Jumat, Mei 24, 2024
Lainnya
    Tak BerkategoriReview Mobil Honda Freed, Harga Bekasnya Masih Stabil

    Review Mobil Honda Freed, Harga Bekasnya Masih Stabil

    Pertama kali dikenalkan oleh PT Honda Prospect Motor pada tahun 2009 dengan membawa dua varian, yakni S dan PSD. Honda Freed merupakan singkatan dari Free dan Do yang berarti “Bebas Bergerak”, seperti mobil ini yang ruangnya lega di dalam kabin.

    JAKARTA – Mobil Honda Freed, sudah menghiasi jalanan Indonesia sejak tahun 2009. Mobil yang kala itu menarik perhatian dengan kehadirannya yang dilengkapi power sliding door, ternyata langsung banyak diminati. Tentunya sebagai kendaraan keluarga, mobil ini bisa menampung banyak penumpang untuk berpergian jauh dan tetap nyaman saat berada di dalam kabin. 

    Sebagai MPV dengan sliding door termurah yang ditawarkan oleh Honda, mobil Honda Freed ini dibekali dengan mesin 1.500cc. High-roof MPV pada tipe PSD kala itu hanya dimiliki oleh Nissan Serena dan Toyota Alphard sehingga Honda Freed semakin banyak diminati dengan harga yang lebih murah.

    Mengusung konsep triangle square, desain Honda Freed memiliki bentuk segitiga pada bagian depannya dan kotan pada bagian belakang. Hal inilah yang membuat kabin Honda Freed lega.

    Baca juga: Mengenal Perbedaan Honda Freed Tipe A, S, dan E

    Hingga sekarang, pangsa pasar mobil Honda Freed pun masih stabil. Cukup banyak minat pembeli pada mobil bekas ini dengan harga kurang lebih Rp 130 jutaan. 

    Nah, bagi Anda yang berminat untuk meminang Honda Freed bekas silahkan simak review mobil Honda Freed di bawah ini

    Spesifikasi Honda Freed

    Sebagai mobil yang nyaman digunakan berkendara bersama keluarga, Honda Freed dibekali dengan mesin 1.500cc yang sama digunakan oleh Honda Jazz yaitu 1.5 L SOHC silinder segaris, 16 katup i-VTEC + DBW + TBR. Memiliki berat lebih dari 200 kg dari Honda Jazz, mesin ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 118 ps pada putaran mesin 6600 rpm dan torsi puncak sebesar 146 pada putaran 4800 rpm. 

    Dengan dimensi panjang 4215 mm, lebar 1700 mm, tinggi 1740 mm dan jarak poros roda 2740 mm, Honda Freed memiliki kapasitas tangki 42L. Berpenggerak menggunakan roda depan, suspensi Honda Freed menggunakan MacPherson Strut pada bagian depan dan H-Shaped Torsion Beam pada bagian belakang. 

    Pada pengeremannya mobil ini menggunakan Ventilated Disc untuk depan dan Drum pada bagian belakangnya. 

    Baca juga: Tak Lagi Dijual di Indonesia, Harga Honda Freed Bekas Masih Tinggi

    Interior Honda Freed

    Interior dalam mobil honda freed
    Interior Honda Freed (olx.co.id)

    Memiliki nuansa interior yang didominasi oleh warna hitam, Honda Freed menggunakan material dashboard dan doortrim dari bahan plastik keras. Namun dengan desain dashboard yang unik membuat mobil ini terasa mewah.

    Bahkan dashboardnya terkesan seperti sebuah meja pada bagian penumpangnya. Karena cukup luas, bagian dashboard ini bisa untuk menaruh berbagai barang bawaan penumpang.

    Terlihat pula bahwa pada mobil ini sudah dibekali AC dengan tombol pengaturan berupa knop seperti kompor gas dan belum digital. Sedangkan untuk AC double blower baru disematkan pada tipe facelift di tahun 2013. 

    Memiliki dua Power Sliding Door (PSD) membuat mobil ini terasa nyaman untuk akses keluar masuk penumpang yang lega. Selain itu mobil ini akan terasa sangat lega saat diisi oleh 6 penumpang saja. Karena pada bagian tengahnya kursi yang digunakan merupakan captain seat yang terpisah sehingga hanya bisa digunakan untuk 2 orang.

    Luasnya kabin menjadi nilai plus tersendiri bagi mobil ini. Karena jarang ruang kepala pada semua baris terasa lega. Namun pada ruang kaki untuk bagian ketiga mobil ini terasa lebih sempit.

    Baca juga: Mengenal Sejarah Honda City, dari Model Sedan hingga Hatchback

    Eksterior Honda Freed

    Eksterior mobil Honda Freed
    Eksterior Honda Freed (olx.co.id)

    Punya penampilan yang cukup mewah dan bongsor, layaknya high roof MPV dengan desain meruncing segitiga ke depan.  Desain seperti ini yang cukup banyak menarik perhatian. 

    Memiliki kaca bagian depan yang sangat lebar, membuat penglihatan dari pengemudi menjadi lebih luas. Ditambah dengan PSD pada kedua sisi membuat mobil ini mudah untuk di parkir pada kondisi tempat yang sempit sehingga penumpang leluasa untuk keluar dan masuk. 

    Terdapat beberapa perubahan pada generasi terbarunya sejak pertama kali muncul pada tahun 2009 di Indonesia. Namun perubahan ini masih merupakan perubahan minor dan tidak terlalu signifikan pada tipe facelift. 

    Menggunakan velg 15 inci berbalut ban Dunlop berukuran 185/65, perpaduan ini menghasilkan ground clearance setinggi 165mm. 

    Baca juga: Ini Perbedaan Honda CRV, HRV dan BRV yang Wajib Kamu Tahu

    Fitur Honda Freed

    Pada mobil Honda Freed sudah disematkan berbagai fitur penunjang untuk memberi kesan kenyamanan pada pengemudi maupun penumpang di dalamnya saat berada di perjalanan. Pada sisi hiburan, mobil ini sudah menggunakan Head Unit Double Din with USB and iPod/iPhone Connectivity. Digital AC untuk tipe E ke atas pada tahun yang lebih muda.

    Selain itu diberi kemudahan dengan Engine Start/Stop Button. Pada keamanannya sudah disematkan Dual SRS Airbags, dan pengeremannya sudah ABS, EBD dan Brake Assist.

    Kelebihan dan Kekurangan Honda Freed

    Speedometer Honda Freed
    Speedometer Honda Freed (olx.co.id)

    Kelebihan:

    1. Desain Unik
    2. Dual PSD termurah
    3. Suspensi cukup empuk
    4. Dasbor unik dan fungsional, bisa jadi meja
    5. Dimensi kompak dan praktis
    6. Visibilitas baik ke semua arah
    7. Captain Seat di baris kedua

    Kekurangan:

    1. Pelipatan jok baris ketiga ribet dan berat
    2. Body Roll terasa
    3. Konsumsi BBM cukup boros untuk 1500 cc
    4. Legroom baris ketiga kurang luas
    5. Material interior terkesan murahan 

    Harga Honda Freed

    Baru

    Untuk varian terbarunya mobil ini sudah berakhir penjualannya sejak tahun 2017 di Indonesia. Honda Freed E baru dulu dijual di kisaran harga Rp 293.000.000. dan Honda Freed S baru dijual di kisaran harga Rp 271.000.000.

    Sementara, Honda Freed 2022 dijual di Singapura dibanderol mulai dari SGD 154.999 hingga SGD 156.999 atau setara Rp1,6 miliar. Harga ini terbilang fantastis mengingat kendaraan yang dijual tak masuk kategori mewah. 

    Bekas

    Namun dalam pangsa mobil bekasnya, mobil ini masih banyak diminati untuk kebutuhan mobil keluarga maupun travel.  Harga dari mobil bekas Honda Freed terbilang cukup stabil di pasaran. Berminat untuk membelinya? Mobil ini ditawarkan mulai dari Rp130 jutaan.

    Nah, sebelum membeli mobil bekas tentu harus memperhatikan kondisi unit dan mempercayakan kepada dealer atau showroom terpercaya yang dapat memberikan garansi. Sehingga saat membeli mobil dapat memberikan kenyamanan dan ketenangan akan kendaraan yang Anda beli.

    Membeli mobil bekas yang aman digunakan di jalan tentu harus fokus pada kualitasnya. #PilihYangPasti untung Di OLX Autos. Kamu bisa pilih ribuan unit mobil dengan kualitas terbaik dan sudah melalui inspeksi. Sehingga bergaransi dan dijamin aman dan nyaman untuk berkendara bersama keluarga tercinta!

    GIIAS 2023
    Populer
    Berita Terkait