Jumat, Mei 24, 2024
Lainnya
    Tips & TrikSebaiknya Ganti Oli Motor Berapa KM?

    Sebaiknya Ganti Oli Motor Berapa KM?

    Sebaiknya ganti oli motor berapa KM, ya?

    News.OLX – Ganti oli motor berapa KM masih menjadi pertanyaan bagi para pengendara. Tidak sedikit yang masih bingung kapan sebaiknya mengganti oli motor.

    Mengganti oli sendiri merupakan hal yang wajib dilakukan untuk merawat motor kamu agar tetap optimal dalam jangka waktu yang panjang. Namun biasanya, para pengguna motor baru tentu bertanya-tanya, kapan waktu yang tepat untuk ganti oli motor.

    Karena mengganti oli motor harus rutin dilakukan secara berkala dan diusahakan tidak boleh terlambat. Jika kamu sering terlambat ganti oli, maka akan berakibat fatal pada komponen mesin motor dan juga memperpendek usia motor.

    Selain itu, beberapa efek buruk yang akan terjadi jika kamu sering telat ganti oli motor, juga akan menimbulkan biaya perawatan yang menjadi lebih mahal dan menguras kantong.

    Ganti oli motor berapa KM?

    Secara umum, disarankan untuk mengganti oli maksimal 2.000 km atau dua bulan sekali. Untuk motor yang sudah berumur, biasanya disarankan ganti oli setiap 4.000 km – 5.000 km atau 3 sampai 4 bulan sekali terutama jika motor masih sering dipakai.

    Jadi, ketika motor kamu sudah mencapai interval tersebut, kamu wajib mengganti olinya dan hindari menunda-nunda.

    Jika kamu tidak mengganti olinya, mesin dan performa motor  memang masih akan terasa normal. Namun, kualitas oli yang buruk akan membuat mesin bermasalah nantinya.

    ganti oli motor berapa km (1)

    Tanda-tanda motor harus ganti oli

    Selain dari melihat berapa kilometer atau waktu yang sudah ditempuh, kamu dapat mengganti oli motor jika sudah menemukan tanda-tanda di bawah ini:

    1. Oli encer dan berwarna gelap

    Kamu dapat perhatikan oli perlu diganti atau tidak adalah melihat dari warna dan konsistensi oli. Perhatikan konsistensi oli, jika terdapat endapan atau encer bisa jadi adanya kotoran atau aus komponen mesin.

    Selain itu, oli yang masih dalam kondisi baik memiliki warna keemasan atau coklat muda. Jika oli berwarna gelap, itu tanda bahwa oli telah mencapai batas umur pakai.

    2. Suhu mesin cepat panas

    Jika motor kamu saat dikendarai tiba-tiba mengalami panas padahal hanya digunakan pada jarak tempuh yang singkat, bisa jadi adanya kendala pada oli motor kamu dan sebaiknya untuk digantikan secepatnya agar tidak mengganggu komponen lain

    3. Suara mesin lebih kasar dari biasanya

    Salah satu hal yang sering terjadi juga sebagai penanda penggantian oli adalah suara mesin yang bising berterusan ketika memanaskan atau menjalankan motor. Lakukan penggantian oli sebagai pertolongan untuk menghilangkan suara mesin yang aneh.

    4. Mesin motor tersendat

    Jika motor kamu terasa tersendat atau bisa tiba-tiba mati itu sering terjadi karena volume oli mesin berkurang. Sehingga, kamu wajib melakukan penggantian oli secepatnya agar mesin kamu terhindar dari kejadian mati total.

    Jika kamu menemui tanda-tanda tersebut di atas, langsung saja segera bawa motor kamu ke bengkel terdekat, dan segera lakukan penggantian oli.Supaya performa mesin motor tetap terjaga dan stabil, gunakan pelumas yang sesuai dengan kebutuhan mesin.

    Kamu bisa mendapatkan informasi menarik lainnya seputar otomotif di OLX. Selain itu, kamu juga bisa cari mobil dan motor bekas impianmu dengan download aplikasinya di Play Store dan App Store.

     

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait