Jumat, Mei 24, 2024
Lainnya
    MotorPerbedaan Vespa Primavera dan Sprint, Dari Spesifikasi Hingga Performa

    Perbedaan Vespa Primavera dan Sprint, Dari Spesifikasi Hingga Performa

    Vespa Primavera dan Sprint merupakan skuter matik yang diproduksi oleh pabrikan otomotif asal Italia, Piaggio. Keduanya menjadi motor matik merek Vespa yang sangat populer di masyarakat Indonesia.

    Berbeda dengan motor matik lainnya, Vespa memiliki bodi monokok yang menjadi satu kesatuan. Terbuat dari metal, membuat Vespa menjadi salah satu motor matik yang memiliki peminatnya tersendiri.

    Hingga saat ini sudah cukup banyak varian skuter matik Vespa di Tanah Air. Dari beberapa varian tersebut, Vespa Primavera dan Vespa Sprint menjadi dua motor yang sangat populer. 

    Memiliki desain sporty dan kekinian, membuat motor ini sangat digemari oleh para anak muda. Meski dalam kenyataannya yang menggunakan Vespa ini adalah semua kalangan dari usia muda hingga tua.

    Baca juga: Review Lengkap dan Spesifikasi Vespa Primavera, Ini Keunggulannya

    Berikut perbedaan Vespa Primavera dan Sprint dari spesifikasi hingga performa.

    Kelebihan dan kekurangan Vespa Primavera

    Kelebihan Vespa Primavera:

    1. Desain ikonik: Vespa Primavera memiliki desain yang ikonik dan klasik dengan garis-garis lembut dan bentuk yang elegan. Desain Vespa Primavera yang timeless membuatnya selalu terlihat modis dan stylish.
    2. Kinerja mesin yang baik: Vespa Primavera dilengkapi dengan mesin 150 cc yang mampu menghasilkan tenaga maksimum 12,7 hp pada 7.750 rpm dan torsi maksimum 12,8 Nm pada 6.500 rpm. Mesin ini dikombinasikan dengan transmisi otomatis berjenis variabel yang memberikan akselerasi yang lancar dan responsif.
    3. Fitur lengkap: Vespa Primavera dilengkapi dengan fitur lengkap seperti lampu depan LED, lampu belakang LED, sistem pengereman ABS, panel instrumen digital, dan lain sebagainya. Fitur-fitur tersebut membuat pengendara merasa nyaman dan aman saat berkendara.
    4. Nyaman dan stabil: Vespa Primavera memiliki suspensi yang nyaman dan kokoh, sehingga mampu memberikan kenyamanan dan stabilitas saat berkendara.

    Kekurangan Vespa Primavera:

    1. Harga yang cukup mahal: Vespa Primavera memiliki harga yang cukup mahal jika dibandingkan dengan skuter matic lainnya di kelasnya.
    2. Konsumsi bahan bakar yang agak boros: Meskipun Vespa Primavera memiliki mesin yang bertenaga, namun konsumsi bahan bakarnya agak boros jika dibandingkan dengan beberapa skuter matic lain di kelasnya.
    3. Keterbatasan ruang penyimpanan: Vespa Primavera memiliki ruang penyimpanan yang cukup terbatas, sehingga sulit untuk membawa barang-barang yang cukup banyak.

    Baca juga: Review Lengkap dan Spesifikasi Vespa Sprint, Desainnya Anak Muda Banget

    Kelebihan dan kekurangan Vespa Sprint

    Kelebihan Vespa Sprint:

    1. Desain ikonik: Vespa Sprint memiliki desain yang ikonik dengan garis-garis tegas dan bentuk yang elegan. Desain Vespa Sprint yang timeless membuatnya selalu terlihat modis dan stylish.
    2. Kinerja mesin yang baik: Vespa Sprint dilengkapi dengan mesin 150 cc yang mampu menghasilkan tenaga maksimum 12,7 hp pada 7.750 rpm dan torsi maksimum 12,8 Nm pada 6.500 rpm. Mesin ini dikombinasikan dengan transmisi otomatis berjenis variabel yang memberikan akselerasi yang lancar dan responsif.
    3. Fitur lengkap: Vespa Sprint dilengkapi dengan fitur lengkap seperti lampu depan LED, lampu belakang LED, sistem pengereman ABS, panel instrumen digital, dan lain sebagainya. Fitur-fitur tersebut membuat pengendara merasa nyaman dan aman saat berkendara.
    4. Nyaman dan stabil: Vespa Sprint memiliki suspensi yang nyaman dan kokoh, sehingga mampu memberikan kenyamanan dan stabilitas saat berkendara.

    Kekurangan Vespa Sprint:

    1. Harga yang cukup mahal: Vespa Sprint memiliki harga yang cukup mahal jika dibandingkan dengan skuter matic lainnya di kelasnya.
    2. Konsumsi bahan bakar yang agak boros: Meskipun Vespa Sprint memiliki mesin yang bertenaga, namun konsumsi bahan bakarnya agak boros jika dibandingkan dengan beberapa skuter matic lain di kelasnya.
    3. Keterbatasan ruang penyimpanan: Vespa Sprint memiliki ruang penyimpanan yang cukup terbatas, sehingga sulit untuk membawa barang-barang yang cukup banyak.

    Baca juga: Review Lengkap dan Spesifikasi Vespa LX 125, dari Fitur Hingga Keunggulannya

    Perbandingan Harga

    Meski memiliki spesifikasi yang hampir sama, Vespa Primavera dan Vespa Sprint dibandrol dengan harga yang berbeda. Terkait harga, Vespa Sprint dibanderol lebih mahal Rp53,7 juta, sedangkan Sprint S Rp56,2 juta. 

    Sementara itu, Vespa Primavera Rp50,7 juta dan Primavera S Rp53,2 juta. Tampaknya, perbedaan harga ini hanya didasari dari desain tampilannya saja. Sebab, terkait mesin, rangkan, hingga fitur keduanya terbilang sama.

    Perbandingan Fitur

    Memiliki beberapa fitur yang disematkan untuk menunjang kenyamanan dalam berkendara. Kedua motor matik dari Piaggio ini memiliki fitur yang sama. Masing-masing telah disemati panel instrument kombinasi analog dan digital. 

    Kemudian, terdapat fitur anti-lock braking system (ABS) yang dapat mencegah roda terkunci ketika pengendara melakukan pengereman mendadak. Untuk lampunya sudah menggunakan LED.

    Selain itu, terdapat pula USB charger untuk mengisi daya smartphone ketika berkendara. Ditambah penyimpanan di dashboard depan dengan penutup. Lalu, di bagian bawah jok juga ada bagasi yang sanggup menyimpan helm half face jenis retro. 

    Soal keamanan, kedua motor ini punya anti-theft immobilizer. Dengan fitur ini, motor gak akan aktif tanpa kunci bawaan pabrik sehingga sulit dibobol.

    Perbandingan Performa

    Soal performanya, mesin Vespa Sprint dan Vespa Primavera ini sama-sama bisa menghasilkan torsi puncak 12 Nm pada 5.000 rpm dan tenaga maksimal 11,6 hp pada 7.500 rpm. 

    Bila hal ini dibandingkan dengan motor matik pabrikan asal Jepang tentu cukup ketinggalan. Namun Vespa memiliki segmen tersendiri yang memang dipakai sebagai motor matik santai.

    Sama-sama menggunakan kubikasi 154,8 cc dengan konfigurasi satu silinder dan pendingin udara. Di dalam jantung mekanis tersebut tersedia teknologi i-get, 4-tak, dan 3-katup. Sistem penyemprotan bahan bakar yang dipakai sudah injeksi.

    Nah, itulah ulasan mengenai perbedaan Vespa Primavera dan Sprint yang dapat menjadikan referensi bagi Anda sebelum membeli motor matik dari Piaggio tersebut. 

    Kalau soal membeli mobil bekas, pastikan yang pasti aja yaitu di OLX Autos yang dapat memberikan penawaran terbaik serta garansi pada unit yang Anda beli. 

    Pilih mobil bekas berkualitas terbaik, dan harga yang paling reasonable di OLX Autos. Ada ribuan unit mobil bekas berkualitas yang bisa dipilih. Kami menjamin semua unit mobil berkondisi prima, dan bergaransi karena telah melalui inspeksi detail dari petugas berpengalaman. Dengan harga dan biaya perawatan yang rendah, kebutuhanmu bisa terpenuhi!

    GIIAS 2023
    Populer
    Berita Terkait