Jumat, Mei 24, 2024
Lainnya
    Tips & TrikOli Mobil Berwarna Hitam, Apakah Tanda Mesin Bermasalah?

    Oli Mobil Berwarna Hitam, Apakah Tanda Mesin Bermasalah?

    Ketika kamu merawat kendaraan, salah satu aspek yang paling penting adalah menjaga kondisi mesinnya. Salah satu indikator penting kesehatan mesin adalah warna oli mesin. Oli mobil yang berwarna hitam sering kali menjadi perhatian para pemilik kendaraan. 

    News.OLX – Tetapi apakah oli hitam selalu menjadi tanda masalah pada mesin mobil? Dalam artikel ini, mari membahas apa yang sebenarnya diindikasikan oleh oli mobil yang berwarna hitam dan kapan kamu harus menggantinya.

    Apa itu oli mesin dan perannya?

    Oli mesin adalah cairan pada ruang mesin yang berfungsi untuk memberikan pelumas untuk mengurangi gesekan antara berbagai komponen mesin mobil. 

    Baca juga: Perbedaan Oli Mesin Bensin dan Diesel untuk Mobil

    Selain itu, oli juga berperan dalam mendinginkan mesin, membersihkan mesin, mencegah karat, dan menghemat bahan bakar. Ketika oli mesin berfungsi dengan baik, mesin mobil dapat beroperasi dengan efisien dan tahan lama.

    Penyebab oli mesin berwarna hitam

    Oli mobil yang berwarna hitam bukanlah hal yang jarang terjadi dan sebenarnya bisa memiliki beberapa penyebab yang berbeda:

    1. Indikator usia

    Menghitamnya warna oli mesin bisa menjadi indikator usia pakai sekaligus penggantian oli mesin. Oli ini akan mengumpulkan partikel kotoran dan endapan dari mesin yang kemudian akan tercampur dan memberikan warna gelap pada oli. 

    Baca juga: Selain dari Jarak Tempuh, Ini Tanda Oli Mesin Motor Perlu Diganti

    Ini adalah proses alami yang terjadi seiring penggunaan normal.

    2. Overheat/Mesin terlalu panas

    Kondisi ini terjadi antara lain karena setelan kopling yang kurang pas, sehingga membuat selip dan oli mesin mobil menguap dengan cepat dan menyebabkan warna oli mesin berubah menjadi hitam.

    3. Proses kerja mesin

    Saat mesin bekerja mesin akan menghasilkan panas dari gesekan antar komponen yang dapat memicu reaksi molekul pada oli mesin mobil sehingga menghasilkan partikel karbon dalam oli mesin mobil  dapat mengubah warna menjadi kehitaman.

    Mesin 2

    Kapan harus mengganti oli mesin mobil?

    Meskipun warna oli yang berubah menjadi hitam adalah hal yang umum terjadi, ada beberapa tanda yang perlu diperhatikan untuk mengganti oli mesin mobil:

    Baca juga: Jangan Sepelekan Oli Mesin, Ini Waktu Yang Tepat Menggantinya

    1. Suara mesin mobil terdengar kasar

    Tanda oli mobil harus diganti yang bisa kamu cermati adalah munculnya suara yang kasar dari mesin mobil. Oli berguna untuk menghaluskan mesin, jika menimbulkan suara yang kasar dan mengganggu. Sebaiknya kamu segera melakukan penggantian oli mesin mobil milikmu.

    2. Perubahan warna dan tekstur oli

    Oli yang masih dalam kondisi yang bagus biasanya berwarna kuning jernih. Apabila oli mesin mobil  sudah berubah warna menjadi keruh dan menjadi hitam pekat, maka dapat dipastikan bahwa kualitas oli tersebut sudah buruk. Sehingga, kamu perlu melakukan penggantian oli.

    3. Keluarnya asap pekat dari knalpot mobil

    Asap knalpot yang baik setidaknya akan berwarna putih dan hampir tidak bisa dilihat. Oleh karena itu, kamu patut curiga ketika knalpot mobil mengeluarkan asap berwarna hitam dengan bau yang tidak enak. Sebaiknya segera lakukan pemeriksaan pada kondisi oli mesin mobil kamu.

    Baca juga: Ini Tanda Oli Mesin Mobil ‘Tekor’ dan Penyebabnya

    4. Kinerja mesin yang menurun

    Ketika kualitas oli mesin berkurang maka fungsinya sebagai pelumas komponen mesin juga akan ikut menurun. Akibatnya, komponen mesin akan bergesekan dengan keras sehingga akselerasi mobil menjadi terasa berat.

    Jika sudah mengetahuinya segera lakukan pengecekan pada oli mesin mobil kamu.

    Jika kamu melihat salah satu tanda di atas atau memiliki kekhawatiran lain tentang kondisi mesin mobil kamu, sebaiknya segera lakukan pengecekan, perawatan preventif, dan pemeliharaan yang tepat tentu dapat membantu mencegah masalah serius pada mesin mobil.

    Apakah mobilmu menunjukan tanda-tanda di atas? Segera cek oli mesin mobil kamu sekarang juga dan kamu bisa dapatkan informasi dari dunia otomotif lainnya melalui OLX.

    Yuk kunjungi website OLX atau mengunduh aplikasinya melalui Play Store dan App Store.

     

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait