Rabu, Juni 19, 2024
Lainnya
    LainnyaInilah 8 Mobil Terbesar di Dunia, Ada yang Panjangnya Hingga 200 Meter

    Inilah 8 Mobil Terbesar di Dunia, Ada yang Panjangnya Hingga 200 Meter

    JAKARTA – Membahas mengenai mobil terbesar di dunia, ada beberapa jenis mobil yang bisa menyandang nama tersebut. Pasalnya mobil ini memiliki dimensi yang sangat besar hingga bisa menutupi seluruh stadion sepak bola.

    Mobil terbesar di dunia ini tentu tidak mudah untuk ditemui di jalanan umum. Pasalnya mobil terbesar di dunia ini biasanya digunakan untuk pertambangan hingga sarana transportasi roket.

    Tentu dalam pemandangan di jalanan sehari-hari, tidak akan pernah menemukan mobil ini. Sedangkan bila mobil terbesar di dunia ini melewati jalanan umum, tentu akan sangat mengganggu lalu lintas. 

    Dimensinya yang sangat besar sehinnga memiliki banyak sekali blind spot yang sangat membahayakan pengguna jalan lain bila areanya tidak disterilkan. Selain itu dapat menyenggol berbagai sarana umum seperti kabel listrik maupun papan reklame di jalanan.

    Untuk di Indonesia sendiri, mobil terbesar di dunia ini juga dapat ditemukan di area tambang. Area tambang yang menggunakan mobil terbesar di dunia ini ada pada tambang batu bara hingga emas. 

    Seperti halnya di area tambang yang berada di Kalimantan maupun Papua. Nah, untuk mengobati rasa penasaran Anda, berikut kami sajikan 8 mobil terbesar di dunia.

    1. Bagger 288

    Bagger 288
    Bagger

    Sebuah mobil yang digunakan untuk area pertambangan, mobil dengan nama Bagger 288 ini memiliki ukuran yang sangat besar. 

    Dimensi dari mobil ini memiliki panjang 220 meter, lebar 46 meter, tinggi 96 meter dan berat 13.500 ton. Bayangkan saja saat mobil ini melewati jalanan umum tentu langsung meratakan sebuah jalan provinsi dan bisa saja bikin jalanan ambles.

    Sebuah mobil tambang yang diproduksi pada tahun 1978, Bagger 288 ini digunakan pada area pertambangan yang berada di Hambach, Jerman. Menjadi mobil andalan untuk mengeruk batu bata bara, mobil ini mampu menggali hingga 240.000 ton batu bara dalam satu hari.

    Sebuah angka yang sangat fantastis, tentu proses pengerukan akan berjalan dengan cepat bila memiliki kemampuan tersebut. 

    Hasil pengerukan batu bara ini pun diklaim bila ditata bisa menjadi 30 lapangan sepak bola dengan kedalaman lima meter. 

    2. NASA Crawler Transporter

    NASA Crawler Transporter
    NASA Crawler Transporter

    Sebuah mobil untuk transportasi roket milik NASA yang dibuat pada tahun 1965. Mobil ini memiliki dimensi panjang  39.929 meter, lebar 34.747 meter, dan tinggi lebih dari 6.096 meter dan beratnya mencapai 2.721 ton.

    Bila membayangkannya saja, ukuran roket yang sangat besar, apalagi ukuran mobil yang mengangkutnya. Tentu dibutuhkan mobil yang kokoh dan besar agar mampu memindahkan roket ke landasan pacunya.

    3. Caterpillar 797B

    Caterpillar 797B
    Caterpillar 797B

    Nah, berikut ini adalah mobil pengangkut di tambang yang bisa kamu temui di Indonesia seperti di tambang batu bara maupun tambang emas di Freeport. Mobil terbesar di dunia dengan nama Caterpillar 797B ini sudah sangat populer.

    Ia menjadi salah satu mobil yang memang dikhususkan untuk transportasi pada area tambang. Mobil ini menggunakan ban radial Michelin berprofil 59/80R63 XDR serta terdapat kandungan baja seberat 890 kilogram. 

    Untuk total berat 1 ban yaitu 5.300 kg. Ban ini berukuran 4.03 meter dengan lebar 1.50 meter. Diklaim bahwa total muatan yang bisa diangkut oleh mobil ini mencapai 345 ton.

    Bila dibuat sebuah perbandingan, kandungan baja pada 1 ban mobil Caterpillar 797B ini bisa untuk membuat dua mobil kecil dan karetnya bisa untuk membuat 600 ban mobil biasa.

    4. Dodge Power Wagon

    Dodge Power Wagon
    Dodge Power Wagon

    Sebuah mobil replika dari Dodge Power Wagon dengan ukuran 64 kali lebih besar dari aslinya. Mobil ini memiliki berat hingga 50 ton. 

    Mobil pikap raksasa ini menggunakan roda dari pengangkut rig minyak dan wiper kaca dari kapal. Mobil ini dibuat pada tahun 1950 oleh Sheik Hamad.

    Di dalam mobil raksasa ini terdapat empat kamar tidur yang menggunakan AC, ruang taman, kamar mandi dan teras pada bak truk. 

    5. BelAZ 75710

    BelAZ 75710
    BelAZ 75710

    Seperti halnya Caterpillar 797B, mobil yang digunakan pada area tambang ini juga tidak kalah besar. Digunakan pada area pertambangan di Rusia, mobil ini memiliki dimensi panjang 20 meter, lebar 10 meter dan tinggi 8 meter.

    BelAZ 75710 memiliki berat 360 ton, sedangkan untuk muatannya berkisar 408.233 ton.

    6. Liebherr T282B

    Kembali lagi dengan mobil yang menjadi moda transportasi untuk pertambangan emas, batu bara, tembaga dan besi. Liebherr T282B ini memiliki ukuran dimensi panjang 15,24 meter, lebar 9,75 meter, tinggi 7,620 meter.

    Mobil sebesar ini dapat mengangkut muatan hingga 363 ton. Sebagai sebuah dump truk ia memiliki mesin diesel dengan 20 silinder yang menghasilkan tenaga 3.750 Hp dan dapat mencapai kecepatan maksimum 64 Km/Jam.

    7. The Terex/Bucyrus RH400

    The Terex
    The Terex

    Memiliki fungsi seperti Bagger 288 yang digunakan untuk mengeruk area pertambangan. Bucyrus RH400 merupakan ekskavator dengan sekop besar yang diluncurkan oleh perusahaan bernama Terex di Jerman pada tahun 1977.

    Memiliki dimensi lebar 8,6 meter, tinggi 10,175 meter dan panjang crawler 10,98 meter. Ekskavator ini pun memiliki berat hingga 889 ton dan memiliki kapasitas sekopnya mencapai 45 meter kubik.

    8. BigFoot 5

    Nama BigFoot tentu sudah cukup terkenal di telinga para pecinta otomotif sebagai mobil yang memiliki ban yang sangat besar. Nah, BigFoot 5 ini merupakan salah satu mobil terbesar di dunia yang dibuat pada tahun 1986.

    Truk ini memiliki ban setinggi 10 kaki yang berasal dari kendaraan militer bekas. Truk ini sendiri memiliki berat hingga 12,7 ton.

    Itulah 8 mobil terbesar di dunia. Umumnya mobil ini hanya dapat ditemui pada area pertambangan besar seperti batu bara hingga emas. Bila di Indonesia, Anda bisa menyaksikannya di tambang batu bara di Kalimantan, maupun tambang emas di Freeport Papua.

    Nah, kalau untuk urusan membeli mobil bekas, jangan lupa untuk memilih dealer terpercaya yang mampu memberikan penawaran terbaik dan garansi pada unit yang Anda beli seperti OLX Autos

    Membeli mobil bekas yang aman digunakan di jalan tentu harus fokus pada kualitasnya. #PilihYangPasti untung di OLX Autos. Kamu bisa pilih ribuan unit mobil dengan kualitas terbaik dan sudah melalui inspeksi. Sehingga bergaransi dan dijamin aman dan nyaman untuk berkendara bersama keluarga tercinta!

    GIIAS 2023
    Populer
    Berita Terkait