Selasa, Mei 28, 2024
Lainnya
    Tak BerkategoriReview Mobil Honda Odyssey, MPV Bongsor yang Tampil Makin Keren

    Review Mobil Honda Odyssey, MPV Bongsor yang Tampil Makin Keren

    Dikategorikan sebagai mobil premium, Honda Odyssey keluaran terbaru dirilis di Indonesia pada 18 Februari 2021 lalu. 

    JAKARTA – Honda Odyssey merupakan mobil jenis Multi Purpose Vehicle (MPV) dari pabrikan Honda yang sudah dipasarkan sejak tahun 1994. Menawarkan mobil dengan kenyamanan tinggi, hingga saat ini Honda Odyssey bekas masih banyak diminati masyarakat Indonesia. 

    Model terbarunya dijual di Indonesia di tahun 2021 dengan pembaharuan yang lebih komprehensif dari generasi sebelumnya, mobil ini bersaing dengan MPV mewah lainnya seperti Toyota Alphard dan Nissan Elgrand.

    Tentu mengetahuinya saja langsung terbayang dari sisi kenyamanan yang ditawarkan oleh mobil bongsor satu ini. Kesan mewah dan nyaman langsung tersirat dari penampilannya.

    Apalagi untuk urusan perjalanan jauh, para penumpang hingga pengemudi akan dimanjakan dengan kursi nyaman berbalut kulit yang mudah untuk diatur baik ke kanan kiri, hingga ke depan dan belakang. Kacanya yang lebar membuat mobil ini terasa lega.

    Baca juga: Honda Odyssey Sudah Tidak Dijual Lagi di Indonesia, Ini Alasannya!

    Nah, bagi Anda yang berminat untuk membeli mobil satu ini bisa menyimak penjelasan mengenai Honda Odyssey di bawah ini:

    Spesifikasi Honda Odyssey

    Pada bagian dapur pacunya, Honda Odyssey menggunakan mesin 4 silinder i-VTEC DOHC dengan kapasitas 2.356 cc. Mesin ini pun dapat menghasilkan tenaga hingga 171 hp @ 6.200 rpm dan torsi puncak mencapai 225 Nm @ 4.000 rpm.

    Menggunakan transmisi otomatis CVT dengan teknologi Earth Dreams Technology pada roda depannya, penyaluran tenaganya pun terasa halus sehingga nyaman saat berkendara. 

    Honda Odyssey 2021 memiliki kapasitas tangki bahan bakar sebesar 55 liter untuk tipe bensin. Untuk sistem suplai bahan bakarnya sudah menggunakan PGM-FI.

    Mobil ini pun akan sangat digunakan untuk keluarga dalam bepergian jauh maupun di dalam kota. Selain itu mobil ini memiliki kesan sebagai kendaraan mewah dan nyaman untuk digunakan.

    Baca juga: Cerita Honda Odyssey Generasi ke Generasi Selama 25 Tahun

    Interior

    Interior mobil honda odyssey
    Honda Odyssey (olx.co.id)

    Melihat ke dalam interior yang dimiliki oleh Honda Odyssey langsung terasa kesan mewah. Kursi yang ditawarkan merupakan kursi berlapis kulit bermodel kerutan yang membuatnya terlihat nyaman seperti duduk di sofa empuk. 

    Apalagi saat melihat kursi pada baris kedua terdapat cradle seat yang nyaman digunakan untuk penumpang untuk menikmati perjalanan jauh menggunakan kendaraan ini. Selain itu juga dilengkapi ottoman atau sandaran kaki yang semakin menunjang kenyaman.

    Kursinya dapat diatur sedemikian rupa dengan pengaturan otomatis yang fleksibel, baik itu untuk maju mundur hingga ke kiri dan ke kanan. Memiliki kabin yang lega, posis rebahnya pun cukup jauh dan bisa mengatur sandaran pada bagian atasnya.

    Secara keseluruhan mobil ini memang memiliki kabin luas untuk kenyamanan. Apalagi kacanya yang luas membuat mobil ini terasa lapang. 

    Pada bagian hiburan terdapat head unit besar berukuran 7 inci  yang sudah didukung untuk konektivitas HDMI, USB, Bluetooth, iPod, dan iPhone. Memiliki interior full-black dan material berkualitas pada bagian kursi, doortrim, armrest, dan headrest membuat kesan yang sangat elegan dan mewah di dalam kabin. 

    Dasbornya pun sudah didesain dengan model yang ergonomis, sehingga mampu memudahkan pengemudi dalam menjangkau tuas transmisi serta tombol-tombol pengoperasian lainnya.

    Pada kursi bagian belakang yang dapat dilipat, mobil ini pun bisa menyediakan ruang untuk bisa membawa barang bawaan banyak para penumpangnya. 

    Baca juga: Mobil Bekas Honda Odyssey Ternyata Harganya Mulai Rp 50 Jutaan

    Eksterior

    Eksterior mobil Honda Odyssey

    Pada bagian eksteriornya, desain dari Honda Odyssey 2021 facelift ini tampil dengan desain grill yang semakin keren. Terdapat dua bagian grill atas dan bawah yang dipisahkan oleh bumper bentuk baru. 

    Pada bagian lampu, Honda Odyssey 2021 sudah menggunakan lampu LED pada bagian depan hingga belakangnya. Untuk velgnya, mobil ini menggunakan velg berwarna dual tone 17 inci dengan desain baru.

    Sebagai perbandingan, Honda Odyssey ini berukuran besar bila disandingkan dengan rivalnya yaitu Toyota Alphard maupun Nissan Elgrand. Karena mobil ini memiliki dimensi panjang 4.845 mm, lebar 1.820 mm dan tinggi 1.710 mm. Sedangkan jarak antara sumbunya mencapai 2.900mm.

    Nah, perlu diperhatikan bagi yang membeli mobil ini harus memiliki parkiran yang luas. Pasalnya mobil premium ini akan sayang bila diparkir di depan atau atau di jalanan komplek. 

    Selain itu soal fitur power sunroof, spion electric, lampu otomatis, auto leveling, dan smart entry system sudah menjadi standar pada mobil ini.

    Baca juga: Pilihan Mobil Honda Terbaik Untuk Jadi Mobil Keluarga

    Fitur yang ditawarkan pada Honda Odyssey

    Fitur mobil Honda Odyssey
    Honda Odyssey (olx.co.id)

    Terdapat fitur Honda Sensing pada mobil ini yang dilengkapi dengan Collision Mitigation Brake System (CMBS), Road Departure Mitigation System (RDMS), dan Lane Keeping Assist System (LKAS).

    Pada sisi fitur kendaraannya, mobil ini dianggap tidak selengkap mobil Honda CRV meski berada di range harga mobil premium. Sebuah fitur Low Speed Follow (LSF) yang menyatu dengan Adaptive Cruise Control (ACC). Kemungkinan penyebabnya karena Honda Odyssey terbaru belum menggunakan rem parkir elektrik. Selain itu fitur Auto High Beam (AHB) juga tak tak ditemukan.

    Namun yang membuat mobil ini terkesan canggih adalah smart parking assist system yang saat diaktifkan, lingkar setir akan bergerak secara otomatis untuk memudahkan parkir paralel. 

    Dilengkapi dengan handsfree power tailgate yang membuat pintu pada mobil ini bisa dibuka dan ditutup dengan gestur kaki. Tentu akan mempermudah Anda saat membawa barang bawaan di kedua tangan saat hendak membuka pintu mobil.

    Memiliki kamera multi angle yang mengarah pada bagian depan dan belakang. Bahkan cakupannya mencapai sisi samping hingga 360 derajat.

    Terdapat fitur blind spot information, cross traffic monitor, Vehicle Stability Assist (VSA), dan tentunya Alat Pemadam Api Ringan (APAR). Pada bagian Power Sliding Door (PSD) terdapat reservation lock yang membuat penguncian pintu tanpa harus tertutup sempurna.

    Harga Honda Odyssey Baru dan Bekas

    Untuk keluaran mobil baru, Honda Odyssey terdapat satu pilihan tipe yaitu New Honda Odyssey 2.4L yang ditawarkan pada harga Rp888.000.000. 

    Harga mobil bekas dari Honda Odyssey ini cukup bervariatif mengingat bahwa mobil ini sudah eksis di Indonesia sejak tahun 2000-an. Seperti halnya untuk Honda Odyssey keluaran tahun 2004, mobil ini ditawarkan dengan Rp118.000.000

    Nah, sebelum membeli mobil bekas tentu harus memperhatikan kondisi unit dan mempercayakan kepada dealer atau showroom terpercaya yang dapat memberikan garansi. Sehingga saat membeli mobil dapat memberikan kenyamanan dan ketenangan akan kendaraan yang Anda beli.

    Membeli mobil bekas yang aman digunakan di jalan tentu harus fokus pada kualitasnya. #PilihYangPasti untung Di OLX Autos. Kamu bisa pilih ribuan unit mobil dengan kualitas terbaik dan sudah melalui inspeksi. Sehingga bergaransi dan dijamin aman dan nyaman untuk berkendara bersama keluarga tercinta!

    GIIAS 2023
    Populer
    Berita Terkait