Rabu, Mei 29, 2024
Lainnya
    Tips & TrikJangan Panik! Begini Cara Mengatasi Rem Blong

    Jangan Panik! Begini Cara Mengatasi Rem Blong

    Untuk kamu yang berkendara dengan mobil setiap harinya, tidak ada salahnya mengetahui langkah-langkah untuk mengatasi rem blong seperti yang telah kami rangkum di bawah ini.

    News.OLX – Kasus kecelakaan akibat rem blong sering terjadi di Indonesia. Penyebabnya selain karena pemeliharaan kendaraan yang kurang teratur, serta skil teknik supir dalam mengatasi rem blong terlihat dari kasus-kasus yang ada juga masih minim.

    Selain itu banyak juga di lapangan sopir-sopir yang kurang dibekali dengan bekal pengetahuan terhadap safety driving yang cukup. 

    Padahal dalam menghadapi situasi rem mobil yang bermasalah memang membutuhkan reaksi cepat dan tepat. Maka dari itu memahami langkah-langkah untuk mengatasi rem mobil bermasalah adalah penting untuk memastikan keselamatan kamu selama berkendara.

    Baca juga: Mengenal Kampas Rem Mobil, Fungsi, Penyebab Cepat Habis dan Cara Menggantinya

    Untuk kamu yang berkendara dengan mobil setiap harinya, tidak ada salahnya mengetahui langkah-langkah untuk mengatasi rem mobil yang tiba-tiba blong seperti yang telah kami rangkum di bawah ini.

    Rem mobil 2

    Turunkan gigi secara cepat bantu dengan rem tangan

    Mengutip laman resmi Honda, dikatakan saat mengalami rem yang bermasalah, pengemudi harus segera menurunkan gigi kendaraan secara bertahap. 

    Dari gigi tertinggi hingga gigi paling rendah. Lakukan ini sambil mengurangi tekanan gas.

    Baca juga: 4 Penyebab Kampas Rem Mobil Cepat Aus

    Selanjutnya bantu dengan rem tangan supaya bisa menghentikan kendaraan secara perlahan saat kecepatan sudah rendah.

    Arahkan ke jalur lambat dan perhatikan kaki supaya tidak kembali injak gas

    Selanjutnya arahkan mobil ke jalur lambat atau bahu jalan untuk menghindari potensi tabrakan dengan kendaraan lain. Lalu pastikan untuk menjauhkan kaki dari pedal gas dan hindari menekan gas yang bisa memperparah situasi.

    Karena dalam kondisi panik, bisa saja pengemudi sala menginjang antara pedal gas dan rem.

    Pastikan di bawah rem tidak ada benda mengganjal dan kocok rem berkala-kali

    Cek apakah ada benda-benda yang menghalangi pedal rem dan bersihkan jika diperlukan. Umumnya benda-benda yang mengganjal di bawah rem yang juga sering menjadi penyebab kecelakan misalnya botol air mineral, sepatu atau sandal. 

    Baca juga: Jangan Anggap Remeh, Speedometer Mobil Juga Perlu Dirawat!

    Selanjutnya untuk kendaraan tanpa sistem rem ABS, injak pedal rem berkali-kali. Mobil dengan ABS harus menginjak rem dengan perlahan karena ABS membantu dalam pengereman otomatis.

    Beri tanda untuk peringatan 

    Berikan peringatan kepada pengendara lain dengan menyalakan lampu sein atau mengeluarkan tanda peringatan, terutama jika situasi terjadi di jalanan yang ramai.

    Tabrak objek lunak dan aman

    Jika tidak ada pilihan lain, tabraklah objek yang dianggap ‘lunak’ dan aman, seperti tanah, pasir, atau pagar kayu, untuk menghentikan kendaraan.

    Tetap tenang dan minta pertolongan

    Tetap tenang adalah kunci utama dalam mengatasi situasi rem bermasalah. Dengan bersikap tenang, pastinya kamu dapat melakukan prosedur penyelamatan dengan lebih baik.

    Baca juga: Catat, Rem Tangan Saat Mobil Berhenti di Jalan Miring Tak Jaminan Aman

    Setelah kendaraan berhenti, jangan mencoba mengemudikan kendaraan lagi. Segera minta pertolongan mekanik atau derek untuk membawa kendaraan ke bengkel terdekat.

    Cari mobil bekas berkualitas impianmu dengan mengakses OLX melalui aplikasi dengan mengunduhnya di Play Store atau App Store.

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait