Jumat, Mei 31, 2024
Lainnya
    InformasiPeugeot 206, Hatchback Seksi yang Pernah Tenar di Zamannya

    Peugeot 206, Hatchback Seksi yang Pernah Tenar di Zamannya

    Peugeot 206 ternyata sudah eksis dari era 90an!

    News.OLX – Peugeot adalah  salah satu mobil Eropa asal Prancis yang sudah melegenda di ranah otomotif dan salah satu andalan dari mereka adalah Peugeot 206. Yang sudah diproduksi dari tahun 1998 hingga 2013. 

    Sebagai pengganti Peugeot 205, ternyata dengan kehadirannya menjadi salah satu model yang sukses dalam sejarah. Peugeot 206 juga menjadi salah satu mobil Eropa yang paling banyak terjual di zamannya.

    Dan faktanya, Peugeot 206 merupakan model Peugeot yang paling laris di Indonesia. Hingga sekarang saja, masih banyak Peugeot 206 yang masih berkeliaran di jalanan karena kepopulerannya.

    Karena kemahsyurannya di kancah otomotif, berikut ini adalah penjelasan singkat dari sejarah dan eksistensinya dari masa ke masa.

    Sejarah

    Peugeot 206 pertama kali diperkenalkan pada bulan September 1998 sebagai model hatchback 3 pintu. Desainnya yang modern dan kompak, membuatnya populer di pasar mobil kompak di Eropa dan di seluruh dunia.

    Baca juga: Berumur Lebih dari 200 Tahun, Ini Sejarah Peugeot

    Versi perubahan pertamanya diluncurkan pada tahun 1999. Saat itu Peugeot meluncurkan varian hatchback 5 pintu, yang kemudian disusul oleh versi cabriolet pada tahun 2001. 

    Di tahun yang sama, Peugeot  meluncurkan versi sedan yaitu Peugeot 206 SD dengan model stylish bagian belakang yang lebih panjang dan menawarkan ruang kargo yang lebih besar.

    Selain itu, Peugeot juga menghadirkan varian sporty, Peugeot 206 GTI dan Peugeot 206 RC. Kedua varian ini dilengkapi dengan mesin yang lebih bertenaga, suspensi yang terbaru, dan beberapa perubahan desain eksterior yang tajam.

    Selama masa produksinya, Peugeot 206 mengalami beberapa pembaruan desain dan peningkatan fitur keselamatan. Hingga di 2003, Peugeot memperkenalkan desain wajah yang baru dengan grille yang lebih besar dan lampu depan yang lebih tajam. 

    Pada tahun 2009, Peugeot melakukan perubahan terakhir pada 206 dengan pembaruan desain eksterior dan interior yang lebih segar.

    Peugeot 206 (1)

    Peugeot 206 dan kepopulerannya

    Peugeot 206 menjadi salah satu mobil paling laris di Eropa selama beberapa tahun. Mobil ini berhasil terjual hingga lebih dari 7 juta unit di seluruh dunia. Hal itu dikarenakan desainnya yang menarik, performa yang baik, dan harga yang terjangkau. 

    Baca juga: Ini Jenis-jenis Perawatan di Salon Mobil yang Bikin Makin Kinclong

    Namun di 2013, Peugeot menghentikan produksi Peugeot 206 di seluruh dunia kecuali di Iran untuk memberi ruang bagi generasi penerusnya, Peugeot 208. 

    Meskipun boleh dikatakan sudah discontinue di hampir seluruh dunia kecuali Iran, Peugeot 206 tetap populer di pasar mobil bekas dan masih banyak digunakan oleh penggemarnya hingga saat ini.

    Setelah penghentian produksi Peugeot 206 pada tahun 2013, penerusnya, Peugeot 208, diluncurkan untuk mengikuti jejak kesuksesan mobil sebelumnya dengan fitur teknologi yang ditingkatkan dan efisiensi bahan bakar yang lebih baik.

    Selain itu, Peugeot 206 juga populer di dunia rally, terutama versi sportnya seperti Peugeot 206 GTI dan Peugeot 206 RC, yang telah berhasil mengukir sejarah dalam balap rally.

    Selama masa produksinya, Peugeot 206 juga mendapatkan beberapa penghargaan. Pada tahun 1999, Peugeot 206 meraih penghargaan “Car of the Year” di Eropa, mengakui keunggulannya sebagai mobil kompak yang inovatif dan populer di pasar. 

    Baca juga: Definisi Bore Up Mobil dan Tips Jika Ingin Melakukannya

    Karena kehadirannya, Peugeot mampu bertahan sebagai produsen mobil terkemuka di pasar Eropa hingga sekarang karena popularitas dan kesuksesan merek tersebut. Hingga sekarang masih banyak penggemar Peugeot 206  di seluruh dunia. 

    Peugeot 206 di Indonesia

    Peugeot 206 juga memiliki sejarah yang menarik di Indonesia. Mobil ini pertama kali diperkenalkan di pasar Indonesia pada tahun 1999 oleh PT Astra International Tbk sebagai distributor resmi Peugeot di Indonesia. 

    Kehadiran Peugeot 206 di Indonesia memberikan udara segar di segmen mobil kompak yang saat itu didominasi oleh merek Jepang dan Peugeot 206 mendapatkan sambutan yang positif di Indonesia. 

    Selama beberapa tahun, 206 menjadi salah satu model paling populer dari merek Peugeot di Indonesia. Akhirnya Peugeot menjadi merk mobil Eropa yang paling bergengsi dengan gaya dan kualitasnya yang khas.

    Pada tahun 2006, Peugeot mengambil keputusan untuk menghentikan penjualan 206 di Indonesia dan memasukkan 207. Keputusan ini merupakan bagian dari strategi perusahaan untuk fokus pada model-model terbaru di pasar otomotif global.

    Baca juga: Jangan Lupa Cek Hal Ini Setelah Beli Mobil Bekas

    Meskipun Peugeot 206 tidak lagi dijual secara baru di Indonesia, mobil ini tetap sangat mudah ditemui sebagai mobil bekas di pasar dikarenakan daya beli yang tinggi. Terutama yang mencari hatchback eropa yang terjangkau dan mudah dirawat.

    Peugeot 206 bekas masih diminati hingga sekarang oleh pecinta mobil Eropa yang mencari kendaraan dengan gaya yang unik dan memiliki kenangan tersendiri bagi masyarakat Indonesia. Kamu salah satunya? Coba cari di OLX Member of ASTRA, aja!

    Kamu juga bisa mengakses OLX dengan mudah, dimanapun dan kapanpun melalui aplikasi dengan mengunduhnya di Play Store dan App Store!

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait