Jumat, Mei 24, 2024
Lainnya
    Tips & TrikJarang Servis Rutin Kendaraan, Salah Satu Faktor Penyebab Kecelakaan Lalu Lintas

    Jarang Servis Rutin Kendaraan, Salah Satu Faktor Penyebab Kecelakaan Lalu Lintas

    Faktor kecelakaan lalu lintas terjadi karena beberapa hal. Ini bisa berkaitan dengan perilaku pengemudi ataupun kondisi jalan. Salah satu penyebabnya adalah jarang servis rutin kendaraan.

    News.OLX – Salah satu penyebab kecelakan juga bisa terjadi karena faktor kondisi kesehatan kendaraan. Ini kerap terjadi lantaran pemilik mobil sering mengabaikan servis rutin yang sebetulnya wajib dilakukan.

    Servis rutin bukan sekadar memperbaiki komponen yang rusak. Servis mobil secara berkala memiliki dampak besar terhadap keamanan dan kinerja kendaraan. Untuk itu, hal ini wajib dilakukan secara berkala.

    faktor kecelakaan lalu lintas (1)

    Mengapa servis mobil rutin penting?

    Faktor kecelakaan lalu lintas dapat muncul secara tak terduga jika kamu mengabaikan servis mobil. Keausan kampas rem, tekanan ban yang tidak sesuai, atau mesin yang bekerja di bawah performa optimal dapat menjadi pemicu risiko yang serius.

    Ini akibat atau efek yang dirasakan saat kendaraan tidak pernah atau jarang melakukan servis berkala:

    Pengereman yang tidak optimal

    Rem merupakan komponen krusial dalam menghentikan laju kendaraan. Salah satu risiko yang sering terjadi adalah pengereman yang tidak optimal akibat ausnya kampas rem.

    Jarak pengereman yang lebih panjang dapat meningkatkan kemungkinan terjadinya tabrakan. Pergantian kampas rem secara rutin sangat penting untuk menjaga keamanan dan kenyamanan seluruh penumpang.

    Setir dan suspensi yang tidak stabil

    Setir dan suspensi yang tidak stabil dapat membuat kendaraan sulit dikendalikan. Situasi darurat atau kondisi jalan yang tidak rata bisa menjadi mimpi buruk tanpa setir yang berfungsi dengan baik.

    Performa mesin yang buruk

    Mesin yang bekerja di bawah performa optimal karena kurangnya pergantian oli dapat menyebabkan keterlambatan respons kendaraan. Situasi darurat membutuhkan performa mesin yang prima.

    Keausan komponen yang mempengaruhi stabilitas

    Mobil yang jarang diservis bekerja lebih keras dan lebih rentan terhadap keausan komponen. Tekanan yang terus-menerus pada sistem dapat mengakibatkan komponen aus lebih cepat, mempersingkat umur mobil secara keseluruhan.

    Komponen mobil yang bekerja lebih keras akibat kurangnya servis rutin dapat mengurangi stabilitas kendaraan. Stabilitas yang terganggu meningkatkan risiko tergelincir atau terguling, terutama saat bermanuver.

    Tekanan ban yang tidak sesuai

    Ban, sebagai satu-satunya hubungan antara mobil dan jalan, juga memerlukan perhatian khusus. Pemeriksaan rutin terhadap tekanan angin, ketebalan tapak ban, dan rotasi ban dapat mencegah kecelakaan akibat ban kempis atau aus.

    Ban yang tidak memiliki tekanan yang sesuai dapat mengurangi kontrol pengemudi. Risiko pecah atau kehilangan traksi menjadi nyata, terutama pada kecepatan tinggi atau kondisi jalan basah.

    Filter angin yang tersumbat

    Filter angin pada mesin juga merupakan komponen yang sering diabaikan. Filter yang bersih memastikan akselerasi yang responsif. Sebaliknya, filter yang kotor dapat menghambat akselerasi dan membuat mobil terasa tersendat.

    Filter angin yang kotor juga dapat menghambat aliran udara ke mesin, mengurangi efisiensi pembakaran, dan kinerja mesin. Performa mesin yang kurang responsif dapat meningkatkan risiko kecelakaan, terutama dalam situasi mendesak.

    Mobil mogok mendadak

    Mobil yang jarang diservis memiliki risiko lebih tinggi untuk mengalami kerusakan mendadak dapat menyebabkan mogok saat sedang digunakan. Servis berkala tidak hanya mencakup pemeriksaan mesin, tetapi juga kaki-kaki dan sistem kelistrikan.

    Jika mogok terjadi, terutama di tengah perjalanan, dapat menjadi pemicu kecelakaan. Kendaraan yang menjadi hambatan di jalan meningkatkan risiko tabrakan atau kecelakaan lainnya.

    Jadi jangan pernah abaikan urusan servis rutin mobilmu ya….

    Dapatkan informasi menarik seputar otomotif di OLX Member of ASTRA. Download aplikasinya di Play Store atau App Store.

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait