Rabu, Juni 19, 2024
Lainnya
    Tak Berkategori5 Mobil Sedan Bekas yang Mudah Perawatannya, Tidak Bikin Pusing!

    5 Mobil Sedan Bekas yang Mudah Perawatannya, Tidak Bikin Pusing!

    Bagi Anda yang ingin memiliki mobil sedan, tetapi budget yang dimiliki terbatas, membeli sedan bekas adalah pilihan terbaik. Mobil sedan banyak dipilih orang karena desainnya yang cenderung compact dan lekat dengan kesan gesit. Apalagi, bagi mereka yang mobilitas sehari-harinya cukup tinggi, mobil sedan layak dipilih.

    Selain mempertimbangkan harga mobil, para pembeli biasanya mempertimbangkan pula perihal biaya perawatan mobil yang kelak dikeluarkan. Nah, tidak perlu bingung memilih mobil sedan bekas dengan biaya perawatan yang terjangkau. Berikut ini kami berikan daftar mobil sedan bekas yang tidak mahal biaya perawatannya.

    1. Toyota Corolla Altis

    Toyota Corolla Altis
    Toyota Corolla Altis (olxautos.co.id)

    Mobil sedan yang satu ini selalu mendapat tempat tersendiri di hati para pecinta otomotif. Desain yang elegan, serta kenyamanannya membuat mobil ini tak lekang oleh waktu. Tak heran, jika hingga saat ini Corolla Altis masih menjadi incaran banyak orang. 

    Toyota Corolla Altis dipasangkan mesin berkode 2ZR-FE dengan kapasitas 1.800 cc dual VVT-i. Mesin ini membuat performanya sangat tangguh. Bukan hanya tangguh, mobil ini juga irit bahan bakar. Selain itu, perawatannya cukup mudah dan murah. Ketersediaan spare part-nya banyak dan mudah didapat, khususnya jika Anda mencarinya di berbagai dealer Toyota.

    Soal harga, Corolla Altis bekas dibanderol dengan harga yang cukup bervariasi, tergantung dari tahun produksi dan kondisi. Harga bekas di pasaran mulai dari Rp 50 jutaan hingga Rp 150 jutaan. Khusus Toyota New Altis tahun tinggi harga bekasnya memang masih tergolong mahal.

    Baca juga: Daftar Mobil Sedan Mewah di Indonesia, Ini Spesifikasi Lengkap dan Harganya 

    2. Honda Civic

    Honda Civic
    Honda Civic (olxautos.co.id)

    Honda Civic merupakan salah satu mobil produksi pabrikan Jepang yang banyak peminatnya. Mobil yang memiliki tampilan sporty sekaligus mewah dan elegan ini memang begitu menarik perhatian. Terlebih lagi, biaya perawatan mobil satu ini termasuk cukup murah dan mudah, karena suku cadang banyak tersedia.

    Mesin mobil Honda Civic berkapasitas 1.500 cc 4 silinder DOHC dengan 16 valve VTEC Turbo. Dengan jantung pacu ini, Honda Civic bisa menghasilkan tenaga sebesar 178 PS pada putaran 6.000 rpm dan torsi sebesar 240 Nm pada 1.700 rpm hingga 4.500 rpm. Honda Civic menggunakan transmisi CVT dengan Earth Dreams Technology yang bisa membuat perpindahan gigi menjadi lebih halus.

    Hingga kini, Honda masih terus memproduksi Civic dengan beragam fitur yang terus diperbarui. Mobil bekas Honda Civic pun laris di pasaran. Harganya bisa didapatkan dari kisaran Rp 10 jutaan hingga Rp 400 jutaan. Rentang harganya memang begitu fantastis, karena Civic model baru dan lama sekalipun masih banyak peminatnya. Harga yang dibanderol tergantung dari tahun keluaran hingga kondisi mobil.

    3. Toyota Soluna

    Toyota Soluna
    Toyota Soluna (olxautos.co.id)

    Toyota Soluna pertama kali hadir di Tanah Air pada tahun 1997. Pada masanya, Soluna cukup populer bukan hanya sebagai mobil pribadi, tetapi juga digunakan sebagai armada taksi ternama. Desain bodinya yang tak lekang oleh waktu, membuat mobil ini cukup digemari. Ditambah lagi, biaya perawatannya murah dan suku cadangnya tersedia di mana-mana.

    Dibekali dengan kapasitas mesin 1.500 cc berkode 5A-FE 4 silinder segaris 16 valve, mobil ini juga dilengkapi dengan teknologi Twin-cam EFI. Sehingga, output tenaganya bisa mencapai 95 PS pada 5.600 rpm dan torsi maksimal sebesar 124 Nm pada 4.800 rpm. Output tenaganya disandingkan dengan transmisi manual 5-percepatan. Kini, Toyota Soluna bekas dibanderol mulai dari Rp 40 jutaan.

    Baca juga: 5 Mobil Sedan “Look Like a Boss” Seharga Rp 50 Juta 

    4. Mitsubishi Lancer

    Mitsubishi Lancer
    Mitsubishi Lancer (olxautos.co.id)

    Mitsubishi Lancer hadir dengan tampilan sporty dan didukung dengan fitur unggulan. Mobil ini biarpun kecil, kabinnya dapat memuat hingga lima orang sekaligus. Mesin yang digunakan berkode 4G15 4 silinder segaris dengan 12 katup SOHC. Mesin yang digunakan in terbukti “bandel” dan mudah dalam perawatan.

    Dengan dapur pacunya tersebut, Mitsubishi Lancer mampu menghasilkan tenaga maksimal hingga 76 PS pada putaran 5.500 rpm dan torsi maksimal 118 Nm pada putaran 3.500 rpm. Mesinnya semakin apik dikawinkan dengan transmisi manual 5-percepatan.

    Meski tergolong mobil “jadul”, Lancer masih banyak diminati. Di pasaran, harga bekasnya dijual mulai dari Rp 25 jutaan. Dengan harga yang terjangkau, Anda sudah bisa menikmati fitur mumpuni dari Lancer, seperti teknologi power steering, electric mirror, hingga power window.

    5. Suzuki Baleno

    Suzuki Baleno
    Suzuki Baleno (olxautos.co.id)

    Menyoal biaya servis mobil murah, pabrikan Jepang memang tiada duanya. Sehingga, rekomendasi kami yang terakhir jatuh pada Suzuki Baleno. Selain perawatannya yang mudah dan murah, mobil dengan desain yang tak lekang oleh zaman ini memiliki kelebihan irit bahan bakar. Tak heran, jika hingga kini masih banyak yang mencari mobil bekas Baleno.

    Meski kelebihannya irit bahan bakar, Baleno dipasangkan mesin yang begitu bertenaga. Menggunakan mesin dengan kode G15B berkapasitas 1.500 cc dan konfigurasi 4 silinder segaris, tenaga yang dihasilkan Suzuki Baleno cukup besar. Output tenaga sekitar 103 HP pada putaran 6.000 rpm dan torsi 127 Nm pada putaran 4.500 rpm. 

    Perihal harga bekasnya, Suzuki Baleno kini sudah bisa didapatkan dengan harga terjangkau. Di daerah perkotaan, Baleno bisa didapatkan mulai dari Rp 35 jutaan. Variasi harga tergantung pada tahun keluaran dan kondisi mobil.

    Baca juga: Punya Budget Rp 50 Juta? Ini Pilihan Mobil Sedan Lansiran di Atas Tahun 2000-an

    Itulah beberapa daftar mobil sedan bekas dengan biaya perawatan murah yang bisa dijadikan pilihan. Agar tidak semakin banyak pengeluaran, penting bagi Anda untuk selalu melakukan perawatan rutin, khususnya jika Anda membeli mobil bekas.

    Perawatan mobil yang dilakukan bisa dengan rutin mengganti oli, pemeriksaan komponen mesin berkala, pemeriksaan radiator, hingga tune up berkala. Jangan abai juga terhadap kondisi kabel, ring, dan karet penyangga. Sehingga, mobil bekas yang Anda beli tetap berkondisi prima.

    Selain melakukan perawatan rutin, penting untuk memperhatikan kualitas mobil bekas. Pilih mobil bekas dengan kualitas terbaik dan harga yang paling reasonable di OLX Autos. Ribuan unit mobil bekas berkualitas bisa dipilih di situs ini. Kami menjamin semua unit mobil yang dijual masih berkondisi prima. Seluruhnya juga bergaransi karena telah melalui inspeksi detail dari petugas ahli. Dengan harga dan biaya perawatan yang mudah dan murah, kebutuhanmu bisa terpenuhi!

    GIIAS 2023
    Populer
    Berita Terkait