Minggu, Mei 26, 2024
Lainnya
    Tips & TrikMudah dan Cepat, Ini 3 Cara Cek Plat Nomor Jatim

    Mudah dan Cepat, Ini 3 Cara Cek Plat Nomor Jatim

    Dalam konteks penjualan kendaraan, cek plat nomor dapat digunakan untuk memastikan kepemilikan sah.

    News.OLX – Untuk melakukan cek plat nomor Jatim (Jawa Timur) ternyata caranya cukup mudah. Dan hal ini bisa menjadi hal yang penting, terutama untuk pemilik mobil yang memang sedang membutuhkannya.

    Cek plat nomor kendaraan Jatim memiliki beberapa fungsi, seperti identifikasi kendaraan, verifikasi kepemilikan, dan penegakan hukum. Proses ini membantu memverifikasi informasi dasar, termasuk merek, model, tahun pembuatan, dan warna kendaraan.

    Dalam konteks penjualan kendaraan, cek plat nomor dapat digunakan untuk memastikan kepemilikan sah. Pengecekan pajak dan pemantauan lalu lintas juga termasuk dalam manfaatnya.

    Untuk melakukan pengecekan plat nomor khususnya wilayah Jatim, berikut langkah-langkah yang bisa dilakukan dengan 3 cara. Berikut ulasan lengkapnya:

    1. Cek plat nomor Jatim dengan SMS

    Metode pertama adalah menggunakan SMS. Caranya cukup mudah, yaitu dengan mengirim SMS dengan format JATIM [spasi] Plat Nomor ke nomor 7070. 

    Sebagai contoh, “JATIM AG3921OAQ.” Biaya SMS sebesar Rp385,00. Setelah mengirim SMS, tunggu beberapa saat untuk menerima balasan yang berisi informasi lengkap tentang kendaraan yang plat nomornya dimasukkan.

    plat nomor (2)

    2. Cek plat nomor Jatim E-Samsat

    Metode kedua adalah melalui E-Samsat. Untuk provinsi Jawa Timur, dapat langsung mengakses https://info.dipendajatim.go.id/index.php?page=info_pkb. Setelah itu, masukkan nomor plat mobil yang ingin dicari, isi kode captcha, dan tekan tombol Cari. Informasi tentang kendaraan akan muncul dengan cepat.

    3. Menggunakan aplikasi Cek Pajak Kendaraan

    Metode ketiga melibatkan penggunaan aplikasi Cek Pajak Kendaraan. Unduh aplikasi ini, pilih Jawa Timur, dan masukkan plat nomor kendaraan yang ingin dicek.

    Seperti pada E-Samsat, kamu akan diminta untuk memasukkan kode captcha sebagai langkah verifikasi. Setelah itu, klik Cari dan tunggu beberapa saat hingga informasi kendaraan muncul secara lengkap.

    Selain informasi di atas, kamu bisa mendapatkan informasi menarik lainnya seputar otomotif di OLX Member of ASTRA. Kamu juga cari mobil bekas impianmu dengan mengakses OLX melalui aplikasi dengan mengunduhnya di Play Store atau App Store.

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait