Jumat, Mei 24, 2024
Lainnya
    LainnyaJangan Panik, Kenali 6 Penyebab Setir Mobil Berat dan Cara Mengatasinya

    Jangan Panik, Kenali 6 Penyebab Setir Mobil Berat dan Cara Mengatasinya

    Setir mobil Anda terasa berat saat dikemudikan? Padahal, kendaraan sudah dilengkapi teknologi power steering. Teknologi yang satu ini dipasangkan pada bagian roda kemudi sebenarnya memang berfungsi agar roda kemudi lebih mudah dikendalikan. Sehingga, saat setir diputar akan terasa lebih ringan.

    Hanya saja, kendala yang sering tiba-tiba terjadi adalah setir terasa berat. Jangan dulu panik, hal ini memang kerap dialami beberapa pemilik kendaraan roda empat. Hal yang perlu diketahui adalah penyebab terjadinya setir mobil berat dan solusi yang bisa dilakukan.

    Penyebab Setir Mobil Berat dan Solusinya

    Setir mobil yang berat saat dikemudikan bisa disebabkan karena cara mengemudi yang buruk atau bisa juga karena jarang melakukan perawatan rutin mobil. Berikut ini beberapa hal yang bisa menjadi penyebab setir mobil berat dan sulit dikendalikan.

    Ban kempes atau kurang angin

    Ban mobil merupakan bagian mobil yang masih berada dalam satu sistem yang sama dengan power steering. Oleh karenanya, ban mobil yang kempes atau kurang angin bisa menjadi penyebab setir terasa lebih berat saat dikemudikan.

    Kurangnya tekanan angin pada ban akan mempersulit pengemudi untuk melakukan manuver. Selain itu, bisa juga mempercepat kerusakan ban mobil, seperti terjadi kebocoran ban yang dampaknya tidak baik untuk pelek. Dampak lainnya yang paling parah adalah ban mungkin saja meledak. Tekanan angin pada ban akan lebih cepat berkurang, jika Anda mempertahankan ban yang sudah botak.

    Untuk menghindari resiko fatal tersebut, Anda perlu rutin memeriksa tekanan angin pada ban sebelum menggunakannya. Jika habis, segera tambahkan tekanan angin sesuai standar yang dianjurkan, agar berkendara lebih nyaman. Selain itu, lakukan penggantian pada ban yang sudah botak.

    Baca juga: Ini Faktor Pemicu Electric Power Steering Rusak, Bikin Putaran Kemudi Jadi Berat Berat

    Masalah pada power steering

    Saat setir terasa berat, penting juga untuk memeriksa komponen inti dari kemudi, yaitu power steering. Biasanya ditemukan beberapa masalah pada bagian ini. Masalah tersebut meliputi:

    • Oli power steering habis

    Jika kondisi ini terjadi, tidak ada tekanan hidrolik yang cukup untuk membantu putaran setir. Maka, setir semakin berat dan sulit digerakkan. Periksa bagian tabung reservoir oli di dalam ruang mesin, segera tambahkan oli power steering yang habis.

    • Pompa oli power steering mampet

    Jika ternyata oli power steering masih banyak, berarti masalah bukan pada oli yang habis. Kemungkinan penyebabnya adalah pompa oli power steering yang tidak bekerja optimal. Hal ini dapat menghambat sirkulasi oli yang menyebabkan tekanan hidrolik oli ke power steering rack berkurang, sehingga setir akan terasa berat. Biasanya ini ketidakoptimalan ini terjadi karena adanya sumbatan pada pompa oli. Untuk itu, pastikan rutin mengganti oli power steering dengan oli berkualitas yang sesuai standar mobil untuk menjaga performanya.

    • Kerusakan pada power steering belt

    Bisa juga periksa bagian power steering belt atau kipas putarannya. Fungsi power steering belt adalah memutar pompa oli agar menghasilkan tekanan hidrolik secara maksimal. Jika belt rusak, misalnya putus, maka pompa oli power steering tidak dapat bekerja optimal. Hal ini menyebabkan setir kehilangan tekanan dan membuatnya berat dikendalikan. Segera ganti belt yang rusak.

    Penggunaan komponen KW

    Hal yang satu ini sebetulnya agak tricky. Sebab, ada kemungkinan oknum bengkel bermain curang. Sehingga, diperlukan kehati-hatian dan selalu pastikan, bahwa setiap penggantian komponen menggunakan komponen asli. Jangan asal memilih bengkel servis atau sengaja mengganti komponen dengan yang palsu, karena berisiko membuat komponen cepat rusak dan berpengaruh pada komponen mobil lainnya.

    Baca juga: Kupas Tuntas Cara Memperbaiki dan Merawat Power Steering

    Kerusakan pada steering rack

    Steering rack merupakan komponen penghubung antara setir dengan kaki-kaki mobil. Komponen ini biasanya mengalami kerusakan karena Anda sering berkendara pada jalanan berlubang. Gesekan antar komponen yang terlalu sering, bisa menyebabkan steering rack mengalami aus dan mudah rusak. Sehingga, setir mobil terasa berat. 

    Bukan hanya itu, jika komponen ini pernah dibuka dan dipasang tidak sesuai dengan setelan pabrik, maka bisa jadi ini penyebab setir mobil terasa berat. Pemasangan steering rack yang terlalu kencang atau terlalu longgar, bisa membuat setir berat dan sulit dikendalikan. Karenanya, selalu periksa bagian ini secara berkala di bengkel servis terpercaya.

    Kerusakan pada Long Tie Rod

    Long tie rod berfungsi untuk meredam getaran dari ban ke setir mobil. Jika komponen ini rusak, maka kenyamanan berkendara akan sulit dirasakan, termasuk setir mobil yang terasa berat. Biasanya kerusakan terjadi pada ujung besi panjang ini, yaitu ball joint yang bekerja sebagai engsel. Penyebabnya bisa jadi karena mobil terlalu sering melewati jalan berliku-liku. Jika kerusakan terjadi pada komponen ini, maka inner tie rod yang perlu diganti secara keseluruhan.

    Baca juga: Memahami Power Steering, Fungsi dan Cara Kerjanya!

    FWA tidak sejajar

    FWA atau Front Wheel Alignment diatur sedemikian rupa agar posisinya membuat setir jauh lebih ringan untuk bermanuver. Penggunaan mobil terus menerus, memungkinkan posisinya mengalami perubahan, seperti mengarah ke luar di bagian atas. Hal ini dapat membuat setir terasa berat.

    Setir terasa berat akibat ketidaksejajaran FWA sangat bisa dihindari, jika rutin melakukan servis, khususnya spooring dan balancing. Sebelum setir terasa berat, memeriksa kaki-kaki mobil adalah hal rutin yang perlu dilakukan, sehingga permasalahan bisa segera diatasi.

    Itulah beberapa penyebab setir mobil terasa berat saat digunakan. Jangan lupa untuk selalu memeriksa dan melakukan perawatan kendaraan pribadi. Khususnya, bagi seller jual – beli mobil bekas. Sebab, kestabilan kondisi mobil sangat berpengaruh pada minat seseorang membeli mobil. 

    Ingin jual mobil bekas dengan aman? Datangi showroom mobil bekas terdekat atau #PilihYangPasti untung dan aman di OLX Autos. Tanpa proses jual mobil yang ribet, prioritas kami adalah kemudahan dan keamanan bertransaksi. Sehingga, jual mobil bisa lebih nyaman. Kamu bisa dapatkan pembayaran instan dan tanpa hidden fee!

    GIIAS 2023
    Populer
    Berita Terkait