno. Mobil keluaran tahun 1983 hingga 1987 ini menjadi salah satu ikon mobil JDM yang sangat populer bagi pecinta drift di Tanah Air. 

    Memiliki tampilan lampu yang masih menggunakan desain pop-up, mobil ini memiliki kesan sporty nan ikonik. Muncul dalam serial Anime Initial D membuat mobil ini semakin populer di dunia. 

    Mengusung mesin berkapasitas 1.6 liter bertipe NA DOHC 16V I4. Membuat mobil JDM dari Toyota ini mampu mengeluarkan tenaga hingga 128 HP. Pendistribusian tenaga memakai gearbox atau transmisi manual dengan 5 tingkat percepatan.

    Untuk harganya sendiri sangat bervariatif, karena sudah menjadi salah satu mobil kolektor dan langka mobil ini dijual mulai dengan harga Rp300 jutaan.

    • Datsun 240Z

    Sebagai mobil JDM, Datsun 240Z ini memiliki tampilan yang cukup retro. Dibuat oleh pabrikan Datsun mobil Japanese Domestic Market ini memiliki tampilan minimalis dan hanya punya 2 pintu.

    Datsun 240Z ini dibekali dengan mesin DOHC berkapasitas 2 liter, 2.8 L turbocharger L28ET. Dimana dari data yang ada, mesin tersebut sanggup mengeluarkan power maksimal 409 hp pada putaran 5.310 rpm dan torsi 635 Nm pada putaran 3.777 rpm.

    Cukup sulit untuk mendapatkan mobil ini dipasaran mobil bekas. Selain itu harga yang ditawarkan pun sudah cukup tinggi yaitu lebih dari Rp300 jutaan.

    • Toyota Supra

    Menjadi mobil sport yang banyak diminati pecinta otomotif di seluruh dunia, hingga saat ini Toyota Supra ini masih dibuat versi terbarunya hingga saat ini. 

    Untuk mobil JDM Toyota Supra ini biasanya yang sangat ikonik sebagai mobil JDM adalah Toyota Supra MK4. Memiliki desain minimalis dan simple, penampilan Toyota Supra ini tetap sporty. 

    Untuk urusan dapur pacu, mobil satu ini punya mesin berkubikasi 3L dengan 6 silinder. Mesin tersebut diklaim sanggup menawarkan power 340 PS dan torsi sebesar 500 Nm yang akan diteruskan ke roda penggerak menggunakan transmisi manual 6 tingkat percepatan.

    Bahkan di Jepang mobil Toyota Supra menjadi supercar pertama di Jepang. Tidak heran jika harganya ditawarkan sekitar Rp2 miliar rupiah.

    • Mazda RX7

    Selain mobil merek asli pabrikan Jepang, ada pula merek lain dari Mazda yang terkenal sebagai mobil JDM.  Mazda dengan model dan tipe Mazda RX7 di pasar mobil JDM menjadi perbincangan cukup hangat. Apalagi dengan model yang simple, minimalis dan juga sporty menjadikannya begitu menarik perhatian.

    Bermodal mesin 13B-REW membuatnya sanggup menawarkan tenaga maksimal sekitar 276 HP dengan torsi puncak 317 lbft. Pencapaian tersebut tidak terlepas dari pemakaian beragam teknologi dan fitur di dalamnya, termasuk pemakaian transmisi 5 percepatan.

    Untuk bisa memiliki mobil JDM Mazda RX7, kalian harus rela merogoh kocek sekitar Rp650 jutaan.

    • Subaru Impreza 22B STi

    Subaru Impreza 22B STi ini dibekali dengan mesin Boxer F4 Turbocharger dengan kapasitas 2.2 L. Menjadikan mobil JDM dari Subaru ini sanggup menawarkan power sebesar 276 HP dengan torsi sekitar 268 lbft. 

    Subaru model ini memakai penggerak roda Front Engine – AWD. Untuk memaksimalkan laju kendaraan saat di pacu, Subaru menempatkan gearbox manual dengan 6 tingkat percepatan. 

    Dari semua itu diatas kertas  Top Speed yang diraih mencapai 154 Mph/ 248 Kph dan akselerasi 0-100 mph hanya butuh waktu 13.1 detik. Mobil ini dipasarkan dengan kisaran Rp500 jutaan. 

    • Mitsubishi Lancer Evolution

    Cukup populer sebagai mobil Rally, Mitsubishi Lancer Evolution ini menjadi salah satu mobil JDM yang sangat disukai pecinta otomotif. Lancer Evolution ini menggunakan penggerak roda AWD karena terinspirasi dari mobil rally. 

    Dibekali dengan mesin MIVEC DOHC 16 Volt, 14 Turbocharger. Mesin tersebut mampu mengeluarkan tenaga sebesar 303 HP dengan torsi puncak 305 lbft. Selain itu mobil ini hanya sebanyak 1600 unit saja. 

    Untuk harganya sendiri mobil JDM ini dibanderol dengan harga mulai dari Rp1,2 miliar.

    • Nissan Skyline GT-R

    Nissan Skyline GT-R dibekali dengan mesin 3.8 L VR38DETT twin-turbo V6. Mesin ini diklaim sanggup mengeluarkan tenaga maksimal hingga 330 hp dan torsi maksimum 289 lbft.

    Memiliki 2 pintu, tampilan aerodinamis sangat terasa dengan adanya underfloor diffuser pada model V-Spec. Tak hanya sampai disitu, ada pula fitur LCD yang mampu menampilkan semua detail dan statistik mesin turbo yang dibawanya.

    Untuk memaksimalkan tenaganya, pendistribusian power mesin ke roda memanfaatkan sistem transmisi manual dengan 6 tingkat percepatan. Untuk harganya sendiri mobil ini dibanderol dengan kisaran harga Rp1,6 miliar.

    Nah, itulah penjelasan mengenai mobil JDM yang hingga sampai saat ini masih menjadi jenis mobil yang sangat diimpikan para pecinta otomotif seluruh dunia. 

    Kalau soal membeli mobil bekas, pastikan untuk membeli di dealer terpercaya yang dapat memberikan penawaran terbaik serta garansi pada unit yang Anda beli seperti OLX Autos.

    Pilih mobil bekas berkualitas terbaik, dan harga yang paling reasonable di OLX Autos. Ada ribuan unit mobil bekas berkualitas yang bisa dipilih. Kami menjamin semua unit mobil berkondisi prima, dan bergaransi karena telah melalui inspeksi detail dari petugas berpengalaman. Dengan harga dan biaya perawatan yang rendah, kebutuhanmu bisa terpenuhi!

    GIIAS 2023
    Populer
    Berita Terkait