Senin, Mei 27, 2024
Lainnya
    Tips & TrikMudah, Begini Cara Perbaiki Retakan di Ubin Keramik

    Mudah, Begini Cara Perbaiki Retakan di Ubin Keramik

    Keramik retak memang dapat merusak penampilan rumah.Tenang saja, kamu masih bisa atasi sendiri dengan cara mudah, yuk baca selengkapnya di artikel ini!

    News.OLX – Jika pemasangan keramik di rumah tidak tepat dan padat, biasanya ini akan menimbulkan keretakan setelah beberapa lama. Terutama saat ada tekanan dari benda tumpul dan berat, misalnya akibat pintu, lemari dan sebagainya.

    Kabar baiknya, cara memperbaiki keramik retak ini tidaklah sulit. Kamu bisa atasi sendiri di rumah, sebelum menggantinya. Agar lebih jelas, berikut solusi untuk ubin retak yang bisa kamu coba.

    Alat dan Bahan yang Dibutuhkan

    Sebelum masuk ke cara untuk memperbaiki keramik yang retak, ada beberapa alat dan bahan yang perlu kamu sediakan lebih dulu.

    • Resin epoksi atau lem perekat ubin retak,
    • Kutek bening (untuk retakan tipis),
    • Amplas halus,
    • Spatula atau pisau dempul,
    • Sikat gigi bekas atau tusuk gigi,
    • Kain lap atau sponge cuci piring, juga
    • Kuas.

    Cara Memperbaiki Keramik Retak Tipis

    Keretakan tipis pada ubin sangat umum terjadi, entah karena adanya tekanan atau akibat umur yang sudah tua. Terkadang, ini juga terjadi karena pemasangan yang kurang baik.

    Untuk memperbaiki keretakan tipis pada keramik sebetulnya tidak membutuhkan banyak bahan khusus. Cukup gunakan kutek bening dan amplas yang sudah disebutkan di atas.

    1. Cukup tuangkan cairan kutek bening ke bagian yang retak secara merata. Kamu bisa gunakan tusuk gigi untuk meratakannya.
    2. Tunggu cairan kutek hingga kering. Bila kamu punya alat sinar UV, kamu bisa gunakan ini untuk mengeringkan cairan agar jadi lebih keras.
    3. Bila sudah kering, gunakan amplas halus untuk meratakan permukaan bagian yang retak agar sama dengan ubin.
    4. Selesai.

    keramik 1

    Cara Memperbaiki Keramik yang Pecah

    Bila ubin di rumah kamu pecah, maka cara perbaikannya akan berbeda dari keretakan tipis. Hal ini karena ada kekosongan besar yang harus kamu isi.

    Selain itu, untuk pecahan yang besar biasanya masih bisa kamu sambungkan dengan bagian yang masih utuh. Karena itu, alat dan bahan selain dari yang sudah kamu gunakan untuk keretakan tipis.

    1. Bersihkan lebih dulu area yang pecah. Untuk kepingan ubin yang besar, kamu bisa angkat lebih dulu dan sisihkan. Gunakan kuas untuk menyapu sisa pecahan micro dan debu yang ada.
    2. Kamu bisa gunakan sponge yang direndam sedikit air untuk membersihkannya. Lalu, keringkan area tersebut dengan kain bersih hingga tidak tersisa air sama sekali.
    3. Setelah memastikan area pecahan kering, buat campuran epoksi atau perekat keramik sesuai dengan instruksi yang tersedia di packing.
    4. Bila epoksi atau perekat telah siap, kamu bisa oleskan ke bagian yang pecah atau retak menggunakan spatula. Untuk bagian yang lebih kecil, kamu bisa gunakan tusuk gigi untuk meratakannya.
    5. Bila sudah merata, kikis sisa campuran agar permukaannya rata dengan keramik.
    6. Tunggu hingga campuran mengering.
    7. Untuk bagian yang seharusnya berwarna, kamu bisa warnai dengan cat minyak menggunakan kuas kecil.
    8. Selesai.

    Sekian cara memperbaiki keramik retak tipis maupun yang pecah. Kamu bisa gunakan cara yang paling sesuai dengan kondisi ubin di rumah kamu.

    Bila kamu mencari keramik baru atau peralatan untuk mengatasi keretakan, kamu bisa temukan di OLX, ya. Download juga aplikasi OLX di Google Play Store dan App Store untuk pengalaman belanja yang lebih nyaman!

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait