Senin, Mei 27, 2024
Lainnya
    Tak BerkategoriReview Mobil Mitsubishi L300, Everlasting dari Tahun 1980-an

    Review Mobil Mitsubishi L300, Everlasting dari Tahun 1980-an

    JAKARTA – Sebagai sebuah kendaraan niaga, Mitsubishi L300 merupakan mobil pikup yang sudah hadir di Indonesia sejak tahun 1980-an. Mobil ini sejak pertama kali kemunculannya tersebut memiliki model yang hampir sama dan tidak ada perubahan banyak pada penampilannya.

    Namun setelah bertahan beberapa dekade sampai sekarang, penjualan mobil ini pun masih masif dan banyak diminati oleh pelaku usaha. Memiliki kapasitas bak yang luas, mobil ini pun terkenal tangguh dan mudah untuk mendapatkan spare partnya.

    Sebelum masuk ke Indonesia, mobil L300 awalnya memiliki versi global dengan nama Delica. Dalam perkembangannya, Delica yang merupakan L300 versi tertutup ini menjadi mobil MPV premium, sedangkan L300 dengan bak terbuka tetap menjadi mobil niaga. 

    Hingga sampai saat ini Mitsubishi L300 memiliki dua pilihan varian mesin. Yaitu mesin diesel dan mesin konvensional berbahan bakar bensin. Namun dalam perkembangannya mesin bensin masih kalah pamor dengan mesin diesel yang dianggap lebih perkasa.

    Padahal varian mesin bensin sendiri memiliki keunggulan dalam segi akselerasinya.  Untuk dari segi harga jual kembali, mobil ini termasuk sangat stabil. Sebagai kendaraan niaga memiliki kendaraan dengan harga jual stabil tentu sangat menguntungkan. 

    Jadi bila dalam kurun waktu beberapa tahun ada rencana peremajaan kendaraan, harga jual mobil Mitsubishi ini tidak akan mengalami harga jual yang jatuh di pasar mobil bekas.

    Spesifikasi Mobil Mitsubishi L300

    Sudah hadir sejak tahun 1981, Mitsubishi L300 terbaru saat ini ditawarkan dengan dua varian mesin baru, yaitu mesin bensin dan diesel. Pada mesin bensinnya memiliki kapasitas 1,6 L 4 silinder segaris dengan teknologi SOHC.

    Sedangkan untuk versi dieselnya ada dua pilihan yaitu 2.3L dan 2.5 Liter Inline-4 dengan teknologi SOHC. Untuk versi 2.3L mesin diesel ini mampu mengeluarkan tenaga 65 ps di putaran 4.200 rpm dan torsi 137 Nm pada 2.000 rpm.

    Pada versi 2.5L mesin ini mampu menghasilkan tenaga 74 ps di putaran 4.200 rpm dan torsi maksimal 142 Nm pada 2.500 rpm.

    Untuk menunjang kenyamanan dalam berkendara, mobil ini sudah dilengkapi dengan suspensi Double Wishbone, Coil Spring untuk depan dan Semi Elliptic Leaf Spring untuk belakang.

    Interior Mobil Mitsubishi L300

    Masuk ke dalam kabin, suasana pun cukup luas dan bisa dinaiki 3 penumpang bersama pengemudi. Bagian dashboard pada mobil ini pun cukup sederhana dengan beberapa panel pengatur seperti AC dan perangkat audio.

    AC yang disematkan pun dapat memberikan kesejukan kepada penumpang dan pengemudi. Selain itu sisi kemudinya juga sudah disematkan fitur power steering yang membuat nyaman saat mengendalikan setir.

    Eksterior Mobil Mitsubishi L300

    Mitsubishi Colt L300
    Mitsubishi Colt L300

    Dari segi eksterior, model dari Mitsubishi L300 ini seakan abadi dan tidak banyak mengalami perubahan sejak tahun 1981. Modelnya pun identik dengan model di tahun-tahun sebelumnya. 

    Namun yang menjadikan mobil ini tetap sangat laku dipasaran karena spare part yang mudah, tenaga yang besar, serta memiliki kapasitas besar dalam urusan mengangkut barang.

    Pada bagian grill depan terdapat aksen chrome pada Mitsubishi keluaran terbaru yang membuatnya semakin keren dan moderen. Serta dilengkapi dengan pelindung lumpur pada bagian depan. Memiliki ukuran yang cukup tanggung di kelasnya, mobil ini lebih besar daripada pick up biasa namun tidak sebesar truk.

    Untuk dimensinya mobil ini memiliki panjang 4.195 mm, lebar 1.700 mm, tinggi 1.845 mm, jarak antara sumbu 2.200 mm, dan ground clearance 200 mm. Dimensi ini pun sudah mumpuni sebagai kendaraan niaga untuk mengangkut hasil bumi maupun berbagai barang logistik lainnya.

    Fitur Mobil Mitsubishi L300

    Fitur yang disematkan pada mobil Mitsubishi L300 ini bisa dikatakan cukup minim dan hanya berguna untuk menunjang kinerjanya sebagai mobil niaga. Namun tidak dipungkiri bahwa untuk segi kenyamanan pun sudah mumpuni.

    Sudah disematkan fitur AC Double Blower agar pengemudi dan penumpang merasa nyaman. Pada sisi hiburan terdapat CD/MP3 player yang dapat digunakan untuk menyetel musik.

    Untuk keselamatannya sendiri mobil ini sudah dilengkapi dengan Anti-Lock Braking System (ABS), namun masih menggunakan rem cakram pada bagian depan dan tromol pada bagian belakang.

    Selain itu ada pula fitur keselamatan lainnya yang disematkan dalam mobil ini adalah Front brake dengan ventilated disc 14 inci, dan Rear brake model drum leading and trailing 10 inci, serta Seatbelt on pada setiap penumpang.

    Harga Mitsubishi L300

    Pasaran mobil Mitsubishi L300 ini masih sangat menarik banyak peminat dari pelaku niaga di Indonesia. Mobil ini masih menjadi andalan untuk transportasi barang antar kota hingga antar provinsi.  Berikut harga lengkap dari pick-up ini:

    Harga Baru Mobil Mitsubishi L300

    Pasaran mobil Mitsubishi L300 ini masih sangat menarik banyak peminat dari pelaku niaga di Indonesia. Mobil ini masih menjadi andalan untuk transportasi barang antar kota hingga antar provinsi. 

    Untuk unit baru yang ditawarkan oleh Mitsubishi terdapat dua tipe varian. Harga unit barunya sendiri adalah:

    • Pick Up Flat Deck Rp221.650.00
    • Cab Chassis Rp216.650.000

    Harga Bekas Mobil Mitsubishi L300

    Harga unit bekas dari mobil Mitsubishi L300 ini cukup beragam karena sudah ada di Indonesia sejak tahun 1981. Pasaran mobil bekasnya ini cukup luas dengan varian mesin yang ada.

    Untuk kisaran dari harga Mitsubishi L300 bekas ini adalah:

    • Mitsubishi L300 tahun 2022 memiliki kisaran harga Rp200 juta
    • Mitsubishi L300 tahun 2021 memiliki kisaran harga Rp190 juta
    • Mitsubishi L300 tahun 2020 memiliki kisaran harga Rp180 juta
    • Mitsubishi L300 tahun 2019 memiliki kisaran harga Rp170 juta
    • Mitsubishi L300 tahun 2018 memiliki kisaran harga Rp160 juta
    • Mitsubishi L300 tahun 2017 memiliki kisaran harga Rp150 juta

    Bagi Anda yang berminat untuk membeli mobil niaga ikonik dari Mitsubishi ini pastikan untuk membeli dari mitra terpercaya yang dapat memberikan penawaran terbaik dan garansi pada unit yang dibeli seperti OLX Autos.

    Pilih mobil bekas berkualitas terbaik, dan harga yang paling reasonable di OLX Autos. Ada ribuan unit mobil bekas berkualitas yang bisa dipilih. Kami menjamin semua unit mobil berkondisi prima, dan bergaransi karena telah melalui inspeksi detail dari petugas berpengalaman. Dengan harga dan biaya perawatan yang rendah, kebutuhanmu bisa terpenuhi!

    GIIAS 2023
    Populer
    Berita Terkait