Minggu, Mei 26, 2024
Lainnya
    Tips & TrikWeekend Kreatif, Poles Mobil di Rumah, Kinclong Murah Meriah

    Weekend Kreatif, Poles Mobil di Rumah, Kinclong Murah Meriah

    Poles mobil bisa dilakukan sendiri, malah membuat biaya perawatan menjadi lebih murah. Tapi, agar hasil maksimal poles mobil harus dilakukan dengan cara yang benar. 

    News.OLXSelain itu kamu juga dituntut memiliki alat dan cairan pendukung mobil yang proper. Misal dengan cairan cat pelindung model spray. Cairan poles ini untuk ukuran 250 – 500 ml dibanderol dengan harga Rp 25 – 100 ribuan.

    Sebaiknya kamu juga menggunakan Felt Block Glass Polishing seharga Rp 40 ribuan, berguna sebagai alat poles kaca. Felt Block berfungsi untuk menghilangkan jamur, atau bercak air, yang dikerjakan dengan cara digosokan pada permukaan kaca secara manual. 

    Benda ini terbuat dari 100% material Wool yang padat. Selanjutnya jangan lupa untuk menyiapkan lap microfiber, yang berfungsi untuk memastikan bahwa tidak ada debu-debu dan sisa-sisa air di body mobil yang tertinggal. 

    Lap microfiber sendiri untuk kualitas yang lumayan baik tersedia mulai dari harga Rp 50 ribuan. Selanjutnya, kamu tinggal tentukan ingin poles mobil dengan bantuan alat poles atau tidak. 

    Jika ingin dengan bantuan alat poles, kamu harus membelinya dahulu dengan harga kisaran sekitar Rp 250 ribuan.

    Poles mobil dengan mesin

    Caranya pastikan mobil dalam keadaan kering dan tidak ada kotoran yang menempel. Lalu usap cairan poles mobil secara merata ke kain poles mesin. Kamu bisa melakukannya dari panel samping, depan, atau belakang secara bergantian.

    Sebaiknya poles dengan kecepatan rendah dahulu, bertahap ke kecepatan tinggi.

    Pastikan kamu memegang alat poles mobil dengan benar, yakni dengan posisi tegak lurus, jangan sampai miring. Lakukan di setiap sisi bagian mobil hingga selesai.

    Hati-hati saat memoles bagian body mobil yang sulit terjangkau, karena jika tidak berhati-hati alat poles bisa membuat baret pada bagian yang lain. Setelah selesai, lakukan waxing. Caranya sama dengan proses pemolesan.

    poles mobil (1) (1)

    Poles mobil tanpa mesin

    Poles mobil secara tradisional atau tanpa mesin membutuhkan beberapa alat khusus untuk hasil yang optimal, seperti:

    1. Cairan pencuci mobil
    2. Air hangat
    3. Lap bersih dan lembut
    4. Kain microfiber atau handuk lembut
    5. Wax mobil

    Untuk melakukan poles mobil dengan wax, kamu cukup campurkan cairan pencuci mobil dengan air hangat dalam sebuah ember atau wadah. Basahi mobil secara menyeluruh dengan campuran cairan pencuci mobil menggunakan spons atau kain bersih.

    Selanjutnya bilas mobil dengan air bersih untuk menghilangkan kotoran dan sisa sabun. Lalu keringkan mobil dengan lap bersih dan lembut atau kain microfiber untuk mencegah noda air.

    Lalu gunakan wax mobil, kamu bisa menggunakannya untuk memberikan kilau dan melindungi cat mobil. Terapkan wax secara merata dan tipis pada permukaan mobil.

    Berikutnya gosok body mobil dengan wax dengan cara memutar. Gosok bodi mobil secara perlahan tapi berulang-ulang hingga didapat hasil yang maksimal. Kemudian lap dengan kain kering sampai mengkilap.

    Dengan memahami cara memoles yang baik dan benar, kamu akan mendapatkan hasil yang maksimal. Mobil jadi semakin kinclong, deh!

    Selain informasi ini, kamu bisa mendapatkan informasi menarik lainnya seputar otomotif di OLX Member of ASTRA. Kamu juga cari mobil bekas impianmu dengan mengakses OLX melalui aplikasi dengan mengunduhnya di Play Store atau App Store.

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait