Senin, Mei 27, 2024
Lainnya
    Tak BerkategoriMengenal Perbedaan Honda Freed Tipe A, S, dan E

    Mengenal Perbedaan Honda Freed Tipe A, S, dan E

    JAKARTA – Diperkenalkan sejak tahun 2009 oleh pabrikan asal Negeri Sakura, Honda Freed menjadi mobil multi purpose vehicle (MPV) yang cukup banyak diminati. Kental sebagai mobil keluarga, Honda Freed memiliki beberapa keunggulan yang tidak dimiliki oleh mobil lainnya.

    Diadaptasi dari Honda Jazz menjadi mobil MPV, Honda Freed. Memiliki bentuk body yang boxy. Honda Freed yang dilengkapi dengan sliding door ini menjadi salah satu keunggulannya.

    Meski tidak bertahan cukup lama karena saat ini sudah tidak ada unit baru yang ditawarkan oleh Honda. Namun untuk unit bekasnya masih memiliki pasar yang cukup besar.

    Memiliki tampilan sporty yang kental dengan gaya anak muda. Mobil ini bisa menjadi mobil untuk keluarga muda dengan buah hati yang masih kecil.

    Memiliki berbagai fitur yang menunjang kenyamanan dalam berkendara. Mobil ini hadir dengan tiga tipe yaitu Honda Freed tipe A (Alpha), Honda Freed tipe S, dan Honda Freed tipe E (PSD).

    Untuk yang berminat meminang Honda Freed sebagai kendaraan keluarga Anda, bisa menyimak perbedaan dari ketiga tipe Honda Freed di bawah ini.

    Spesifikasi Honda Freed

    Spesifikasi Honda Freed
    Honda Freed (olxautos.co.id)

    Mobil MPV dari Honda ini dibekali dengan mesin L15A yang sama dengan mobil Honda Jazz. Tapi dari segi tenaga, mesin pada Honda Freed ini lebih rendah yaitu 116 hp saja.

    Namun untuk torsinya, Honda Freed punya torsi yang lebih besar, yakni 146 Nm sementara Honda Jazz hanya 143 Nm.

    Mesin L15A sendiri memiliki konfigurasi 4-silinder segaris dengan 16 katup berteknologi i-VTEC. Mesin dengan kapasitas 1.497 cc tersebut masih menggunakan teknologi SOHC.

    Pada transmisinya tersedia transmisi otomatis 5 percepatan dengan teknologi otomatis konvensional (torque converter). Untuk suplai bahan bakarnya mobil ini sudah menggunakan teknologi PGM-FI.

    Untuk sistem kemudinya, Honda Freed sudah dilengkapi dengan Rack dan Pinion, tilt steering dan power steering.  Fitur ini pun sudah tersedia di semua tipe.

    Nah, untuk spesifikasi ini digunakan pada semua jenis varian Honda Freed, mulai dari tipe Honda Freed A, Freed S dan Freed E.

    Interior Honda Freed

    Interior Honda Freed
    Honda Freed (olxautos.co.id)

    Warna interior pada kabin Honda Freed ini juga memiliki perbedaan pada setiap tipenya. Untuk tipe Honda Freed E menggunakan material berwarna hitam sedangkan dua varian di bawahnya menggunakan warna ivory two tone.

    Tidak kalah penting untuk sisi hiburan di dalam kabin, hanya tipe tertinggi yang memiliki head unit dengan fitur paling lengkap.

    Head unit ini memiliki ukuran 6,1 inci, head unit tersebut sudah mendukung pengoperasian layar sentuh, Bluetooth, USB, bahkan pabrikan mengatakan perangkat tersebut “Made for iPod & iPhone”.

    Sedangkan untuk AC otomatis dan heater hanya tersedia pada tipe E. Selebihnya, semua varian sudah dilengkapi sabuk pengaman tiga titik di setiap baris bangku, immobilizer, dan auto lock system dengan sensor kecepatan.

    Eksterior Honda Freed

    Eksterior Honda Freed
    Honda Freed (olxautos.co.id)

    Pada bagian eksterior baru terlihat beberapa perbedaan dari ketiga tipe Honda Freed yang ditawarkan oleh Honda tersebut. 

    Honda Freed S dan Freed E menggunakan pelek yang terbuat dari bahan alloy. Sementara untuk Freed A menggunakan pelek berbahan besi.

    Begitu pula pada spion yang tersedia pada tipe S dan E sudah dilengkapi lampu sein. Serta pelipatan otomatis baru disediakan pada tipe tertinggi yaitu tipe E.

    Memiliki pintu geser, untuk tipe terendahnya yaitu Honda Freed A hanya tersedia fitur pintu geser manual. Belum memiliki fitur power sliding door seperti tipe S dan E.

    Untuk suspensinya, mobil ini sudah dilengkapi dengan McPherson strut with stabilizer pada bagian depan. Bagian belakangnya menggunakan H-shape torsion beam. Semua ini tersedia pada tipe A, S dan E.

    Fitur Honda Freed

    Fitur Honda Freed
    Honda Freed (olxautos.co.id)

    Fitur yang disematkan pada MPV Honda ini pun sudah mumpuni. Untuk sistem keselamatannya sudah dibekali dengan New Dual SRS Airbags, New Auto Door Lock by Speed yang tersedia pada semua tipe. 

    Pada sisi keamanannya, mobil ini dibekali dengan Immobilizer & Keyless Entry, G-CON + ACE, ABS + EBD yang juga tersedia pada semua tipe. 

    Untuk menunjang kenyamanan berkendara tersedia armrest yang tersedia hanya pada tipe S dan E. Serta Seat Back Pocket ( Dr & As ) pada dua tipe tersebut. 

    Untuk sisi hiburannya sendiri tersedia fitur A/V System with 6.1” Touchscreen Monitor, DVD, USB, Made for iPod & iPhone, Bluetooth Ready yang hanya ada pada tipe tertinggi yaitu tipe E. 

    Menjadi salah satu MPV dengan fitur yang paling menonjol adalah pintu gesernya, untuk tipe A, fitur dari pintu ini masih digeser secara manual.

    Namun untuk tipe S tersedia Power Sliding Door pada sisi kiri dan dan E sudah dilengkapi dengan Power Sliding Door untuk kedua sisi.

    Harga Honda Freed Baru

    Bagi Anda yang tertarik untuk memiliki mobil MPV dari Honda yang sangat nyaman ini tentu bisa mendapatkannya dengan berbagai pilihan harga sesuai dengan kondisi mobil, tipe dan tahun dibuatnya. 

    Namun bila Anda ingin memilih unit baru tentu saat ini sangat sulit, karena Honda di Indonesia sendiri sudah tidak merilis unit barunya. 

    Harga Honda Freed Bekas

    Setelah Honda di Indonesia tidak merilis unit barunya, mobil MPV ini malah cukup banyak diincar para pencari mobil keluarga. Untuk harga mobil bekasnya sendiri memiliki rentang harga yang cukup stabil yang hingga saat ini masih di atas Rp100 jutaan.

    Bila Anda menginginkan mobil bekas dari Honda Freed ini dijual dengan rentang harga Rp100 hingga Rp120 jutaan.

    Nah, setelah menyimak perbedaan dari Honda Freed tipe A, S dan E, tentu sedikit banyak Anda sudah paham mengenai perbedaan dari ketiganya. Untuk masalah mobil bekas, jangan sampai salah pilih dan percayakan pada dealer dari OLX Autos yang memberikan penawaran terbaik serta garansi pada unit yang Anda beli.

    Dapatkan mobil bekas berkualitas dengan #PilihYangPasti di OLX Autos! Kami menjamin semua mobil yang bisa anda pilih berkondisi prima, dan bergaransi karena telah melalui inspeksi detail dari Petugas berpengalaman. Pilih mobil terbaik untuk menunjang semua kebutuhan harian di OLX Autos!

    GIIAS 2023
    Populer
    Berita Terkait