Minggu, Mei 26, 2024
Lainnya
    Mobil7 Rekomendasi Mobil Hybrid di Indonesia Tahun 2023, Tentukan Pilihan Anda

    7 Rekomendasi Mobil Hybrid di Indonesia Tahun 2023, Tentukan Pilihan Anda

    Teknologi hybrid di dunia otomotif saat ini sudah semakin berkembang. Banyak konsumen pun mulai beralih ke mobil yang lebih ramah lingkungan, sehingga rekomendasi mobil hybrid di Indonesia ini patut Anda simak.

    Sampai saat ini sudah banyak sekali produsen otomotif dunia yang mengembangkan mobil hybrid. Banyak yang sudah dirilis di pasaran mobil Indonesia yang menarik banyak minat konsumen.

    Seperti halnya pabrikan otomotif Jepang seperti Toyota, Suzuki hingga Honda. Begitu pula dengan pabrikan otomotif asal Eropa yang turut memberikan produk mobil hybrid yang bersaing untuk mendapatkan konsumen. 

    Mobil hybrid sendiri merupakan mobil yang memanfaatkan dua sistem penggerak di dalamnya. Dua sistem penggerak tersebut adalah mesin konvensional dan motor listrik.

    Baca juga: Apa Itu Mobil Hybrid? Cek Penjelasan Lengkap Beserta Kelebihan dan Kekurangannya

    Memadukan dua jenis mesin membuat konsumsi bahan bakar dari mobil hybrid ini lebih efisien dan hemat bahan bakar. Namun untuk mendapatkan mobil hybrid ini tentu tidaklah murah, pasalnya mobil hybrid sendiri masih dibanderol lebih tinggi dari mobil konvensional biasa. 

    Mari simak 7 rekomendasi mobil hybrid di Indonesia yang bisa menjadi referensi, sebelum membelinya.

    Honda CR-V Hybrid

    Mobil Hybrid Indonesia 2023
    Honda CR-V Hybrid (Wikipedia)

    Pabrikan otomotif asal Jepang, Honda menghadirkan CR-V Hybrid pada tahun 2023 ini. Mobil ini pertama kali dipasarkan China dan Amerika Serikat. 

    Honda CR-V Hybrid ini dibekali dengan mesin berkapasitas 2.000 cc yang berpadu dengan dua motor listrik atau Two-Motor Hybrid Powertrain. Dibekali mesin ini mobil ini mampu mengeluarkan tenaga maksimalnya jadi 204 hp dan torsinya 335 Nm.

    Sebagai mobil jenis SUV, Honda CR-V memang memiliki banyak sekali peminat sebelum mobil hybridnya dirilis. Tentu bukan tidak mungkin bahwa pengguna generasi lama akan berpindah ke versi hybridnya. 

    Honda pun mengklaim rata-rata konsumsi bahan bakar Honda CR-V Hybrid yaitu 25,8 km/liter.  Honda CR-V Hybrid 2023 juga memiliki empat varian yang terdiri dari EX, EX-L, Sport, dan Sport Touring.

    Selain itu tersedia varian 2WD dan AWD. Untuk harganya sendiri mobil ini dijual mulai dengan harga Rp537 juta.

    Toyota Corolla Altis Hybrid

    Toyota Corolla Altis Hybrid
    Toyota Corolla Altis Hybrid (Wikipedia)

    Toyota Corolla Altis Hybrid 2023 menggunakan mesin 2ZR-FXE 4 cylinder in-line dan 16 valve bertipe DOHC dengan teknologi VVT-i dan memiliki kapasitas daya sampai 1.798 cc.

    Untuk sistem bahan bakarnya mobil ini sudah menggunakan teknologi EFI. Dipadu dengan transmisi otomatis (A/T) CVT mampu menghasilkan tenaga 98 PS pada 5.200 rpm dan torsi maksimum 14,47 kg m pada 4.000 rpm.

    Dengan dua penggerak ganda, yaitu bensin dan motor listrik, Toyota Corolla Altis Hybrid dikatakan unggul dan kuat menempuh perjalanan jauh tanpa menghabiskan banyak bahan bakar. Konsumsi rata-rata bahan bakar di atas 20 km/liter.

    Toyota Corolla Altis Hybrid ini dijual dengan harga Rp593,3 juta.

    Baca juga: Kenali Perbedaan Mobil Listrik dan Hybrid, Tipe Kendaraan yang Saat Ini Makin Populer

    Mitsubishi Xpander Hybrid

    Mitsubishi tentu tidak ketinggalan untuk memberikan produk terbarunya dengan teknologi hybrid. Mobil dari Mitsubishi  Xpander Hybrid ini bisa menjadi pilihan bagi Anda yang ingin beralih ke mobil ramah lingkungan.

    Mobil hybrid dari akan dibekali teknologi Inovatif Mitsubishi Electric Vehicle (i-MiEV). Teknologi ini adalah untuk mengisi daya baterai dengan rem regeneratif yang banyak diaplikasikan pada jenis mobil hybrid.

    Baterai yang digunakan memiliki kapasitas 20 kWH yang mampu mencapai jarak maksimal hingga 170 kilometer. Mobil ini nantinya akan menggunakan mesin konvensional terbaru dan mesin penggerak listrik serta fitur otonom alias teknologi khusus pada sistem kemudi.

    Konsumsi bahan bakar pada Mitsubishi Xpander Hybrid ini diklaim mampu mencapai 8.33 liter per 100 km.

    Harga dari Mitsubishi Xpander Hybrid ini berkisar antara Rp300 jutaan sampai Rp400 jutaan.

    Mazda CX-60 Hybrid

    Mazda CX-60 Hybrid
    Mazda CX-60 Hybrid (Wikipedia)

    Meskipun terlihat familiar, model mobil Mazda CX-60 Hybrid ini mengusung mesin yang benar-benar baru. Versi PHEV pada Mazda CX-60 menggabungkan mesin bensin berkapasitas 2.500cc naturally aspirated dengan motor elektrik. 

    Mazda mengklaim tenaga yang dihasilkan mesin ini mencapai 189 daya kuda 141 Kw pada 6.000 rpm dan torsi 261 Nm pada 4.000 rpm. Untuk motor listriknya mampu memompa tenaga hingga 134 dk (100 kW) dan 250 Nm (184 lb-ft). 

    Mazda CX-60 ini merupakan mobil pertama dengan jenis mobil plug-in hybrid (PHEV). Akselerasi menuju 100 km/jam dari diam cuma butuh 5,8 detik. 

    Karena ini PHEV, maka baterai bisa diisi melalui arus AC normal. Tentu saja ada mode berkendara listrik murni.

    Sementara konsumsi bahan bakar kombinasi berdasarkan WLTP sebesar 1,5 liter/100 km (66,6 km/liter) memakai pelek 18-inci dan 1,6 liter/100 km (62,5 km/liter) untuk 20-inci.

    Mobil ini dijual mulai dari harga Rp743 juta hingga Rp829 jutaan.

    Baca juga: Ada Tuas Transmisi B di Mobil Hybrid, Apa Fungsinya?

    Suzuki XL7 Hybrid

    Suzuki XL7 Hybrid
    Suzuki XL-7 (Wikipedia)

    Suzuki XL7 Hybrid ini berbeda dengan XL6 yang sebelumnya menggunakan mesin K15B menjadi K15C. Mesin ini merupakan versi revisi yang memiliki kelebihan teknologi Dual Jet plus system mild-hybrid. 

    Mesin K15C All New Suzuki XL 7 berkapasitas 1,5-liter 103 PS dan torsi 137 Nm, tenaganya turun sekitar 2 PS dibanding mesin generasi sebelumnya.

    Suzuki pun mengklaim jika Suzuki XL7 Hybrid ini mampu melaju 20,97 km per Liter untuk versi manualnya (M/T) dan 20,27 km per Liter versi matik (A/T).

    Mobil dari Suzuki ini dijual mulai dengan harga Rp278 jutaan.

    Suzuki Grand Vitara Hybrid

    Suzuki Grand Vitara Hybrid
    Suzuki Grand Vitara Hybrid (Wikipedia)

    Suzuki Grand Vitara yang resmi meluncur di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) pada tanggal 16 Februari 2023 ini, dibekali mesin K15C Dual Jet dengan teknologi Smart Hybrid Vehicles by Suzuki (SHVS). 

    Mobil ini diklaim mampu mengeluarkan daya sebesar 103,06 PS (102 dk) di 6.000 rpm dan torsi 136,8 Nm di 4.400 rpm. Selain itu untuk konsumsi bahan bakar dari Suzuki Grand Vitara Hybrid ini hanya 21,11 km per Liter.

    Harga di pasaran untuk Suzuki Grand Vitara Hybrid mulai dari Rp 360 juta hingga Rp390 juta. Ada 2 tipe masuk Indonesia, Grand Vitara GL dan GX untuk opsi tertingginya.

    Suzuki Ertiga Hybrid

    Suzuki Ertiga Hybrid
    Suzuki Ertiga Hybrid (Wikipedia)

    Suzuki Ertiga Hybrid dibekali dengan mesin berteknologi Suzuki Smart Hybrid. Teknologi ini mengandalkan dua komponen utama sebagai pendamping mesin bensin konvensionalnya. 

    Integrated Starter Generator (ISG) dan Lithium-Ion Battery sebagai pendamping mesin konvensional, mesin Suzuki Ertiga Hybrid juga diklaim bisa mengeluarkan tenaga 103 dk pada 6.000 rpm dan torsi 138 Nm pada 4.400 rpm. 

    Mesin hybrid ini dipadukan dengan dua opsi transmisi, yaitu manual 5 percepatan dan torque converter automatic 6 percepatan.

    Untuk konsumsi bahan bakar Suzuki Ertiga Hybrid matic yaitu 28,7 km per Liter. Sedangkan, Suzuki Ertiga Hybrid manual yaitu 34,2 km/liter

    Mengusung teknologi hybrid tidak serta merta membuat harga Suzuki Ertiga Hybrid melambung tinggi, yakni berkisar Rp270,3 hingga 292,3 jutaan.

    Nah, setelah menyimak rekomendasi mobil hybrid di atas, tentu kini Anda sudah memiliki beberapa referensi. Ada beberapa merek mobil hybrid yang memiliki harga terjangkau dan mirip dengan mobil konvensional.

    Tentunya dalam memilih mobil pastikan sesuai dengan kebutuhan, selera dan tentunya budget yang disiapkan. Kalau soal mobil bekas, pastikan untuk membeli di dealer OLX Autos agar mendapatkan penawaran terbaik serta garansi pada unit yang Anda beli,

    Pilih mobil bekas berkualitas terbaik, dan harga yang paling reasonable di OLX Autos. Ada ribuan unit mobil bekas berkualitas yang bisa dipilih. Kami menjamin semua unit mobil berkondisi prima, dan bergaransi karena telah melalui inspeksi detail dari petugas berpengalaman. Dengan harga dan biaya perawatan yang rendah, kebutuhanmu bisa terpenuhi!

    GIIAS 2023
    Populer
    Berita Terkait